Kalo udah gede nanti mau jadi apa?

Aku pernah tanya sama beberapa temen yang seusia, "Kalo gede nanti kamu mau jadi apa?". Dan beberapa jawaban mereka adalah inspirasi tulisan ini

"Kalo gede nanti kamu mau jadi apa?"

"Nggak tau"
"Belom tau"
"Wah nggak tau, ya. Bingung"
"Pengennya sih jadi..., tapi nggak tau, ya. Bisa apa enggak"

Tapi, dari beberapa temen yang kutanya dan jawabannya masih kaya di atas, aku juga nemuin beberapa temen yang udah yakin, udah mantep pengen jadi apa waktu besar nanti.

"Aku mau jadi pelatih renang" - A, 14th, pelajar kelas 3 SMP, atlet renang

"Waktu kecil pengen jadi pilot, trus jadi penyiar, trus jadi MC, jadi arsitek, jadi HGA :)))" - D, 14th, pelajar kelas 3 SMP


Mungkin ini tulisan yang cukup berat untuk ditulis anak 14 tahun kaya saya. Tapi mau gimana lagi? Ide ini yang muncul tadi pagi pas bangun (kamu bangun jam 10, Vin --"). Berat, memang. Pagi-pagi mendadak kepikiran tentang mimpi, passion, dan pas-gede-nanti-mau-jadi-apa. Aku juga nggak tau apa yang membawaku menuliskan hal ini. Tapi kalo nggak ditulis, rasanya ada yang ganjel.

Tulisan ini juga didasari oleh sistem kurikulum baru yang menuntut agar penjurusan dilakukan di kelas 10, atau kelas 1 SMA, atau langsung dilakukan setelah lulus SMP. Untuk SMA-SMA yang udah ditunjuk buat menerapkan kurikulum13 ini. Tapi, yang lebih bikin-speechless lagi adalah, tahun depan, adek kelasku, yang sekarang kelas 8 (2 SMP), ketika nanti naik ke kelas 9, udah harus milih jurusan. Duh, pak. San soyo abot beban awake dhewe. (Duh, pak. Makin berat beban kita). Apalagi buat yang belom tahu mintat & bakatnya di mana. Belom tahu mau jadi apa, udah harus milih jurusan. (Paragraf yang ini...berdasarkan fakta)

Okay.
Kalo udah gede nanti, udah tau belom mau jadi apa? Mau memajukan Indonesia di bidang apa? Minatnya di mana? Bakatnya di mana? Mau kerja apa? Sesuai nggak sama mimpimu?
Beberapa pertanyaan sejenis itu muncul di pikiranku tadi pagi pas bangun. Tenang, aku bangunnya jam 10, kok :)) ini udah dipenghujung tahun 2013, dan selama setahun ini, aku mikir, "Udah kelas 3 SMP, udah mau SMA, udah mau penjurusan. SMA ke mana aja belom pasti. Tapi aku udah tahu pas gede nanti pengen jadi apa. Pengen jadi jurnalis/wartawan, aku pengen keliling dunia. Aku pengen jadi penulis, aku suka nulis dan aku mau menuliskan semua pengalamanku. Dan aku pengen jadi penyiar radio, karena aku deket sama announcer, dan karena aku pengen coba di dunia itu." dan, semua pikiran itu yang mengarahkan aku sama tulisan ini.

Aku udah tau pas gede nanti pengen jadi apa. Makanya, dari sekarang aku mulai melakukan hal-hal yang menunjang cita-citaku. Udah tau nanti pengen ke jurusan apa, dan pengen kuliah bidang apa. Itu aku, yang udah tau pas gede nanti mau jadi apa. Gimana sama temen-temenku, yang (kebanyakan) pada belom tau mau jadi apa? Semuanya dibiarin ngalir gitu aja. Mungkin, kita emang bisa biarin semuanya mengalir gitu aja, tapi nggak selamanya. Suatu hari nanti, kita harus bisa ambil keputusan, jangan ngalir gitu aja sama waktu, jangan manut aja sama keadaan. Iya kalau semuanya dibiarin ngalir dan secara nggak sengaja sesuai sama keinginan kita. Kalo nggak sesuai, mau apa? Waktu itu nggak bisa diundur, men.

Kembali lagi ke atas. Kalo penjurusan dilakukan di kelas 10 atau malah kelas 9, masih banyak anak yang belom tahu minat bakatnya di mana. Anak usia 13an masih labil. Baru milih A, tau-tau ganti B, ganti C. Susah. Ini jurusan, lhoh. Bukan pilihan biasa. Tapi merupakan pilihan awal yang mengarahkan ke cita-cita. Kalo salah jurusan, 'kan repot.

FYI aja ya, aku dulu pas masih kecil, sekitar umur 5 sampe kelas 4 SD pengen banget jadi kaya mama. Jadi dosen. Vina kecil waktu itu belom tahu kalo jadi dosen merupakan perjuangan panjang. Di kelas 5 aku mulai mikir kalo jadi dosen itu ga gampang, apalagi buat aku yang waktu itu malesnya kebangetan. Iya, aku males banget pas SD. Tapi nggak tau kenapa, pas akhir semester 1 bisa masuk 10 besar di kelas --" pas kelas 6 malah berubah pikiran pengen jadi fotografer. Hadeh. Padahal bisanya cuma nenteng kamera DSLR punya papa dan cuma bisa motret pake mode auto--" di kelas 7, aku mulai sadar kalo aku punya bakat nulis. Ya, jadilah aku sekarang. Yang hobinya baca novel sama nulis dan punya cita-cita jurnalis, penulis, penyiar :)).

~

Kok rasanya tulisan ini malah belok banget, ya. Pada intinya, aku mau bilang sama yang baca tulisan ini, terutama yang masih seusia sama saya dan belom tahu pas gede nanti mau jadi apa, ayo, di cari di mana bakatmu sebenarnya, tentukan mau-jadi-apa-kamu-nanti.

Siapa tahu, nanti kamu bisa ikut merubah bangsa ini, lho :)

"Kalo aku pengen keliling dunia, tulis bukunya, trus disiarin di radio. Jurnalis, penulis, penyiar" - Vina, 14th, pelajar kelas 3 SMP


Vina Kanasya

Comments