[Song Review] When You Love Someone - Endah N Rhesa

Baiklah, kali ini saya ingin mencoba mereview 1 lagu lagi. Berhubung lagi semangat banget buat nulis, jadi saya akan mereview 1 lagu berbahasa Inggris yang dibawa dan diciptakan oleh duo Endah N Rhesa. Yap, judulnya When You Love Someone. Saya beruntung sekali punya papa dan mama yang jago berbahasa Inggris :"> jadi saya nggak kesulitan buat mengartikan lirik lagu tersebut. Biarpun demikian, saya tetap ga bisa membaca dan mengartikan 2 cerita berbahasa inggris di Rectoverso -,-" (Grow A Day Older & Back To Heaven's Light. Tapi saya masih ingat judulnya --"). Okey, langsung aja ya :D



When You Love Someone. Artinya 'ketika kamu mencintai seseorang'. Lagu yang menceritakan tentang perasaan mencintai seseorang yang tidak tersampaikan. Konsep lagunya mainstream, tapi bagi saya, lagu ini memiliki makna yang lebih dalam. Menggunakan lirik bahasa Inggris yang sederhana. Lagu ini juga memiliki pesan yang sederhana, namun jarang kita sadari. Lagu ini mencerminkan kenyataan yang terjadi dikalangan generasi muda, terutama pada kalangan remaja (labil). Lagu yang di mana (menurut saya) langsung to the point dalam penyampaian pesannya. Hal ini terlihat dari potongan liriknya berikut ini
"...When you love someone just be brave to say
That you want him to be with you..."
Saya mengartikannya 'Ketika kamu mencintai seseorang, jadilah berani untuk mengatakan bahwa kamu menginginkan dia bersamamu'. Tidak seperti lagu-lagu cinta yang lain, yang liriknya galau pol, sekali denger langsung tau maksudnya, gampang banget dihafalin, nadanya juga gampang tapi belum tentu punya pesan dan isi yang bagus, Endah N Rhesa mampu menciptakan sebuah lagu yang out-of-the-box. Seperti yang sudah saya katakan tadi, meskipun konsep lagu ini mainstream, tapi Endah N Rhesa mampu mengatur liriknya hingga sedemikian rupa dan menghasilkan sebuah lagu yang out-of-the-box.
Endah N Rhesa adalah grup duo yang beranggotakan Rhesa Aditya pada bass dan Endah Widiastuti pada gitar dan vocal. Endah adalah istri Rhesa dan Rhesa adalah suami Endah. Pasangan musisi yang luar biasa :-) mereka menciptakan, merekam, memproduseri dan mengatur album-albumnya sendiri. Bahkan, saya terkejut bukan main ketika melihat cover ketiga album mereka yang ternyata dilukis sendiri oleh Rhesa! Ya, mereka sudah memiliki 3 album yang merupakan trilogi. Diawali dengan album berjudul "Nowhere To Go", dilanjutkan dengan "Look What We've Found" dan trilogi ini ditutup dengan album yang berjudul "Silence Island". Karya yang luar biasa! Penggemarnya kebanyakan adalah anak-anak usia SMP ke atas. Saya termasuk yang terlambat menikmati musik mereka.
Lirik favorit saya selain bagian reffren adalah pada penggalan berikut ini
"... I used to hide and watch you from a distance and i knew you realized
I was looking for a time to get closer at least to say hello..."
Yang saya artikan seperti demikian, 'aku bersembunyi memperhatikannu dari jauh dan aku tahu bahwa engkau menyadarinya. Aku mencari waktu untuk mendekat meski hanya untuk mengatakan halo'. Kalau direalisasikan, memang itulah yang sering terjadi di kalangan remaja jaman sekarang.
Lagu "When You Love Someone" musiknya slow, mellow, pelan-pelan, tapi ga bikin galau (buat aku). Petikan gitarnya enak banget buat didengerin. Meski slow, di menit ke-2 dan detik ke 50, petikan gitar dan bass mulai menunjukkan power-nya. Tempo mulai bertambah seiring berjalannya durasi lagu. Oiya, saya lupa memberi tahu. Lagu When You Love Someone ini diambil dari album pertama Endah N Rhesa, Nowhere To Go yang juga merupakan pembuka trilogi mereka.
Mungkin sekian dulu review saya tentang lagu When You Love Someone dari Endah N Rhesa.
Terimakasih buat Papa Singo yang selalu support aku menulis. Terimakasih juga buat kak Dimas Daniel yang udah jadi inspirasi dan makasih juga supportnya, kak Dimas :-) Terimakasih buat semua orang yang selalu support aku. Love you all :))
Vina Kanasya

Comments

  1. Vinaa... post kamu keren!
    Such a super huge honor nama aku disebut dan dibilang menginspirasi. WOW!
    Terus menulis ya! :)

    ReplyDelete
  2. keep writing ya, Vina. dengan menulis kamu bisa menginspirasikan banyak hal dan tentunya bakal banyak pelajaran yang secara gak langsung kamu pelajari sambil nulis. kita semua dukung kamu ya :D

    ReplyDelete
  3. Thnks kak, baru sadar ternyata sekarang, dulu pas msh jaman sma ada cewe yg nyanyiin lagu ini dikirim lewat vn bbm,saya kira dia nyanyi dan ngirim ke saya hanya ingin nunjukin klo suara dia bagus dan saya gk ada pikiran mikir sampai kesana, tp? Ahh waktu sudah berlalu dan mungkin dia juga sudah lupa.

    ReplyDelete
  4. Thnks kak, baru sadar ternyata sekarang, dulu pas msh jaman sma ada cewe yg nyanyiin lagu ini dikirim lewat vn bbm,saya kira dia nyanyi dan ngirim ke saya hanya ingin nunjukin klo suara dia bagus dan saya gk ada pikiran mikir sampai kesana, tp? Ahh waktu sudah berlalu dan mungkin dia juga sudah lupa.

    ReplyDelete

Post a Comment