Retret

Hai hai :3
Baru kemaren pulang dari retret 3 hari 2 malam (yang sebenernya kalo diitung cuma 2 hari --"). Sampe rumah sekitar jam setengah 3an, ganti baju, nggak pake makan, langsung tidur dan baru bangun tadi pagi--buat berangkat sekolah.Itu aja dibangunin Mama :))
Yang namanya Vina, nggak bisa nggak cerita. So, kalo niatnya nggak ngumpet (dalam nama Tuhan Yesus) tulisan ini bisa kelar :)



Day 1 (Senin, 20 Januari 2013)
Masih masuk sekolah --" pulang jam 9.15 dari sekolah. Nanti balik ke sekolah sesuai perjanjian. Sekitar jam 1 atau 2. Aku nebeng Artha. Janjian jam 1. Aku sampe di sekolah sekitar jam 12.45an. Udah ada Artha sama Santa. Bawaanku--1 tas backpack sama 1 tas jinjing isi makanan--dimasukkin ke bagasinya Artha. Nggak bisa diem. Kita jalan muter-muter sekolah. Berasa alumni :)) *digampar* jam 1.30an aku, Artha, Santa, Anel, sama Mamanya Artha berangkat ke Wisma Salam. Sekitar jam 2.15an sampe di Wisma Salam. Udah ada beberapa temen yang udah sampe sejak tadi. Beberapa temen terbengong-bengong (atau lebih tepatnya terkaget-kaget) ngeliat bawaanku yang 'cuma itu' :)). Aku cuma bawa 3 kaos. Semuanya makin kaget --" wkwkwk :)). Pengen jadi backpaker! :3 hapenya nggak wajib dikumpulin, sih. Tapi aku, Artha, Anel, Santa, dan Nada memilih untuk mengumpulkan hape. Dan kami tidak menyesal :). Aku sekamar sama Sita, Lintang dan Aga. Yang jujur aja, rada mengecewakan :| bukan Sita, bukan Lintang juga. Tapi Aga. I'm soo sorry :(( gengges banget :(. Sikapmu, mbak. Tolong diubah, jangan suka 'ngrusui' orang lain, 'ndesel-ndesel' gitu. Risih :( setelah dikasih kunci kamar sama mbakmbaknya, kita dipersilahkan masuk. Thanks, God! Kamarku berseberangan sama kamarnya Artha. Bawaanku yang cuma backpack sama satu tas jinjing makanan tak lempar ku letakkan dengan rapih di atas kasur tempat aku nanti tidur. Ada 2 rak sih, di kamar itu. Tapi dua duanya udah dipake :(. Tapi, nggak masalah banget, kok. Bawaanku nggak terlalu memenuhi ruang. Soalnya ntar malem juga mau tak peluk :3. Sebenernya, sebelum berangkat aku mau menggantikan isi tas ijo dari Hokben itu dengan...bantal :)) tapi saya berubah pikiran. Nek misale saya laper, piye? Kan aku orangnya gaenakan :|. Finally, aku memilih makanan {} nggak memilih setia, Vin? ITU LAGUNYA FATIN! --" balik ke cerita. Jam 4, ada snack sebelum liturgi pembukaan di Kapel Bundar. Dinamakan kapel bundar karena emang bener-bener bulet. Di situ, kami, kelas 9C dan 9A ketemu 2 pembimbing buat pertama kalinya: Mas Galih dan Mas Vindy. Nyenengin banget gitu liat muka keduanya >,<

Sesi pertama, "Who Am I?" setelah snack dan liturgi pembukaan. Pas snack, ada semacam kuisioner yang kudu diisi. Sebelum sesi ada game. Di jadwal tulisannya Ice breaking. Ya semacam game gitulah. Sumpah! Gamenya gokil banget! :))))) nyanyi Topi Saya Bundar, tapi 'saya'-nya diilangin, terus 'bundar'-nya diilangin. Kampret, sumpah! :)))) terus ada game 'nyatakan cinta'. Aduh, GOKIL!!! :)))))))))) bareng sama Mas Christian dan Mbak Windar. Barulah sesi pertama dimulai.Bersama seorang kakak pendamping yang mirip sama pacarnya Ega. Mas Ary. Mirip juga sama kak Asad Gibran. Tinggi, kurus, dan pake kemeja. Sesi