Kakak

Gimana sih rasanya punya kakak? Aku sering iri sama temen-temen yang kadang dianter jemput sama kakaknya, yang bisa cerita tentang kakaknya.
'eh, kakakku tuh nyebelin e'
'kakak ku tuh baikk banget sama aku'
'aku diceritain kakakku kalo....'
'kemaren ada temennya kakakku yang....'
kemaren kakakku pulang bawa oleh-oleh lho'
'aku selalu cerita sama kakakku'
'aku akrab banget sama kakakku'
'nyebelin gitu ternyata kakakku baik'
'kalo punya kakak cewe bisa diajak jalan bareng ke mall'
'kalo punya kakak cowo bisa nganterin kita kemana-mana'
'yah, senyebelin-nyebelinnya kakakku, dia tetep kakaku'
'punya kakak? Kadang enak, kadang juga nggak'

Itu beberapa jawaban temen-temenku kalo aku tanya, 'punya kakak rasanya gimana?'. Aku nggak punya kakak kandung. Adanya sepupu. Itupun jarang-jarang ketemunya. Iyalah, aku di Jogja, kakak sepupuku tinggalnya di Sidoarjo. Kalo liburpun nggak pasti ketemu. Kakak sepupuku ada 2. Cewek kuliahan sama cowok SMA. 3 tahun belakangan ini aku jadi deket banget sama yang cewek. Aku manggilnya Cece Nonik. Mungkin juga karena faktor aku mulai tumbuh menjadi remaja dan butuh temen ngobrol soal fashion, soal temen, soal trend dan sebagainya. Kakak sepupuku yang cowok tumbuh selayaknya remaja putra yang lainnya. Nongkrong sama temen-temennya, sibuk sama gadgetnya, ngegame, main basket dan sebagainya. Bahkan kalo boleh aku bilang, dia 'rusak'. Kenapa? Karena sibuk sama gadgetnya, dia jadi nggak peduli lagi sama orang lain, bahkan sama keluarganya sendiri. Kalo libur, kerjaannya cuma ngegame, makan pun harus diingetin berulang kali. Tapi untungnya, aku punya 2 orang keponakan. Ya maklum aja, keluargaku keluarga besar. Nenekku 10 bersodara :| pernah aku ceritain kan? Nama keponakanku Evan & Eko. Mereka tinggalnya lebih deket daripada 2 kakak sepupuku. Di Semarang. Tapi pertemuan kita bahkan bisa dihitung pake jari. 4 kali. 2007, 2008, 2011, 2012. Tapi kalo pertemuan yang 'real' sih cuma di tahun 2007 dan 2012. Waktu 2008 & 2011 ketemu, dia sibuk sama sepupu-sepupunya, aku sibuk sama sepupuku juga. Aku pernah posting tentang mereka kok. Inti postingannya, aku menemukan sosok 'kakak' dalam diri kedua keponakan jauhku. Lebih care sama aku daripada kakak sepupuku yang cowok. Aku pengen punya kakak. Itu aja.

Terus, kenapa judul postingannya 'kakak', Vin?

Oke. Aku mau cerita dulu. Waktu naik ke kelas 8, kelasnya diacak. Aku jadi sekelas sama Kevin & Ipul (kalo Ipul sih udah sekelas dari dulu). Aku udah kenal sih sama Kevin. Satu kelompok pas MOS. Tapi, kelasnya diacak lagi. Pisah. Sekelas lagi pas kelas 8. Dua-duanya sama-sama dewasa. Aku sering curhat ke mereka berdua (waktu awal-awal kelas 8 aku justru curhatnya sama Kevin. Tapi karena kondisi *sensor*, aku sekarang kalo curhat sama Ipul). Bahkan, aku pernah bilang ke Kevin, 'Vin, kamu tuh udah kaya kakak buat aku'. Dia ya terima-terima aja. Dia lebih tua dari aku 10 hari. Tapi sikapnya udah kaya anak umur 16. Ipul. Sosok seorang teman yang asyik banget diajak curhat dan ngobrol. Tegas orangnya, tapi kalo udah bercanda juga...bisa dibilang kelewat batas :| dua-duanya juga tau masalah sakit hatiku. Terlebih Ipul. Kevin cuma sempat nanya. Mereka udah kaya 'kakak'ku. Tapi yang mau aku bahas di sini bukan mereka berdua.

