Kok kamu keliatannya nggak pernah ngantuk e, Vin

Sudah berbulan-bulan yang lalu saya duduk satu meja dengan salah seorang teman yang tidak terlalu dekat. Sudah berbulan-bulan pula ide ini terkubur bersama ide-ide lain yang tak pernah jadi tulisan. FYI, tempat duduk di kelas saya berdasarkan undian. Dia termasuk tipikal anak yang kurang cocok dengan saya. Suatu hari dia mengatakan hal yang menjadi judul dari tulisan saya kali ini. "Kok kamu keliatannya nggak pernah ngantuk e, Vin,"  ujarnya suatu siang di salah satu hari Rabu setelah kelas kami mendapatkan pelajaran olahraga. Saya terdiam sejenak mendengar kalimat tersebut. Setelah berpikir sejenak, saya kemudian menjawab, "Heh! W sebenernya ngantuk banget. Tapi kan orangtua w udah bayar sekolah mahal-mahal untuk w belajar, bukan biar w bisa tidur di sekolah," dalam hati.

Kemudian saya menjawab, "Keliatannya aja, kan? Sebenernya sih ngantuk banget." Dia hanya mengangguk dan kembali meletakkan kepalanya di meja.

Hmm trus sepulang sekolah kepikiran mau buat tulisan. Tapi baru kesampean berbulan-bulan kemudian.

Segitu hebatnya kah saya dalam menahan rindu kantuk sampai dia bilang gitu. Tapi kalo rasa kantuk itu ibarat api, mungkin kelas kami sudah tidak ada saat ini. Hmm jangankan kelas, sekolah. Sekolah kami pasti sudah nggak ada. Ya kadang aku cuma mikir aja sih, ke sekolah buat tidur atau belajar sih sebenernya. Karena sepertinya jumlah yang nggak belajar sama yang belajar banyakan yang pertama. Mungkin sama dengan banyakan mana yang punya pacar atau yang masih sendiri. Eh, baper kan.

Kadang jadi refleksi aja, orang tua udah bayar sekolah mahal-mahal tapi kok kitanya sekolah gabener. Udah bayar sekolah mahal-mahal kok banyakan liburnya. Mending kalo bayar murah trus masuknya setahun sebulan. Tapi trus semua pikiran itu abai begitu saja waktu dapet kesulitan. Teriak "Sh*t mau berhenti sekolah aja w kalo kaya gini," pas rumus fisiknya lebih njelimet. Iya, njelimet kaya hubungan kamu sama dia yang nggak jelas. Eh. Udah kali ya. Daripada ntar makin ke bawah makin baper. Nambah dosa nanti.
Vina Kanasya

Comments