ini buat aku gokil banget. Apalagi aku duduk sebelahan sama Sita. Ketika kita disuruh menuliskan Talenta (bakat), sifat, fisik dan pengalaman yang positif maupun negatif, aku nggak kuat mau ngelucu. Apalagi waktu nulis di bagian fisik ~> negatif. Aku membuat seolah-olah apa yang aku tulis disitu nggak negatif. Ini pribadi, sih. Tapi aku mau membagikan salah satu yang aku tulis kemarin :)). Ketika aku mau menuliskan kata 'besar', tak ganti dengan 'kurang kecil'. Yang disambut tawa sama sebelahku :))))) abis sesi "Who Am I" ini.....MAKAN MALEM! \o/ makanannya enak! *bersyukur bersyukur \o/* abis itu, sesi kedua bareng Mbak Tata tentang "Peta Hidup". Jadi di sini, kita semacam kudu mengingat-ingat X tahun ke belakang. X adalah usiamu sekarang. Kalo aku 14 tahun ke belakang. Ketia baru dilahirkan. Ketika masih 0 tahun. Btw, aku tahun ini sweet seventeen lhoh, menurut kalender Cina \o/ *digampar*. Grafik kehidupan setiap anak pasti naik turun. Yang beda adalah waktunya. Sebenernya, aku nggak inget inget banget, sih -_- wakakak. Tapi aku nggak ngeluh, aku enjoy-enjoy aja :)) abis sesi ini, ada 1 lagi sesi terakhir. Refleksi. Bareng Mbak Mita (kalo nggak salah). Dikasih 3 pertanyaan. Aku lupa sih, sakjane. Tapi nurutku, itu bener-bener pertanyaan yang sesuai sama sesi hari itu. Setelah ditutup dengan doa, kita boleh balik ke kamar. Tapi, ADA SNACK LAGI >,< snack jatahku nggak tak ambil, tak kasih ke temen lain. Aku cuma ngambil air putih anget. Malem itu dingin banget. Trus, aku gosok gigi. Masuk ke kamar bareng 3 temen lainnya. Tapi sebelum itu, aku nyebrang ke kamarnya Artha. Jebul di sana lagi pada mainan UNO :O :| udah mau jam 11, jam malem. Artinya batas waktu kegiatan di luar kamar. Jam 11 kurang aku udah balek ke kamar. Udah siap-siap mau tidur, tapi tiba-tiba kita dikejutkan dengan keberadaan seekor kecoak --" dan parahnya, ketika berniat mengusir kecoak tadi, kecoaknya malah turun dan (hampir) masuk tasku :)) kampret! :)) temenku njerit, lah --" sialnya, lagi ada guru yang patroli. Aku buka pintu kamarku dan ngomong jujur sama Pak Heru. Pak Heru cuma bilang, "Ya udah, tho. Biarin aja. Mosok mau mbok cariin?". Bener juga sih apa yang beliau sampaikan ke kita. Kita memutuskan buat segera tidur. Tapi, lagi pada kena sindrom 'ga bisa tidur lantaran tempatnya baru dan belom mau tidur, masih mau cerita'. Dan, sesi tjurhat pun dimulai :)) sesi ndongeng, lebih tepatnya. Dan berhubung aku nggak tenang, aku putusin buat bongkar tas dan meyakinkan diri kecoaknya ga masuk tas. Sambil ndongeng. Aku ceritain beberapa cerita yang pernah kubaca dari beberapa buku. Sesi dongeng berjalan mulus. Nggak ada kecoak di dalem tasku, dan temen-temen jadi ngantuk gitu :)) kamipun kemudian memutuskan untuk mematikan kedua lampu di kamar. Nggak lama kemudian, semuanya udah bobok {} Thanks, God. Hari ini luar biasa :)

Day 2 (Selasa, 21 Januari 2013)
