tolong, terimakasih, dan maaf

hello reader(s)
kali ini aku mau mbahas tentang 3 kata di atas, tolong, terimakasih dan maaf

dulu, waktu aku masih esde kelas 3 atau 2
aku inget waktu itu upacara bendera, dan pembinanya itu guru bahasa inggrisku
beliau membahas tentang 3 kata itu, dan katanya, tiga kata itu adalah kata2 ajaib

karena waktu itu aku masih kelas bawah, tentu aku belum mengerti apa maksud beliau
tapi, aku berusaha mengucapkannya setiap:

  1. TOLONG -->ketika aku membutuhkan pertolongan orang lain
  2. TERIMAKASIH --> ketika orang lain selelsai membantuku, ketika ada orang memberi/mengembalikan barang kepada ku
  3. MAAF --> ketika aku telah melakukan kesalahan pada orang lain
mungkin ke tiga kata itu memang sederhana
tapi, sejak aku membiasakan ketiga kata itu dalam kehidupan ku, aku merasa, bahwa kehidupan ini begitu indah :)

dan sekarang, aku pikir, memang ketiga kata itu benar2 ajaib :D
3 kata itu mungkin sangat sepele
tetapi, apakah kalian merasa nyaman kalo misalnya orang yang habis meminjam barangmu tidak berkata terimakasih?
atau, orang yang telah melakukan kesalahan kepadamu tidak berkata maaf?
atau mungkin, orang yang membutuhkan pertolonganmu, misalnya untuk mengambilkan minum tidak berkata tolong?

jadi, aku mau menyarankan kalian untuk berusaha selalu mengatakan itu dalam kehidupan kalian :)
tidak memaksa, hanya menyarankan

Comments