Duh, iki piye yo?

Duh, makin hari saya makin prihatin sama negara saya, Indonesia :(( gimana ndak prihatin? Budaya Indonesia udah kecampur sama budaya luar. Dan yang kecampur sama budaya kita sebagian besar adalah budaya luar yang kurang sesuai sama budaya kita. Tapi saya lebih prihatin lagi sama generasi muda bangsa ini. Era globalisasi mendekatkan remaja nggak cuma sama sesuatu yang positif, tapi juga sama sesuatu yang negatif. Dulu aku udah pernah bahas soal musik Indonesia. Jangan bosen karena sekarang aku mau bahas soal musik Indonesia lagi karena musik adalah hal yang paling dekat dengan generasi muda saat ini.



"Bahkan, kalau musik Indonesia ini didukung sama semua orang, ia juga bisa mendunia seperti musik-musik yang didengar teman-teman hari ini" - Glenn Fredly
Glenn aja bilang kok kalo musik Indonesia pasti bisa mendunia asal didukung. Siapa yang mendukung? Semua orang! Terutama sama generasi muda. Kenapa? Generasi muda adalah generasi penerus. Makanya aku prihatin. Anak muda seusiaku sekarang jarang ada yang masih dengerin musik Indonesia. Dikit banget. Musik sekarang kurang berkualitas. Nggak se-berkualitas dulu.
Belantika musik Indonesia sekarang didominasi sama band-band yang 'cuma sekali muncul'. Apa maksudnya? Liat aja, sekarang di TV tiap hari ada acara musik dengan pengisi acara yang berbeda-beda. Dan kebanyakan dari pengisi acara itu cuma muncul sekali. Ya nggak cuma sekali, lah. Paling sekali-duakali-tigakali. Habis itu namanya jarang muncul, atau bahkan nggak pernah muncul lagi. Selain itu, acara musik di Indonesia yang tayang tiap pagi dan sore host-nya juga kurang bermutu. Waktu itu aku pernah lagi ganti-ganti channel TV dan ga sengaja nyasar ke salah satu stasiun TV swasta yang lagi menyiarkan acara sejenis itu. Di situ host-nya lagi nge-bully penontonnya :o jadi penontonnya itu disuruh berdiri di papan yang ada bolongannya buat muka sama tangan. Penontonnya ada 2, cewe' sama cowo'. Nah, ketika berdiri itu mereka ditepungin :o sambil disuruh nyanyi, tapi mic yang disodorin ke mereka itu dimainin sama hostnya. Dijauh-jauhin gitu. Abis selese, uang yang dijanjiin sebagai hadiah juga ga langsung dikasih. Duuhh, kasian penontonnya :((
Ada yang bilang sih, acara kaya gitu sempat dilarang sama KPI kalo ga salah. Komisi Penyiaran Indonesia apa ya --" mboh. Pokoke lembaga yang mengawasi acara-acara TV Indonesia. Acara jenis itu dinilai bikin anak-anak lebih milih buat dateng ke acara itu (baca: bolos) daripada ke sekolah. Ada juga yang bilang kalo penonton-penonton tersebut dibayar. Iya, mereka yang joget 'kucek jemur' itu katanya sih dibayar. Bisnis? Iyaa iyaa!! Bisaa jaadii!!! <-- korban salah satu acara TV. Yah, kalian pasti tau dong --"
Sempat dilarang. Sayangnya, nggak untuk seterusnya. Cuma sementara. Tapi, kok setelah dilarang, nggak ada perbaikan, ya? Sama aja. Selain ngebully penonton, hal lain yang aku ga suka itu kebanyakan ngomong. Iya, hostnya kebanyakan ngomong. Kalo kata orang Jawa sih...........ah sudahlah :| banyakan ngomong dari pada musiknya. Ngomong loh ya, bukan ngemong --" beda perkara. Acara musik apa adu mulut sih? --" perasaan, acara musik itu buat menghibur penontonnya dengan musik, dengan kehadiran band idolanya. Bukan dengan adu mulut hostnya --" acara musik di Indonesia yang seharusnya bisa jadi ajang perkenalan band-band baru malah jadi ajang nge-bully dan adu mulut. Sopo sing ora prihatin? :((
Sekarang sih itu jadi hipotesis aku. Hipotesis kenapa temen-temen aku 'move on' ke lagu dan artis/penyanyi-penyanyi luar dan hampir ga peduli lagi sama musik tanah airnya sendiri. Tapi Puji Tuhan, aku nemuin beberapa temen yang masih respect sama musik tanah air. Sebenernya itu juga jadi alasan aku move on dari TV ke radio. Aku udah jarang banget nonton TV :') udah ga sesering dulu. Dulu, aku pulang sekolah langsung nonton TV. Sekarang? Pulang sekolah langsung dengerin radio :') dan ternyata setelah aku move on, Puji Tuhan nilai aku di sekolah justru naik :')
Duh, labilnya kumat kan --" tadi bahas musik dan acara TV, sekarang malah bahas tentang aku :| ya pokoke intine gitulah. Perlu kalian tahu, musik Indonesia itu nggak kalah sama musik luar. Tetap ada air di tengah padang gurun yang gersang. Tetap ada musik yang berkualitas di tengah musik-musik yang ada di Indonesia sekarang. Asal cermat, kalian pasti bisa menemukan musik bagus Indonesia di jaman sekarang ini :)
Bukan berarti ga boleh dengerin musik luar, kok :) musik luar juga punya dampak positif, antara lain melatih kita dalam berbahasa asing. Boleh denger musik luar, asal jangan sampai melupakan lagu tanah air sendiri aja :) aku ga maksa kalian buat dengerin lagu Indonesia, nggak kok. Aku cuma nyaranin kalian melirik sedikitt aja musik Indonesia karena musik Indonesia juga perlu dukungan kalian, sobat :)
By the way, kapan bung Glenn ngomong begitu, Vin? Perasaan ga pernah deh.
Oh, itu. Puji Tuhan aku pernah punya kesempatan buat wawancara bung Glenn Fredly :') tapi sayang, waktu itu aku belom menyadari akan bakat menulis yang ternyata aku miliki :') waktu itu aku wawancara bung Glenn di toko kaset Popeye. Aku tanya-tanya seputar album barunya dia yang baru aja rilis saat itu, "Luka Cinta dan Merdeka". Aku juga tanya pendapat Glenn tentang beberapa hal. Termasuk soal dunia digital yang (sebenernya) memprihatinkan banget :( aku nggak tau hasil wawancara itu mau diapain sekarang :') tapi ya sudahlahh :'D
Sekian dulu opini saya kali ini :D
With love,
Vina Kanasya

Comments