"Kadang-kadang, pilihan yang terbaik adalah menerima" - Firasat, Rectoverso

Hai Reader(s), lagi dilanda kebingungan memilih aplikasi buat posting di blog via hape. Antara Blogger atau Blogger-droid. Semua ada plus-minusnya. Dan, finally, aku milih Blogger *backsound anak kecil teriak yey*. Oke langsung ke maksud penulisan postingan ini. Itu tadi adalah pengantar yang nggak bermutu dan tidak pantas ditiru.
"Kadang-kadang, pilihan yang terbaik adalah menerima" - Firasat, Rectoverso
Ada yang tau kenapa quote itu aku jadiin judul dan bahan refleksi malem ini? *ini serius*. Cerita dulu ya... Sebenernya, aku udah agak lama baca Rectoverso. Seminggu sebelum ke Bali sih tepatnya. Nggak bisa dibilang 'selesai', soalnya ada 2 cerita yang pake bahasa inggris, dan bahasa inggrisnya berat :'| jadi Rectoverso sebenarnya belum terselesaikan. Ada 11 Cerita. 2 cerita yang belom aku baca judulnya "Grow A Day Older" dan "Back To Heaven's Light". Sisanya udah. Dari 9 cerita yang udah aku baca, yang nurutku keren itu "Malaikat Juga Tahu", "Aku Ada", dan yang paling ngena di hati "Firasat". Aku nggak akan bahas ceritanya, tapi aku akan bahas 1 quote yang udah kalian baca di atas. Kata "terbaik" dan "menerima" aku bikin bold. Karena itu yang lagi aku rasain sekarang. Dalam pengertianku, "pilihan terbaik" memiliki arti pilihan yang bisa jadi menjadi menjadi pertama, atau malah terakhir. Kalo terakhir, maksudnya udah nggak ada pilihan lain gitu -,- ya ibaratkan aja sekolah. Kalo udah kelas 6 atau kelas 9, atau kelas 12 pasti kita bakal nyari sekolah "terbaik", iya nggak? Sekolah yang udah "wow" banget. Misalnya, di kota A, SMP terbaiknya SMP abc, pasti banyak banget, atau malah hampir semua anak SD di kota A nganggep SMP abc ini sebagai "pilihan terbaik"nya. Yang paling diutamakan, diprioritaskan. Tapi SMP ini nggak mungkin kan nerima semua siswa-siswi SD di kota A? gila aja -,- nah, buat siswa yang diterima di SMP abc ini, ya selamat, kalian berhasil mendapatkan "pilihan terbaik". Sedangkan, buat siswa yang nggak diterima, otomatis dia harus mikir lagi, cari sekolah lain lagi, SMP def, ghi, jkl, mnl, opq, etc. Contoh, sebutlah saja anak xyz. Dia nggak diterima di SMP abc, dia daftar di def, nggak diterima, ghi, nggak diterima, jkl, nggak diterima, baru di opq diterima. Nah, opq ini jadi pilihan dari xyz. Pilihan terakhir. Mungkin sekaligus menjadi pilihan terbaik buat dia. Sehingga, mau nggak mau, xyz harus "menerima pilihan terbaik"nya, yaitu sekolah di opq. Meskipun xyz pada dasarnya pengen banget sekolah di abc, namun kenyataannya, sekarang dia harus sekolah di opq yang bukan merupakan pilihan terbaiknya, namun menjadi pilihan terakhirnya. Pilihan terakhir nggak selalu jadi yang terbaik, tapi, suka ga suka, kita harus terima. Pilihan itu selalu ada. Kita harus belajar, belajar menerima pilihan terakhir itu dan berusaha menjadikannya pilihan terbaik. Berusaha bikin kita nggak nyesel udah milih pilihan terakhir itu.
