Senyum itu telah kembali

Tadi pagi jam 3 aku udah kebangun, tidur lagi dan bangun jam 5. Namanya juga anak jaman sekarang, kebangun bukannya berusaha tidur lagi tapi malah update twitter. Iya, tadi pagi-pagi aku update twitter --" dan ciyus deh, miapah, dari pagi aku udah deg-degan banget. Jadwal masuknya sih jam 10-12. Tapi karena Vivi pulang jam 9, ya udah deh, mama jemput Vivi sekalian nganterin aku. Aku nyampe di sekolah jam 9.30. Sekolah udah lumayan rame karena kebetulan hari ini juga ada ulangan susulan. Aku naik ke kelasku, kelas 8A. Dari jauh aku ngeliat kalo pintu kelasku belom buka. Aku masih terus berjalan menuju kelasku. Pintu kelas-kelas lain udah dibuka, aku pikir mungkin karena temen-temen kelasku belom ada yang dateng, makanya pintu masih ditutup. Waktu aku coba buka gagang pintu kelas........ternyata emang kelasku masih dikunci sama pak petugas :'| dan aku bukannya cari bantuan malah update twitter lagi -,- aku nunggu sekitar 10 menitan. Bosenlah lama-lama --" akhirnya aku turun ke bawah. Di bawah ada beberapa temen dari kelas lain. Ya udah, aku putuskan buat join sama mereka. 5 menit kemudian 1 orang classmateku dateng. Aku langsung nyapa dia dan bilang kalo pintu kelas belom dibuka. Aku ajak dia ke kantor Tata Usaha buat nemenin aku bayar uang sekolah. Antri --" sekitar jam 9.55 urusan di TU baru kelar. Kami langsung naik ke atas. Setelah hampir setengah jam tak tinggal ternyata pintu kelasku masih belom juga dibuka. Waktu lewat tangga, aku papasan sama pakpaknya yang biasa bukain pintu sama bersih-bersih(?) ah pokoke dia. Aku tanya, "Pak, kok pintu kelas saya belom dibuka?" dia jawab "Wah aku nggak tau, minta pak....... (siapa gitu, aku lupa --"), di perpus". "Ya udah, makasih, Pak". Aku sama temenku naik tangga menuju perpustakaan. Minta sama pakpaknya yang tadi disebutin. Abis minta, dia masih ngambil kunci, aku sama temenku jalan ke kelas. Di sana udah rame banget. Temen-temen kelasku duduk di depan kelas, tasnya berserakan dimana-mana... Nunggu bentar dan..... *cringg* pintunya kebuka \m/ nggak, aku nggak punya magic, buka pintunya juga nggak pake bahasanya Dora --", tapi pake sebuah benda yang disebut kunci *yaiyalah*. Temen-temen langsung masuk ke kelas kaya semut nemu gula gitu -_- aku masuk ke kelas terus meletakkan tasku di tempat langganan. Udah jam 10. Temen-temenku juga banyak banget yang belom dateng. Waktu aku cek twitter, jebule masih ada yang lengket dan ga mau pisah dari kasurnya --" menunggu dan terus menunggu. Padahal jadwal yang dikasih tuh jam 10.00 lho. Waktu terus berjalan. Udah jam 10.30 dan wali kelasku belom masuk ke kelas. Sekitar jam 10.45 perut udah protes minta diisi. Jam 10.45 juga ada temen yang bilang kalo NILAINYA BELOM DI JADI ALIAS BELOM DI PRINT *hening*. Dan wali kelasku baru masuk sekitar jam 11.10 -_- udah bawa selotip sama kertas nilai *Vina diam seribu bahasa*. Beliau nempelin kertas itu di papan tulis kelas. Deg. Tanganku dingin banget. Jantungku berdebar keras. Kalo aku di lapangan sepak bola mungkin aku udah teriak sekeras-kerasnya. Aku absen 3, di mana itu artinya....aku bakal ngeliat nilai itu bentar lagi. Nggak usah nunggu lama-lama, begitu kertasnya ditempel, Beliau langsung mempersilahkan absen 1-5 buat ngeliat nilai T.T JLEB JLEB JLEB. Tanganku dingin banget, geter-geter terus. Berjalan maju ke depan aja kakiku geter-geter. Waktu aku sampe dan berdiri di depan kertas yang penuh dengan angka-angka serta nama-nama itu....aku jelas dengan mudah menemukan namaku. Nomor 3 dari atas. Aku ngeliat satu-satu nilaiku. Lalu aku tuliskan di secarik kertas yang