RencanaNya nggak pernah terduga

Berdasarkan catatan harian singkat saya tanggal 22 September 2013 (yang sebenarnya merupakan kejadian tanggal 21 September 2013).

Sabtu, 21 September 2013
Hari ini rencanyanya aku mau wawancara Endah N Rhesa. Tapi ternyata, karena sesuatu hal interview tersebut terpaksa ditunda. Kecewa sih, tapi tetep ada pelajaran yang bisa aku ambil dari sini. But suddenly, the day turned out to be an amazing one. Gimana ceritanya sebuah hari yang buruk karena sebuah masalah bisa tiba-tiba berubah menjadi salah satu hari terbaik? Gimana ceritanya awan mendung di hari kamu tiba-tiba hilang dan matahari menunjukkan sinarnya? Nggak ada yang tahu rencana Tuhan.

Nah, aku selalu percaya kalo Tuhan itu nggak pernah ngecewain kita. RencanaNya pasti indah. Kalo ada orang yang menyalahkan Tuhan, nurutku itu salah besar. Ini opini aku aja sih. Itu berarti orang yang menyalahkan Tuhan tersebut nggak pernah bersyukur atas apa yang telah didapatnya selama ini. Kurang bersyukur atas apa yang dimilikinya selama ini. Maka dari itu, ketika ada masalah yang ia hadapi, baik kecil maupun besar, ia justru akan menyalahkan Tuhan dan nggak berusaha buat menyelesaikan masalah tersebut.

Kembali ke ceritaku. Aku belum jadi meng-interview EaR. Tapi bukan berarti aku menyalahkan Tuhan atas apa yang telah terjadi. Aku ambil positifnya aja. Meskipun udah nunggu dan nggak ada hasil yang diinginkan, tapi masih ada hal yang bisa diambil meski nggak banyak.

Akhirnya aku sama Papa pulang karena malemnya mau nonton Mocca. Singkat cerita, kami berangkat ke Purna Budaya buat nonton Mocca. Ternyata ada kejutan di luar ekspetasi saya— karena saya mikirnya ke sana ya cuma buat nonton aja. Nggak lebih. Tapi, ada kejutan luar biasa yang sudah disiapkan Tuhan buat saya. Aku dapet kesempatan buat ngobrol ± 2 jam sama kak Arina (vokalisnya Mocca). Dan satu lagi kejutan dariNya: yang jadi MC di acara itu adalah kak Opang! ♥ setelah ngobrol sama kak Arina, dapet lagi kesempatan ngobrol-ngobrol sama penyiar radio idola :3

Inilah yang aku sebut: rencana Tuhan nggak pernah terduga. Aku mikir, mungkin kalo aku marah-marah dan nggak bersyukur karena nggak jadi interview EaR, mungkin kejutan ini nggak ada.

***

Selain kejadian tersebut, aku juga pengen share satu lagi kejutan Tuhan buat aku:

6 Mei 2014
Posisinya lagi UN hari kedua dan udah kangen berat sama kakak-kakak announcer Swaragama. Dan di hari sebelumnya (hari Senin), aku nemuin poster di twitter yang mengatakan bahwa hari Selasa Tulus manggung di Jogja. Pupus harapan, meski sebenernya udah tau kalo tanggal 6 Juni Tulus manggung lagi di Jogja, bareng Maliq & D'Essentials malah. Besok. Tapi tiba-tiba, sekitar jam 6an, Papa manggil aku dan bilang kalo Tulus lagi diinterview di Swaragama. Waktu itu aku lagi nonton TV. Males di kamar. Ntar malah jadi nggak mood kalo di kamar. Langsung cuss ke sana. Sama Vivi juga. Sampe di sana, nggak cuma ketemu Tulus, tapi juga ketemu kakak-kakak penyiar ~~\o/ wiih, gila. Seneng banget. Nekat juga =)) padahal kan besoknya UN :))

Ini adalah rencana lain dari Tuhan yang nggak terduga. Nggak nyangka kalo bakal ketemu Tulus dan kakak-kakak penyiar di Swaragama padahal posisinya lagi UN hari kedua.

***

Nah, itu pengalaman aku tentang rencana Tuhan yang nggak terduga. Aku yakin, kalo kita lebih banyak bersyukur, pasti akan ada lebih banyak kejutan-kejutan dari Tuhan♥

Vina Kanasya

Comments