Aku bangun jam 4 tanpa alarm--karena emang udah kebiasaan di rumah. Baru Sita yang bangun. Aku putusin buat sikat gigi sekaligus memenuhi panggilan alam. AIRNYA  DINGIN BANGET, MEN! --". Memenuhi janjiku sama kamar depan juga, aku mbangunin Artha, Anel, Santa sama Nada. Tapi ketukan di pintu mereka belom cukup untuk membuat mereka 'ucek-ucek mata dan bangun dari tempat tidur'. Mereka malah 'semakin menarik selimut buat membungkus diri' --". Aku masuk ke kamar mereka pelan-pelan. Sesuatu yang bikin aku terkejut, mereka berempat tidurnya sama-sama di 2 kasur yang ada di bawah. Padahal di sana ada 4 tempat tidur--2 atas 2 bawah. Tapi mereka malah tidur berdua-dua di masing-masing kasur. Kasur yang atas nggak bisa ditidurin, ada serbuk kayu dari langit-langit yang turun terus-terusan. Aku mengguncangkan kakinya Nada. Dan jawabannya berupa geraman gitu :)). Tapi nggak berapa lama kemudian mereka semua bangun. Acara pertama, jam 6 pagi adalah renungan pagi dan pembagian kelompok di Pendopo Maria. Aku dapet kelompok 2 bareng Nada, Debora, Vicky, Monika, Patrick, Nuno, Yayan, Yoseph dan Dika. Kelompok yang kece, tauk :D wakakakak. Gokillll :))))). Setelah itu, ada sarapan, makan pagi \o/ terus sesi ketiga, "Perjuangan Hidup" bareng seorang pendamping yang...mirip banget sama tentara TNI, mirip ABRI :| Mas Dhitia. Sesi tersebut diakhiri dengan sebuah game yang kalo nggak salah namanya entretment (aku nggak tau cara ngejanya --") bareng sama Mbak Mita lagi :D. Jadi itu permainannya gini, kita kudu nyebrangin tali-tali rafia yang diiket sana sini. Nggak boleh kena, kalo kena, kudu ngulangin. Kalo nggak berhasil, co-cardnya nggak dibalikin :)) setelah game tadi, kita saling sharing satu sama lain. Sharing yang nurutku selalu seru, karena setiap anak pasti beda. Setelah itu, ada snack, tapi pas kita nunggu di ruang snack, snacknya kagak dateng-dateng --". Kita semua putusin buat langsung ke halaman depan Wisma Salam, tempat nanti semua kegiatan outbond akan dimulai. Gamenya sama sih kaya waktu aku rekoleksi kelas 7, tapi ada yang baru. Bangun menara. Tapi kegiatan outbond ini sempat terhenti karena cuaca kurang mendukung. Hujan. Kelompokku, kelompok 2 dapet game dengan urutan Halang Rintang, Pipe Ball, Bangun Menara, dan terakhir, The Bascoms. We are very lucky, The Bascoms was the last! The Bascoms itu permainan yang basah-basahan. Beruntung banget, bersyukur banget :) Halang Rintang. Hampir sama kaya yang entretment, tapi bedanya, tali rafia di sini nggak sebanyak pas di entretment tadi. Daan, melewatinya harus dengan mata tertutup. Kita diarahin sama temen-temen yang dibelakang, tapi ga pake 'kanan', 'kiri', 'maju', 'mundur', etc. Tapi dengan kode yang udah kita tentuin bareng-bareng. Punya kelompokku bikin ngakak, punya kelompok lawan, juga bikin ngakak :)) "Gas gas gas!! WC WC WC! Penuuh, penuuuh!! Cebokk, cebook!! Nulis nulis!! Kodokk!! Kodoook!!" *mendadak hening* *heningnya lama*. Punya kelompok lawan juga ga jauh beda. "Bu Summ!! Bu Summ!! Pak Tingg!! Pak Tingg!!! Bu Yantiii Bu Yantiii!!!" *heningnya lanjut*. Yeah, itu nama penjual di kantinku semuanyah :)))) tapi karena hujan nggak bisa diajak kompromi, permainan terpaksa dihentikan :( setelah itu, seperti biasa: sharing :). Abis sharing, snacknya baru dateng :)) abis snack, sempet ada waktu yang kosong karena nungguin hujan. Tapi abis itu, permainannya dilanjutin. Pipe Ball. Di sini, setiap anak diberi 1 pralon (pipa air) untuk membawa