Ada yang salah sama musik Indonesia?

Alloww reader(s)
Postingan kali ini nggak ada hubungannya sama UTS yang sedang berlansung. Aku lagi pengen bahas soal musik. Bukan musik luar, tapi musik INDONESIA.
Aku tau yang sekarang lagi booming itu musik barat. Hampir nggak ada lagi remaja indonesia yang ndengerin musik tanah airnya sendiri :( tapi aku yakin masih ada. Salah satunya aku. Perlu kalian tau, kalo semua playlist di hape maupun netbookku adalah LAGU INDONESIA. Lagu barat yang aku punya nggak nyampe 10. Itu karena, aku NGGAK MAU DOWNLOAD. Download tu pembajakan. Pembajakan itu bisa mematikan kreatifitas musisi. Bukannya download itu gaboleh, boleh kog. Asal downloadnya legal alias resmi. Salah satunya lewat iTunes. Harga lagu di iTunes berkisar 5-10rb. Itu sih yang aku tau. Sekarang coba dilogika. 1 lagu = 10.000. Sedangkan, kalo kalian beli album artis idola kalian di toko kaset, harganya antara 35.000 - 60.000. Dengan harga itu, kalian udah dapet 1 album. 1 album yang isinya 4 (mini album) - 12an lagu. Sekarang saatnya itung-itungan. Kalo 1 lagu di iTunes 10.000 dan dalam 1 album ada 8 lagu, untuk mendapatkan 1 album lewat iTunes, kalian harus mengeluarkan 80.000. Bandingkan jika kalian membeli di toko kaset. Hanya dengan membawa uang warna biru yang gambarnya I Gusti Ngurah Rai, kalian udah bisa dapet 1 album yang isinya 7-12 lagu. See? Lagian, dengan membeli karya asli, berarti kalian ikut mengapresiasi karya tersebut. Entah album yang kalian beli itu album indo apa barat.
Emangnya, ada yang salah sama Musik Indonesia? Musik Indonesia itu nggak kalah lho sebenernya sama musik luar. Cuma,, bagaimana kita memandang musik itu. Musisi Indonesia itu nggak kalah kog sama Musik luar. Coba liat komposer-komposer berbakat Indonesia. Ada Oom Yovie Widianto dengan lagu-lagunya yang romantis, ada Oom Ahmad Dhani dengan karyanya yang luar biasa, ada Oom Bebi Romeo, Tante Dewi Lestari, ada kak Sherina Munaf, dan masih banyak lagi. Indonesia juga punya banyak grup band, duo, maupun penyanyi solo yang keren. Dengan teknik vokal yang bagus, mereka meramaikan industri musik tanah air. Ada Nidji, Raisa, RAN, 5 Romeo bentukannya Oom Yovie, ada juga Yovie and The NUno, Kahitna, Kotak, Judika yang merupakan vokalis MahadewA, Tangga, Rio Febrian, Dudi Oris, Mario Ginanjar, Afgan, Vidi Aldiano, Marcell Siahaan, Andien, Citra Scholastika, Bunga Citra Lestari, Gigi, Glenn Fredly, Addie MS, Sheila On 7, Abdul and the Coffee Theory, Padi, Maudy Ayunda, Kerispatih, Adera, Project Pop, Ungu, sampe yang sekarang lagi naik daun, Noah.
Coba deh kalian denger karya-karya mereka. Kalo nggak punya, jangan download. Request aja di radio. Radio banyak kog. Ada Swaragama (101.7), Geronimo (106.1l, Jiz, iRadio, Eltira, Sonora, dan masih banyak lagi.
Ya berdasarkan postinganku kali ini, aku cuma mau ngasih reminder ke kalian semua, kalo musik Indonesia itu nggak kalah
Kritik & Saran ditunggu lhoh :3
With ♥,
Vina Kanasya ☺
Published with Blogger-droid v2.0.10

Comments