sudah aku siapkan. Bahkan ketika menulis di situpun tanganku bener-bener geter. Kaya nggak sanggup nulis. Tapi, beruntung aku masih mampu ngeliat nilai-nilai itu dan nggak pingsan di tempat. Aku masih berdiri tegak dengan secarik kertas dan bolpen di kedua tanganku yang masih bergetar. Aku tuliskan 12 nilai tersebut. Rasanya bener-bener udah pengen pingsan, apalagi waktu mengingat janji aku sama papa dan mama. Apa yang aku minta apabila aku tuntas semua. Ketika aku mengingat semua muka orang-orang yang aku sayang, dan aku segera mengingat sebuah puisi yang baru tadi pagi kutuliskan dan kubawa pagi ini. Puisi yang aku tujukan untuk orang-orang yang aku sayang. Selesai nulis 12 nilai, aku ulangi lagi apa yang telah kutuliskan. Aku lihat dan cermati sekali lagi. God, demi apa.... AKU TUNTAS SEMUA {{}} semua perasaan jadi satu, semuanya campur aduk. Dari seneng, terharu, bahagia, pengen nangis, pengen teriak, pengen ketawa, pengen meluk seseorang, pengen bunuh seseorang (?) -,- NO! Pengen bakar sekolah(?) --" NO! Pengen nangis. Itu yang aku rasain paling dominan di diriku. Rasanya udah nggak bisa berdiri lagi. Aku bener-bener pengen nangis. Aku berjalan balek ke kursiku. Langsung ditanyain temen-temen "Kamu remed berapa?", "Gimana nilainya, Vin?", "Akuntansi tuntas ga?", etc. Aku nggak bisa jawab. Aku mendadak bisu hanya karena kumpulan angka-angka. Dadaku berguncang hebat. Hampir disusul tangis. Iya, aku hampir nangis --" tapi rasanya legaaaaaa banget udah liat nilai :') cukup memuaskan buat aku. Puji Tuhan tuntas semua. Meskipun Matematika, IPA sama Akuntansi nilainya kepala 7 :( tapi udah bener-bener bersyukur banget banget aku tuntas semua. Langsung throw back. Aku inget-inget lagi semua yang udah terjadi. Masa-masa sulit nan menegangkan di mana aku harus belajar, harus nahan kantuk, harus selalu semangat. Dan aku juga langsung mengingat banyak wajah orang-orang yang aku sayangi. Orang-orang yang selalu bikin aku semangat. Wajah 'kakak-kakakku'. Hasil kerja kerasku telah berbuah manis. Aku bahkan tak percaya akan apa yang telah berhasil aku capai. Kuingat lagi saat aku justru menjadi galau di dua hari terakhir ulangan. Kuingat lagi bait-bait pusi yang telah aku tuliskan selama belajar (aku kalo bosen belajar malah belajar bikin puisi lagi --"). Kuingat lagi disaat aku harus bangun sangat pagi dan kembali membuka buku pelajaran ditengaah rasa kantuk yang luar biasa. Kuingat lagi saat aku beradu argumen dengan Vivi mengenai siapa yang akan diantar papa duluan di pagi hari. Kuingat lagi hawa dan suhu yang sangat dingin di pagi hari saat aku tiba di sekolah pukul 06.20 di hari Senin, 3 Juni 2013. Kuingat lagi bagaimana seseorang menyemangatiku dengan caranya sendiri dan di mana hal itu mampu memancing semangatku kembali. Kuingat lagi saat sebuah perasaan yang dinamakan perasaan bersalah itu muncul di hari ke 5 ulangan. Kuingat lagi sebuah sore yang hampa dimana saat itu rasa hampa sungguh menyakitkan. Kuingat lagi semuanya. Dan ku realisasikan dengan kondisi sekarang. Di mana aku telah melihat hasil kerja kerasku selama ini. Aku cukup senang dengan hasilnya. Oiya, kuingat juga teman-teman yang sudah saling berbagi di pagi hari. Tanpa mereka, takkan kudapatkan hasil yang sungguh luar biasa ini.
Dan kini, hasil tersebut telah mengembalikan senyumku.
Senyum itu telah kembali. Bahkan kini menjadi lebih indah dan menggembirakan. Terimakasih, semuanya. Papa, Mama, Vivi, temen-temen 8A, dan.... Swaragama FM.... Thankyou! I love you all :)) *big hug*
Nggak lupa juga, makasih buat semua reader(s) blogku tercinta :)
Vina Kanasya

Comments