sebuah bola pingpong ke dalam gelas dengan rute yang telah ditentukan. Pokoknya, bagaimana caranya bola yang udah digelindingin Mas Ary tadi bisa sampe ke gelas yang letaknya deket, tapi untuk sampe ke sana ada rute yang harus diikuti dan itu...nggak deket. Kelompokku beberapa kali mencoba, sampai sebuah kerjasama terbangun dengan semaik baik di setiap percobaannya. Kami akhirnya berhasil memasukkan bola ke gelas tersebut. Kami unggul dari kelompok lawan. Refleksinya nggak jauh beda sama Halang Rintang, tapi bedanya kami di sini saling melengkapi :). Next, Bangun Menara. Karmak. Di sini kelompokku kalah. Kami ketinggalan. Jadi di sini ada 4 buah bangun ruang, kubus, balok, tabung sama prisma segitiga. dari keempat bangun itu, kami kudu membangun sebuah menara. Menara tersebut haruslah tinggi, enak dilihat dan kokoh. Didirikan di dalam sebuah lingkaran kecil di dalam lingkaran besar. Tapi, tidak menggunakan tangan, tapi menggunakan tali. Dan, tak satupun anggota tubuh kami yang boleh mengenai lingkaran besar di luar lingkaran kecil tadi. Karena keegoisan masing-masing, dan anggapan bahwa kami lebih bisa apabila mengerjakannya tidak bersama-sama, maka kami kalah. Meski begitu, kelompok lawan yang telah lebih dulu selesai ikut menyemangati kami. Luar biasa :"). Kami juga diberi refleksi sama Mas Galih. Setelah menyelesaikan game ketiga, kami berjalan menuju pos terakhir di kartu jalan milik kami. The Bascoms. Di permainan ini, kita tiduran di tanah, dan ngangkat kaki. Nanti, akan ada baskom berisi air yang diletakkan di atas kaki kita. Sama Mas Dhitia. Di situ Mas Vindy  ngurusin kelompok satunya. Pertamanya, kita udah hampir berhasil, tapi karena sesuatu hal, baskom berisi air itu tumpah, kena kita semua. Ditanya sama Mas Dhitia, mau nyoba lagi atau enggak, dan kita jawab: MAU! Kita siapin posisi, baskom berisi air tersebut diletakkan lagi di kaki kami. HAMPIR BANGET tumpah, tapi kami berhasil :") seneng banget meskipun basah. Ketumpahan air kolam. Dan ada yang lucu setelah permainan ini. Baskom tempatku yang masih berisi air, diinjek sama temenku, Nuno :)))))) buat ngebersihin kaki, katanya. Dan Mas Vindy, dengan ekspresi yang lucu banget mengatakan, "Ya pecah baskomku" :))))) aduh, kampret, sumpah lucu banget :)))))))). Selesai refleksi, kami punya waktu bebas sampe nanti jam 16:30. Aku langsung lari ke kamar (biarpun hampir kepeleset --"), ambil baju ganti, underwear, sabun sampo, handuk dan langsung melesat ke kamar mandi. Nggak seperti biasanya, aku keramas 2x, sabunan juga 2x :))))). Selesai mandi, aku selfie-selfie-an sama temen-temenku :)))))) cerita-cerita, curhat, dan mendongeng lagi :)). Jam 16:30 adalah sesi ke lima. Refleksi dari semua game tadi. Oiya, dan pas waktu kosong itu kita juga kudu bikin refleksi dari sejak bangun tidur. Pas sesi ke lima itu, hmm, aku nggak terlalu inget semua. Tapi setelah itu, jam 6 sore waktunya makan malem, setelah itu bakal dilanjut sesi ke 6, atau yang terakhir untuk hari itu: Konseling pribadi. 9A dan 9C dibagi jadi 4 kelompok. Absen ganjil genap. Aku absen 3 \o/ kelompokku dapet tempat di Aula Girli. Ini adalah sharing yang dibantu dengan 3 buah pertanyaan

