College Life #2

“Everything happens for a reason, and part of that beauty of life is that we’re not allowed to know those reasons for certain.” – Aron Ralston

(it seems the quotes from Aron Ralston would be my favorite quotes all the time, since it’s very related to my life.)


Helaaaawwww

Long time no see. Terakhir nulis awal November. Dan setelah tulisan itu, banyaaakkkk bangetttt kejadian yang bisa aku jadikan pelajaran dan pacuan semangat buat kedepannya. Gak bisa inget semua sih kejadian-kejadian yang terjadi selama rentang waktu tulisan terakhir sampe hari ini, tapi beberapa di antaranya masih bisa aku ingat dengan jelas. Mulai aja ya, tapi nggak bisa urut karena sok lupa wkwkkw.

Well, it feels that I have a new family in PBI. Kalo kemaren masih agak susah move on dari EWD, di tulisan kali ini aku pengen cerita tentang kelasku. A kecil. @ciliktenan.

Sejak kejadian “nggak janjian tapi 19/26 anak ada di Malioboro” rasanya tambah sayang sama mereka. Jadi itu hari Senin, satu-satunya hari bisa pulang jam 11. Dan kita punya final speaking project: hunting foreigners. Jadillah hari itu emang banyak banget kelompok yang mau ke Malioboro buat cari bule. Awalnya aku berangkat sama kelompoknya Fayz, jadi berenam naik Trans Jogja. Setelah makan waktu kurang lebih satu jam, akhirnya kita nyampe di Malioboro. NAH. Pas turun di halte, kita ketemu kelompok lain. Waktu itu jadi ber 12. Udah hampir setengah kelas sendiri. Udah kaya study tour.

Singkat cerita, kita nyebar buat nyari foreigners. Ada yang ke Malioboro Mall, ada yang ke Kraton. Aku termasuk yang ke Kraton waktu itu. Dua temenku udah dapet, dan aku masih belom. Sebenernya udah sih, hasil hunting hari Jumatnya, tapi videonya fail. Nah, aku sama 2 temenku nungguin di Kraton. Aku ada ngincer 1 gitu lah, gatau orang mana, tapi ganteng :)))) tapi gegara nungguin orang yang tak maksud, kita malah jadi kejebak ujan deres banget di Kraton. Dan nggak bisa interview orang yang tak maksud. Okesip. Lesson learned: Kegagalan itu perlu; terkadang nggak semua hal dalam hidup berjalan sesuai dengan yang kita harapkan; nggak semua penantian berakhir manis (ahelah, Vin).

Pas nunggu hujan, biasa lah ya. Buka Instagram, liat story temen-temen. Disitu aku menemukan kalo ada kelompok lain lagi yang lagi hunting. Trus, pas hujannya udah agak reda, aku sama temenku jalan dari Kraton ke Malioboro Mall. Iya, jalan. Wkwkwk.

Pas udah nyampe mall, sempet duduk gitu sama temen-temen yang lain. Trus aku bahas sama temenku, “Eh ini tu hampir sekelas ya? Kurang siapa aja sih?” jadilah aku sama temenku itu ngitung. Hasilnya: ada 7 temen yang nggak ikut. Mengingat hari itu kita bener-bener nggak ada janjian apapun dan berujung dengan 19 anak A kecil ada di Malioboro, aku cuma bisa bilang ‘wow’.


Kiri ke kanan
Baris pertama: Galih, Dhiemas
Baris kedua: Noviantika, Frisca, Rebeca, Ajeng
Baris ketiga: Irin, Esther, Fayz, Olga, Vina, Rinta


Dari kiri ke kanan: Vina, Alvia, Fayz, Rebecca, Rere, Tari


“We are family, connected by the heart.”

Waktu itu pengen sebenernya bisa foto semua, tapi udah kepencar-pencar. Udah sore juga.

Setelah kita semua udah pada capek, kita pulang. ‘kita’ yang tadi datengnya pake Trans Jogja pulangnya juga pake Trans, ketambahan satu temenku juga. Kita ambil rute 2A yang.....ya emang nggak pake transit lagi sih buat nyampe lagi ke kampus.....tapi muter Jogja sampe bener-bener muter wkwkwk. Bahkan nyampe ke daerah yang aku baru tau saat itu. At that time, Monday feels like Saturday. Pas itu kita pulang di jam sibuk. Sumpah bisnya penuuuuhhhhh buangetttt wkwkwk. Dan karena muter Jogja itu, kita semua ngerasain dari bisnya penuh, sampe bisnya sepi, sampe bisnya penuh lagi wkwkwk.