Beberapa waktu yang lalu aku dapet ID linenya salah satu penyiar radio favoritku. Bisa dibilang, aku ngefans berat sama dia. Kenapa? Karena selera musiknya bisa dibilang sama kaya aku. Siapa yang nggak seneng dapet ID linenya idola? =)) aku inget itu hari Sabtu dan kebetulan sekolahku pulang pagi. Aku chat dia. Aku kepoin dia. Kaya nggak tau aja, aku kan orangnya kepo berat >.< sama siapapun. Ya termasuk kepo sama guru fisikaku :| prinsipku: Guru itu bakal seneng kalo dikepoin soal pelajaran, dan menurutku, guru bakalan inget sama siswanya yang kepo banget. Setelah siswa yang pinter banget, atau nakal banget :| lanjuutt. Aku ngechat dia pertama kalinya tanggal 4 Mei. Kalo aku ngechat dia, dia bales dan chatnya jalan, aku ngerasa kalo aku nemuin 'kakak' yang baru. Kalo chatting sama dia, yang ada aku malah kebanyakan curcol >.< tapi, dia sering nanggepi curhat colonganku. Dia pernah semangatin aku, bahkan pernah nge-gws-in aku. Demi apa, udah kaya 'kakak' banget. Mimpiku kaya jadi kenyataan. Punya kakak cowok yang care. Aku selalu berdoa supaya dia, orang-yang-udah-aku-anggep-sebagai-kakak itu selalu bahagia, selalu tersenyum, selalu semangat dan jangan sampe sakit. Ngeliat chat yang dulu-dulu sama dia itu bisa bikin aku semangat lagi, bikin aku senyum lagi, juga kadang bikin aku sadar kalo aku terlalu kepo sama dia. Semua chattingan aku sama dia aku salin di sebuah buku yang selalu aku bawa ke sekolah. Buku itu berisi tulisanku. Tulisan tanganku. Pendapat, opini, curhat, bahkan imajinasiku. Ngebaca chattingan aku sama dia yang aku salin di buku dengan tinta warna warni itu bisa bikin aku senyum. Di tengah rasa sakit hatiku ketika melihat 'mereka', buku itu dan isinya menjadi obat. Buku itu ngembaliin senyum aku, memperbaiki moodku yang turun, dan memberi semangat supaya aku rajin belajar. Bahkan, dibuku itu ada 1 tulisan yang berisi tentang dia :') jujur aja, selain aku nyebut dia 'kakak', aku juga nyebut dia 'malaikat'ku :)). Karena, dia selalu bisa bikin aku tersenyum. Selalu bisa bikin aku semangat lagi. Mungkin aku berlebihan, tapi, ya inilah aku. Inilah diriku. Terserah mau dibilang alay atau pengkhayal, aku tetap aku. Yang suka berkhayal, menulis, dan membaca.

Dia malaikat yang dikirim Tuhan supaya aku nggak galau lagi. Supaya aku selalu semangat. Malaikatku nggak cuma dia. Banyak. Aku bakal ceritain 1 orang malaikat lagi. Kali ini cewe. Penyiar radio juga. Pertama kali chatting sama dia adalah 16 Mei. Menurutku orangnya baik, cantik, heboh, seru(kayaknya), gokil juga sih kayaknya. Belom pernah ketemu soalnya :| pertama kali aku ajak chatting, udah kaya kenal lamaaa banget. Sangat interaktif. Juga karena mungkin ada faktor dia kenal sama papaku :)) jadi ada respon gitu sama aku. Aku kenal sama dia baru beberapa hari yang lalu. Chatting hari kedua bikin aku makin ngerasa kalo dia orangnya seru banget. Dia juga care sama aku. Jadi, akupun menemukan sosok 'kakak' yang lain :)) 'kakak' cewek yang lain. Chattingan sama dia juga aku salin di buku. Buku yang sama, yang selalu aku bawa kalo ke sekolah. Chattingan sama dia juga aku bikin warna-warni. Dia juga aku sebut 'malaikat' karena selalu bisa bikin aku senyum dan semangat :)

Tuhan itu adil. Selalu adil. Mungkin di kelas aku sakit hati karena ada 'mereka'. Tapi di luar kelas, aku bahagia karena aku bisa kenal sama para penyiar radio itu :) yang tanpa mereka sadari, mereka-lah penghiburku. Mereka-lah teman-teman setiaku. Selalu nemenin 24 jam malah :| bareng sama lagu-lagu yang selalu menjadi moodboster. Yap, aku beruntung banget punya papa dan mama yang hebat. Punya seorang adek yang nggak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Punya sahabat kaya Asa (@YulitaPamasa) yang luar biasa. Punya hobi nulis. Punya hobi baca novel. Punya playlist lagu indo kabeh :| Punya kesadaran tentang musik Indonesia yang (sebenarnya) sangat memprihatinkan. Punya keluarga besar yang amazing :)) dan punya....banyak malaikat :')))

Postingan ini aku buat untuk semua orang yang udah berhasil mengembalikan senyumku, mengembalikan semangatku, dan mendorongku agar berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik


Vina Kanasya


NB: jadi, kalian udah bisa menebak kan kenapa postingan ini judulnya kakak? :)

Comments