  1. Apa saja yang sudah kamu dapatkan selama retret ini?
  2. Bagaimana persiapan ujian nasional yang sudah dilakukan sampai saat ini?
  3. Apa niat yang akan atau sudah dilakukan dalam rangka mempersiapkan UN?
Aku menjadi orang kedua yang sharing di kelompok. Maaf, ceritaku panjang banget. Jadinya yang bisa sharing malah cuma sekitar 8 orang :(((( dalam ceritaku, terkadang aku berusaha menyelipkan joke biar pada nggak ngantuk. Sebelum sharing, kelompokku dikasih game sama Mas Vindy. Gamenya sumpah, GOKIL! Nama gamenya tangkap kelinci. Jadi, tangan kananmu sebagai pemburu, dan kepalan tangan kirimu adalah kelincimu. Mas Vindy akan bercerita, dan setiap Mas Vindy bilang 'kelinci', kita kudu nangkep kelinci punya temen. Dari total 3 kata kelinci yang disebutkan Mas Vindy, punyaku cuma ketangkep 1 \o/ :p dalam sesi sharing ini, aku menemukan 'sosok' lain dalam diri teman-temanku. Mereka--yang kurang deket sama aku--bisa mendadak berubah menjadi sahabat sekaligus pendengar yang luar biasa bagiku. Dan teman-teman lain yang sharing tentang masalahnya, juga mendadak menjadi sama seperti aku. Melankolis. Aku (nggak tau kenapa) selalu aja pengen nanggepi setiap cerita dari temen-temen. Tapi nggak semua, kadag juga aku ngerasa nggak perlu ngomong.
"Kalau mendengarkan saja cukup, kenapa harus dipaksa bicara?" - Firasat, Rectoverso
Dan aku nangis, bener-bener nangis pas aku sendiri cerita ke temen-temen aku :") air mata haru dan bahagia yang mendadak meledak begitu saja. Di malam hari di Wisma Salam, di tengah dinginnya udara malam, dan ditengah ceritaku sebagai seorang anak usia 14 hampir 15 tahun. Ya, aku menangis. Sudah lama aku tidak menangis :") pertamanya, kelompokku didampingi Mas Dhitia, tapi kemudian digantikan Mas Mikhael. Mas Vindy juga sempet masuk--cuma masuk. Dan ditengah-tengah sharing, kulihat dari belakangku Mas Vindy lagi jalan ke arag Girli bareng sama seekor anjing putih, yang kurang tinggi tapi panjang. Sumpah, lucu banget! Pas aku mau manggil anjingnya, eh, anjingnya malah diajak Mas Vindy pergi lagi --" dan lucunya lagi, Mas Vindy ngeliat ke aku dang senyum-senyum :))))) dua kali pula --" dan dari sekian banyak pendamping yang mendampingi kami, nurutku Mas Mikhael merupakan salah satu yang punya kharisma ketika memberi solusi. Sita, temenku, juga berpendapat demikian. Aku juga nambahin satu gelar lagi. 'Mukanya nyenengin' :))) Sita juga setuju. Selesai sharing. Ada renungan malam. Udah pada tau, renungan malam itu bakal jadi bagian nangis-nangis :"). Temanya: SAHABAT. Renungannya dipimpin Kak Asad Gibran Mas Ary di Kapel Bundar. Di situ juga ada mas Vindy (dan kalo nggak salah ada mas Dhitia juga). Inti renungannya itu, kita disuruh bayangin 3 tahun lalu, pas kita baru pertama kali masuk SMP, terus ketemu temen-temen baru yang akhirnya jadi SAHABAT. Maka, munculah muka-muka sahabatku. Kata Tryas, aku orang pertama yang nangis :"))))). Dan pas masih merem itu, aku ngerasain ada temen yang nyodorin tisu ke aku :"). Pas renungannya kelar, aku otomatis meluk Sita yang ada di samping kananku, agak terbata-bata minta maaf dan bilang makasih. Aku muterin kapel bundar. Buka jasa peluk hangat buat semua temen. Meluk hampir semua temen-temenku. Dari 9A maupun yang sekelas. Dari yang udah kenal pas SD, sampe yang baru deket beberapa waktu yang lalu. Hampir sama semuanya aku minta maaf. Tapi kalo sama yang cewe, bonus peluk :'3 aku muter, ke seberang, ke atas, turun ke bawah. Setelah itu, renungannya diudahin sama Mas Ary. Jam 21:40. Jam malam masih sama, 23:00. Skip, ya. Ada something gitu :") singkat cerita, jam 12 malem aku baru tidur. Thanks, God!

