Kehilangan tidak selalu menyakitkan

Kemarin Rabu (17/6) aku terima rapot. Puji Tuhan banget sama nilainya. Nggak nyangka biologi dapet segitu *masih dibahas*. At least, jadi bisa punya kesempatan buat milih jurusan apa. 9 poin di atas KKM untuk nilai biologi  membuatku menjadi 'Divergent', bisa milih mau ke IPA, IPS,  ataupun Bahasa *abaikan*. Oke, sesuatu yang terjadi di tanggal 17 Juni kemaren membawaku menuliskan ini.


Kenapa 'Kehilangan tidak selalu menyakitkan'? Ini pendapat aku aja sih, aku yang ngalami dan merefleksikannya di sini. Nah, kemaren itu temen-temen sekelasku pada foto bareng. Aku kemaren terima rapot pertama dan memutuskan buat langsung pulang. Ternyata, habis terima rapot pada foto bareng. Dalam hatiku sempat terbersit sedikit penyesalan. Tapi otakku bilang, 'yaudahlah. Udah lewat juga. Mau apa?'. Buat aku, okay, kemaren aku kehilangan momen itu, tapi aku kok nggak sakit hati? 

Itu yang pengen aku curhatin di sini.

Semua manusia di dunia ini pasti pernah lah ya, mengalami kehilangan. Mungkin bahkan ada yang sampe depresi atau stress. Bahkan banyak quotation tentang 'you have to let some people go' di dunia maya. Terkadang, nggak cuma orang yang harus dilepas, tapi juga barang, momen, kenangan, dan lain-lain. Aku kemaren kehilangan momen foto bersama, tapi aku nggak ngerasa kehilangan. Entah kenapa. Mungkin hati ini udah mati rasa. Nggak kerasa sakit yang sampe bikin nangis. Aku juga bingung, kenapa aku nggak sakit hati pas tau kemaren pada fotbar. Mungkin ini yang namanya kehilangan tanpa rasa sakit. Kehilangan yang nggak ngefek ke kita. Sometimes, kalo kita kehilangan uang 100 rupiah aja kaya nggak ada rasanya, ya? Tapi coba kalo nolnya udah ditambahin 4. Pasti sangat kehilangan dan bikin shock juga, apalagi kalo itu uang yang udah ditabung sejak lama. Yang aku rasakan waktu kehilangan momen foto itu ya ibarat kehilangan uang 100 perak. Mati rasa. Nggak ngefek. Uninfluenced lose(?) mungkin hari ini emang nggak kerasa. Coba kalo besok pas udah kelas 12. Nggak tau ya, apa hati ini akan tetep matirasa? Hmm, ada banyak sih sebenernya yang pengen aku curhatin, tapi udahlah. Mungkin bukan jatahnya diceritain sekarang.


Vina Kanasya

Comments