Kenapa ngeluh?

Soalnya nggak sadar kalo masih ada hal yang bisa disyukuri.

Ini berawal dari pelajaran Agama bab "Kejujuran". Yeah, finally I can declarate my 'unek-unek' sama temen-temen yang hobinya ngeluh terus :)) kemaren Jumat, 10 Januari 2014 tepatnya. Waktu pelajaran agama, aku sama temen-temen ditugaskan untuk menjawab pertanyaan dari sebuah pernyataan tentang kebohongan yang dibacain sama Guru Agamaku. Pernyataan itu isinya kira-kira gini:



"Aku mengerjakan tugas yang ada dengan benar-benar dan kukerjakan sendiri. Namun, seorang temanku tidak mengerjakannya sendiri. Dia mencontek pekerjaan teman lain dan mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari milikku."

Terus pertanyaannya:
1. Apa yang kamu rasakan apabila hal itu terjadi padamu?
2. Apa alasannya?
3. Apa yang kira-kira dirasakan oleh teman yang mencontek tadi?

Jawabanku:

1. Kasian sama temen yang nyontek tadi (pertamanya aku jawab biasa aja, tapi trus guru agamaku bilang, 'gak ada perasaan biasa  aja'. Daripada beliau marah, jadi, tak ganti --".)
2. Soalnya nanti juga dia sendiri yang susah kalo nggak belajar. Kan dia dapet nilai bagus karena ngeliat pekerjaan orang lain, bukan dari usahanya dia sendiri. Santai aja.
3. Panik, ga tenang

Setelah itu, beliau menugaskan kami untuk membuat kartu kejujuran. Isinya adalah sebuah statement--entah pengalaman pribadi atau orang lain yang diamati bener-bener--tentang suatu kebohongan. Dikasih waktu 10 menit. Cukup banget. Tapi jadi nggak cukup kalo disambi ngomong, disambi ucapan-ucapan seperti: "Duh, aku nggak tau"; "Duh, maksudnya gimana, sih?"; "Punyamu kaya gimana? Liat dong", etc. Saking nggak kuat mau nahan unek-unek,  kemaren tak tulis di kartu kejujuran punyaku :)) dan makin bersyukur lagi ketika kartu itu jatuh di tangan yang tepat. Kartu kejujuran itu berisi pernyataan dan pertanyaan. Pertanyaan semacam "Apa yang bakal kamu lakukan kalo jadi aku?". Kartu kejujuran punyaku jatuh ke tangan yang tepat, karena dia--temen yang dapet kartu kejujuran punyaku--menunjuk orang yang tepat untuk menjawab pertanyaanku.
Jadi prosedurnya itu, kita nulis kartu kejujuran yang isinya pernyataan dan pertanyaan, terus diputer. Nah, yang dapet itu dengan sukarela akan maju dan membacakan pernyataan + pertanyaannya + memilih seorang teman untuk menjawab pertanyaan itu.
Saat kartu kejujuranku jatuh pada orang itu, awalnya aku ragu. Tapi, mukaku bersinar cerah saat ia ternyata memilih orang yang nggak terduga untuk menjawab pertanyaan itu. Sumpah, seneng banget! Soalnya orang yang terpilih buat menjawab pertanyaan itu salah satu temen yang sukanya ngeluh. Dia hampir ga bisa jawab pertanyaanku. Dan yang bikin kesel lagi, dia nyalahin aku --"
Penasaran sama kartu kejujuranku, nggak? Intinya, itu kartu kejujuran isinya unek-unekku sama temen-temen yang selalu ngeluh dan hampir ga pernah bersyukur.
"Aku selalu pura-pura bersikap biasa sama teman-teman yang sukanya ngeluh dan hampir nggak pernah bersyukur. Aku selalu bersikap cuek dan biasa saja, padahal dalam hati aku sangat kesal pada mereka.
Apa yang akan kamu lakukan apabila ada di posisiku?
Bagaimanakah cara memberitahu teman-teman yang selalu mengeluh tersebut?
Apakah kamu sebagai manusia lebih banyak mengeluh atau bersyukur?"
Dia kesulitan. Kira-kira yang dia ucapkan saat pertanyaan itu dilempar ke dia:
"Emm, saya sebagai manusia masih lebih banyak mengeluh............... Saya akan..............memberitahu teman-teman saya yang sukanya mengeluh tadi.........kalo saya ada di posisi itu, saya akan.....emm, bisa diulangi nggak, pertanyaan sama pernyataannya?" *plak* *dan setelah pertanyaan dan pernyataannya diulangi*
"Ya saya akan ngomongin temen-temen yang sukanya ngeluh tadi"
"Lha, cara kamu ngasih tau ke temen yang sukanya ngeluh itu tadi gimana?" --temen yang tanya ke dia
"Ya dikasih tau aja"
"Ya gimana?"--temen yang tanya, udah mulai kesel
"...."--aku, diem
"Ya gitu"
"Ya gimana?" --yang nanya makin kesel
"Ya udah, udah. Udah dijawab, kok" --aku, angkat bicara
"Kamu tuh kalo bikin pertanyaan mesti susah, Vin" --temen yang ditanyain tadi
"..." - aku, diem, cuek
Temen yang tadi mbacain kartuku ngumpulin kartunya ke Bu Lian, terus dia balik ke tempat duduk--dia duduk di sebelahnya temen yang ditanya tadi. Ironis, memang.
Suasananya udah jadi ga terlalu enak. Berasa diliatin sama temen yang ditanyain tadi. Tapi, ya udahlah...
~
Maksud tulisan ini bukan buat nyindir atau 'nyinyirin' temen tadi. Tapi, ini bikin aku sadar kalo masih banyak temen yang perlu diajari dan disadarkan. Diajari bersyukur dan ga banyak ngeluh, dan disadarkan kalo masih banyak hal yang bisa disyukuri. It's just a bad day. Not a bad life, right? ;) yang aku masih ga habis pikir itu kenapa sih masih banyak temen-temen yang kalo hari Senin udah dateng, mesti isinya marah-marah. Terbukti. Senin pagi kalo aku cek timeline, mesti banyak protes, banyak yang ngeluh kenapa senin harus datang secepat itu. Duh, ngeliatnya itu bikin kesel. Dulu aku juga kaya gitu sih, tapi sekarang udah nggak. Sejak aku sadar kalo yang harus dibagiin itu semangat dan kebahagiaan. Bukan amarah dan protes. Yes? :)

Kampret, sampe sini udah gatau lagi kudu nulis apa --"

Vina Kanasya

Comments