Day 3 (Rabu, 22 Januari 2013)
Aku baru bangun jam 5--tanpa alarm. Sikat gigi dan memenuhi panggilan alam. Ini lebih siang dari kemaren, tapi temen-temen sekamarku belom ada yang bangun. Biarpun waktu aku buka pintu dan menghasilkan suara yang lumayan, masih juga pada belom bangun. Ya udah, mungkin mereka kecapekan, pikirku. Setelah sikat gigi, aku mulai beresin barang. Pas aku keluar, 10 dari 14 temen cowokku udah pada bangun, Katanya sih, mereka pada bangun jam 4.Yang 4 masih tidur. Aku ngetok pintunya Artha. Nggak jauh beda sama kemaren, dijawab dengan gumaman nggak jelas yang seolah mengisyaratkan 'Ini jam berapa? Aku masih mau tidur. Dingin banget' :)). Aku masuk kamar lagi, Sita udah bangun. Aga sama Lintang masih terlelap. Pekerjaanku dibantu temen-temen cowok yang ikut mbangunin dengan ucapan, "Bangun banguun~, snack paginya udah ada". Padahal belom ada snack :))))))))) ngaruh, pada bangun :)))) :p singkat cerita, acaranya renungan, MCK, makan, sesi 7 bareng Romo Hendro. Dapet pengalaman yang baru banget bareng Romo Hendro :). Sesi 7 ini....juga menguras air mata, ternyata. Selain mbahas mimpi, juga mbahas orang tua. Skip, ah. Udah malem. Nanti tulisannya malah nggak kelar. Abis itu, snack (lagi! --"). Dan 1 sesi terakhir bareng Mbak Mita dan Mbak Windar: I HAVE A DREAM + SMART PLAN. Membosankan, sebenarnya. Tapi tetap menyenangkan gitu \o/. Then, retret 3 hari 2 malam yang sebenernya cuma 2 hari itu ditutup dengan perayaan Ekaristi sederhana. Suatu pengalaman baru karena aku ditunjuk ketua kelasku, Patrick untuk doa umat--spontan. Aku bangga :"). Abis misa, ada ucapan dari Romo, dari Mas Vindy (Jebul Mas Vindy itu koordinator :O), dan Yayan, sebagai wakil kami semua. Setelah itu, kita jabat tangan sama Pak Yuli & Bu Indri (Guru PL yang mendampingi), Romo Hendro, Mas Dhitia & Mas Vindy. Seneng banget Romo manggil aku, Mas Dhitia & Mas Vindy juga manggil aku \o/. Makan siang, pulang sih, sebenernya, tapi aku ngajak sekelas buat foto. Abis foto--yang makan waktu sekian menit sendiri--kita semua pulang. Aku masih ikut Artha. Sampe rumah jam setengah 3an, ganti baju, cuci kaki, cuci muka, cuci tangan, nungguin lagunya Tulus yang priemer jam 4 sore di radio, trus tidur dan......baru bangun tadi pagi, Bok! :))))))))

Unforgettable experience! Thanks God, Thanks, YSC, Thanks, Wisma Salam, Thanks, PL! I love you :)
Jasa peluk hangatnya buka lagi, lho

Vina Kanasya

Comments