Just smile and do it

Hai. Maap lama nggak ngepost --" hampir gaada waktu selo. Ya udah, langsung aja, yah.
"Just smile and do it"
"Tersenyumlah dan lakukan saja"
Postingan kali ini (entah bagaimana isinya nanti), berawal dari kebiasaan aku ngamatin temen-temen ku di kelas. Apalagi kalo jam kosong. Saat temen-temen yang lain mulai 'bermigrasi' mencari teman ngobrol, aku malah 'berhibernasi' di tempat duduk dan berbicara seperlunya. Aku lebih suka diem, mengamati sesuatu, atau mengerjakan tugas kalo ada. Suka geli kalo ngamatin temen yang kerjaannya cuma ngeluh dan ngomel-ngomel nggak jelas gitu =)) tapi jadi kesel kalo ngeluhnya itu pas ada guru yang lagi njelasin T.T benci banget sama yang ngacangin gurunya gitu. Gurunya dianggep nggak ada. Ngoceh terus, udah gitu kalo di 'Ssstt' marah. Kalo aku punya keberanian lebih, aku mau kasih saran, "Daripada energimu mbok habisin buat ngeluh, buat marah-marah nggak jelas, mending energimu mbok pake buat ngebersihin kelas. Lebih berguna, bikin orang lain seneng lagi. Atau paling nggak buat mikir. Katanya belom jelas sama materinya, tapi kok pas dijelasin malah ngomong terus? Udah gitu nanti pas ulangan nyalah-nyalahin gurunya gara-gara nggak tuntas :))".

Nah, kalo aku, sak kesel kesele (se sebel-sebelnya) aku sama tugas yang dikasih sama seorang guru, ya tak jalani aja. Dikerjain aja, daripada ngabisin energi buat ngeluh :)) masih berusaha tersenyum. Karena aku merasa, ketika aku tersenyum, ada energi positif yang keluar. Dan energi positif itu secara nggak langsung dan secara nggak sengaja, pasti akan mempengaruhi diri sendiri. Mempengaruhi pribadi itu sendiri.
Hampir tiap pagi aku bangun sambil senyum-senyum. Gimana ndak senyum nek lagu yang tak pake buat alarm lagu-lagu yang punya kenangan indah tersendiri? :)) wakakakakak. Alarm sih jam 4.45, tapi biasanya aku bangun dari tempat tidur dan nyalain lampu itu jam 5 :)) trus nyalain radio. Itu wajib banget buat aku. Jam 5 bangun...nyiapin buku duyu :> mandinya? Jam 5.15, udah ada alarmnya lagi sediri :)) siap habis mandi itu jam 5.20. Aku mandi nggak lama-lama. Ngapain lama-lama di kamar mandi, kalo pagi 'kan Jogja dingin banget, apalagi ini bulan-bulan berakhiran -ber. Iya, ber- brrr kedinginan gitu :)) paling mentok jam 5.30 deh. Jam segitu aku udah siap, tinggal sarapan, gosok gigi, berangkat. Lha adekku? Jam segitu masih bobok~ Vivi paling baru bangun jam 5.45, tapi yang jadi masalah itu....dia gapunya 'sense of urgent'. Masih santai banget T.T kadang, aku udah siap berangkat sama Papa, dia masih sikat gigi. Selain itu, Vivi kalo pake kaos kaki sama sepatu perfeksionis banget. Jadi, waktu 5 menit itu sangat kurang buat pake sepatu. Dan dia selalu ngerasa nggak bersalah banget sama aku --" sak rumah udah teriak-teriak suruh cepet, dan Vivi dengan innocent-nya akan mengatakan, "Bok sabar, tho. Bentar lagi." :)) hiburan sih kalo pagi, apalagi aku sama Vivi hampir tiap pagi adu mulut :D
Dulu aku selalu benci hari Senin, tapi sekarang? Aku sayang banget sama hari Senin <3.
Susah nyadarin temen-temen yang udah kebiasaan ngeluh. Soalnya pada nggak sadar kalo keluhannya mereka itu juga bisa bawa pengaruh negatif buat temen lain. Masalah lainnya lagi, mereka juga kadang protes kalo ada anak lain yang protes. Karma lah, ya. Tapi kok ya....masih belom sadar :| aku belajar banyaaaakk bangeet dari pengalaman ku sendiri. Belajar 'cuek' sama masalah-masalah yang 'kalopun aku tau, nggak ada manfaatnya juga buat aku'. Dan, aku juga belajar dari setiap tagline-nya @swaragamafm. Dari bulan Agustus sampe November ini tagline-nya Swaragama selalu bawa semangat positif buat aku. Tagline-nya selalu luar biasa. I like it <3 aku santai sama hidupku. Aku belajar untuk lebih banyak bersyukur dan tersenyum setiap harinya. Aku ingin membagikan senyum dan semangat positif buat semua orang.
Balek ke topik awal tadi, "Tersenyumlah dan lakukan saja". Maksudku gini, daripada ngeluh, mending senyum. Daripada tugasnya dikesel-keselin, mending diselesein. Iya gak? :))
Aku udah pernah bilang, tulisanku itu persis orangnya: labil. Tadi mbahas apa, sekarang mbahas apa. Oiya, by the way dengan nulis semua bebanku hilang. Jadi legaaaa banget. Thanks, guys! Love you <3

Vina Kanasya

Comments