Itu baru pengantarnya, belum 'real story'nya. Belom kenyataan, belom apa yang mau aku share ke ke kalian malem ini *ngetik sambil tiduran di atas kasur*. Mau tau apa yang bakalan aku share malem ini? Ih, kepo ya? :B -,- oke, langsung aja ya :D
Kalo kalian pembaca setia blogku, pasti kalian tau dong aku lagi deket sama siapa? Ya kecuali kalian temen sekelasku -___- Yup, aku lagi deket sama 5 orang temenku di kelas. Nggak bakal sebut merk, nggak ad inisial, cuma sharing. Tapi sayangnya, 1 orang dari kita ber-enam seperti menjaga jarak dan menjauh. Sampe rasanya, sekarang kita jauuuuhhhh banget :( padahal sekelas --" ya yang deket tersisalah saya dengan 4 teman lainnya :'( tapi di sini, aku ngerasa 4 temenku ini malah menjaga jarak denganku :(( mungkin karena faktor omonganku sama mereka nggak nyambung-nyambung banget :( ibaratnya, mereka udah sampe Singapore, aku masih di Jogja :'"( mereka udah nonton Madagaskar 3, aku 2 aja belom :( ya aku sih ngerti, jenuh dalam persahabatan itu wajar, kog. Apalagi yang sahabatannya lebih dari 2 orang, yang udah dari ingusan aja udah temenan, yang tiap hari ketemu. Pasti pernahlah ngerasa jenuh dalam persahabatannya. Yang mau aku bahas di sini adalah, kalo buat mereka menjaga jarak denganku adalah pilihan terbaiknya, maka buat aku itu adalah pilihan terakhir. Di mana akulah yang harus belajar menerima. Begitupun sebaliknya. Aku harus bisa terima kalo emang itu pilihan terakhirnya.
Aku ngerasa, selama ini aku udah baik sama mereka, sabar ke mereka,  kasih ke mereka apa yang aku punya, share kegembiraan, share pengetahuan, berbagi senyum dan semangat tiap pagi, udah semangatin mereka, ikut bikin mereka ketawa dan bantu mereka sebisaku. Tapi di sisi lain, aku juga, udah bukan ngerasa lagi, tapi UDAH JELAS bikin mereka bosen, bikin mereka badmood gara-gara yang aku share ke mereka itu-itu aja. Bikin mereka yang udah badmood malah makin down dan badmood gara-gara aku yang ngga ngerti, cuma ikut-ikutan, bikin mereka kesel, dan bikin mereka yang udah sebel sama aku makin sebel. Oh my Gosh, manusia macam apa aku ini? Mereka udah kasih aku kegembiraan, udah meledakkan tawa dan bikin aku senyum tiap hari, bikin aku percaya diri, bikin aku percaya kalo persahabatan itu indah, bikin aku ngerasa nyaman sama mereka, mereka juga yang ngajak aku belajar buat explore ke dunia yang lebih luas, ngenalin aku sama banyak public figure yang ga cuma itu-itu aja, ngenalin aku ke film-film baru, musik-musik baru, trend dunia, ilmu pengetahuan, bagi-bagi awkward momment masing-masing. Ngajarin aku buat enjoy sama hidup, buat aku percaya sama diriku sendiri, bikin aku berani buat melakukan banyak hal baru, dan yang pasti, mereka udah ngajarin aku gimana caranya buat percaya sama diri sendiri, yakin kalo aku tuh bisa. Mereka udah kasih banyak hal buat aku, tapi apa balasanku..? Aku malah kecewain mereka.
Sekarang, aku mau bikin mereka seneng dengan mulai menjaga jarak, nggak menjauh, cuma jaga jarak aja. Menerima kenyataan kalo kehadiranku bersama mereka justru bikin mereka sebel. Karena buat aku, itu adalah pilihan terbaik. Karena "Kadang-kadang, pilihan yang terbaik adalah menerima" - Firasat, Rectoverso
NB: Bedakan kata "menerima" di quote itu dengan kalimat "Lebih baik memberi daripada menerima". Maksudku beda ya :-)
Sekian tulisan saya malam hari ini :-) semoga bermanfaat dan memotivasi. Selamat Hari Senin, Tuhan Memberkati O:) kritik saran selalu ditunggu di comment box ya, teman :D
Vina Kanasya
*posting sambil angop* =))

Comments