Luka kecil itu punya arti yang besar

Nggak kok, hatiku nggak luka lagi *serius ini*. Cuma, 2 hari yang lalu pas bikin drama Bahasa Indonesia (drama buat tugas aja, kok. Nggak drama di depan orang lain^^), aku jatoh. Lantainya licin. Waktu aku liat, nggak luka sih. Agak merah-merah aja. Meskipun sebenernya sakit. Tapi kalo japok hari itu kepaksa berhenti cuma gara-gara aku jatoh itu kan nggak lucu juga. Apalagi deadline-nya nggak lama-lama. Nah, aku pikir luka itu bakal sembuh paling nggak besoknya. Tapi ternyata, Selasa kemaren lukanya masih kerasa perih kalo kesenggol. Aku jadi mikir. Dan pikiran itu membawaku menuliskan ini:

Lukanya kecil, nggak terlalu kelihatan lagi. Tapi ngajarin aku banyak hal. Kalo lukanya bisa ngomong, mungkin dia bakal bilang: "Makanya, kalo jalan hati-hati. Lantainya licin. Kamu jadi jatoh, kan? Aku dateng deh". Luka yang sampe sekarang (biarpun kecil) tapi tetep terasa perih kalo kesenggol ini ngajarin aku buat hati-hati. Nggak cuma hati-hati pas jalan di lantai yang licin, tapi juga hati-hati saat 'jalan di lantai kehidupan'. Lantai yang licin seru sih, buat jalan. Kita jadi bisa jalan lebih cepet kalo bergaya ala ala main ice-skating. Tapi, was-was nggak sih? Kalo nggak hati-hati kan bisa jatoh. Ya itulah hidup. Ternyata aku menemukan satu lagi filosofi tentang hidup. Anggap saja, lantai yang licin itu adalah hidup. Kalo kita kepleset di lantai itu karena licin, misalnya. Apa kita bakal diem aja? Nggak, kan? Life must go on. Kita bakal berusaha buat berdiri lagi. Kalopun kita kesulitan, kita bakal nyari orang lain untuk dimintai tolong. Atau mungkin malah orang lain yang bakal dengan senang hati menawarkan bantuannya.

Nah, kita jatoh tadi kan bisa karena kondisi lantainya yang emang licin, atau karena kita kurang hati-hati. Kalopun karena lantainya yang licin, mestinya kita bisa merasakan dan jalan dengan hati-hati. Dan ketika minta tolong sama orang lain, kita juga perlu tau orang itu baik atau nolongin karena punya maksud.

Sama kaya hidup. Waktu kita jatoh, kita harus berusaha untuk berdiri lagi karena life must go on. Meski sulit untuk berdiri lagi, tapi aku yakin tiap manusia pasti bisa. Kalo harus cari orang lain untuk dimintai tolong, ya carilah orang yang tepat. Mungkin di sini bisa diartikan sebagai teman curhat. Curhatlah pada orang yang tepat, kalo salah pilih, kamu malah bisa jadi makin down.

Ini juga ada hubungannya sama ujian nasional yang bakal dihadapi siswa-siswi SMP bulan Mei yang akan datang. Kalo pada saat latihan ujian pertama hasilnya kurang memuaskan, ya berjuanglah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di latihan ujian kedua.

Berjuanglah selagi kamu bisa
Bangunlah selagi kamu mampu
Dan raihlah mimpimu!

Nyambung nggak sih sebenernya? Semoga aja nyambung. Soalnya ini tulisan di tengah jadwal uprak yang 'tau-tau udah dateng aja' :( di tengah kesibukan mempersiapkan uprak dengan segala keribetan atau apalah itu.


With Love,
Vina Kanasya

Comments