[Book review] Laskar Pelangi by Andrea Hirata

Siapa tak tahu "Laskar Pelangi"? Novel fenomenal karya Andrea yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah film berjudul sama yang disutradarai oleh Riri Riza. "Laskar Pelangi" berkisah tentang kalangan pinggiran, tentang perjuangan hidup menggapai cita-cita yang mengharukan dan indahnya persahabatan.

Ibu Muslimah dan pak Harfan mengabdi tanpa pamrih pada dunia pendidikan. Mereka bahu-membahu mengajar di sebuah sekolah sederhana, jumlah muridnya hanya 10 orang, yang dinamakan Laskar Pelangi. (sumber kalimat: sinopsis DVD Laskar Pelangi). Kisah perjuangan 10 anak asli Belitong yang dalam meraih mimpi. Ikal, Lintang, Mahar, Trapani, Kucai, Borek, A Kiong, Syahdan, Sahara dan Harun. Menggugah dan sangat menyentuh. Mengajak kita untuk mensyukuri hidup dan menjalaninya. Dari kisah tentang "Laskar Pelangi" ini, saya belajar tentang arti hidup, pentingnya pendidikan, pentingnya memiliki mimpi, indahnya persahabatan dan bagaimana kita bersyukur atas hidup yang telah diberikan. Andrea Hirata berhasil menceritakannya secara mendetail dengan gayanya sendiri. Tak hanya soal hidup dan persahabatan, "Laksar Pelangi" juga menceritakan tentang cinta dengan bumbu humor yang pas. Setiap kejadian di dalam buku diceritakan dengan sangat mendetail. Kata Prof. Sapardi Djoko Damono, guru besar sastra Universitas Indonesia: "...dengan gaya realis bertabur metafora--berani, tak biasa, kadang kala ngawur, namun amat memikat."
Ceritanya amat inspiratif. Kata Riri Riza: "A must read!". Bahkan, di cover novel (yang saya punya sekarang) ada tulisannya: Indonesia's Most Powerful Book. Memang benar. Selain itu, adalah realitas yang diceritakan dalam novel ini. Semuanya terbagi dalam 34 bab yang sangat luar biasa.
Hmm, saya nggak tau apakah ini yang namanya review buku. Yang pasti, novel Laskar Pelangi sangat direkomendasikan untuk dibaca! :)
Vina Kanasya

Comments