Itu pengalaman yang unforgettable banget. Bertujuh, hari Senin, muterin kota Jogja pake trans. I won’t forget that.

***

Itu cerita pertama. Suasana bahagia selalu dilengkapi yang sedih. Sekarang pengen masuk bagian agak sedih. Karena hidup nggak mungkin seneng terus. Akan tiba saatnya kita merasa jatuh dan dunia sedang menjauh. Here’s the story.

Inti ceritanya sebenernya satu: aku gagal. Ya, sesederhana itu.

Sebenernya aku udah ‘lumayan sembuh’ dan nggak apa-apa, tapi belom seutuhnya pulih, perlu diakui (ketika tulisan ini dibuat, 11 Desember 2017). Beberapa kali kepikiran, but I consider I am strong enough to face this. I am strong because I have to. I keep on reminding myself that ‘I am okay’ and that helps me a lot.

Pertama kali baca kabar ini, aku masih di kampus, nemenin Mama (well, nungguin juga lebih tepatnya). Hanya butuh beberapa detik bagiku untuk sadar kalo itu bukan mimpi. Setelah membaca beberapa kalimat, aku langsung berusaha menyibukkan diri, mengerjakan apapun asal nggak kepikiran. Tapi akhirnya, pertahanan diriku hancur. Pada detik berikutnya, ada ledakan dari dalam diriku yang nggak bisa aku tahan.

Butuh kurang lebih seminggu sampe aku bisa bener-bener ‘baik-baik aja’. Hari-hari pertama setelah denger kabar itu, aku cuma diem sepanjang hari. Bener-bener kayak bukan Vina. Pokoknya beda banget. Nggak banyak omong, nggak banyak nanggepin orang lain. Kemudian aku mulai bersikap normal, tapi tetep aja beda dari Vina yang biasa. Bahkan sampe ada yang bilang kalo aku nggak boleh gini terus, dan kalo aku harus balik jadi Vina yang dulu. Dalam hati cuma gumun, “Sekeliatan itu kah?” oke itu pertanyaan bodoh. Orang-orang yang udah kenal aku banget bakal mengiyakan bahkan sebelum aku selesai bertanya.

But, after I feel down, then I push myself to rise again. I finally did it.

Akhirnya aku bisa bener-bener move on dan let it go. Hidup nggak berhenti disitu. Hidupmu nggak berhenti cuma karena satu batu loncatan yang bikin kamu terjatuh. Dan akhirnya, kembali lagi pada kutipan di atas, bahwa semua hal terjadi karena sebuah alasan. Batu loncatan tadi sempet bikin aku jatoh, but it doesn’t mean I will stop. I will jump higher; I will shine brighter. Kalo dari Insadha kemaren, kita harus terbentur untuk terbentuk.

Hidup nggak melulu tentang keberhasilan dan kebahagiaan. Kegagalan dan isak tangis tetap akan selalu mengikuti langkah kita di dunia ini. Semua itu untuk menyadarkan kita bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Justru kegagalan akan menjadi babak baru kehidupan kita. Welcome to the new level of life, when you realize that every obstacles in your path will make you stronger than before.

***

Udah ah sedih-sedihnya. Sekarang mau cerita lagi tentang kelasku. Ini kejadian belom lama, tepatnya di hari terakhir UAS.

Jadi, di hari sebelumnya temenku, Esther, ngajakin kita buat foto sebelum liburan. Karena ternyata kita nggak punya foto sekelas. Ada sih, waktu UTS speaking. Tapi ya itu doang. Akhirnya aku iyain ajakannya Esther. Yang hari itu sebenrnya aku bisa aja cuma bawa badan sama alat tulis doang, tak niatin bawa kamera sama tripod kecil. Sayangnya, udah diniatin gitu, fotonya ndak full team :”) Frisca kemarennya udah ikut ujian duluan, soalnya pesawat dia di hari terakhir uas jam 10 kalo nggak salah.

Ya udah. Jadinya kita foto sekelas. Dan bikin boomerang manual. Terima kasih Mas Gibran udah menjadikan video manual tersebut jadi beneran boomerang :))) meskipun di foto yang agak akhir Jyesta nggak ikut.


Dari kiri ke kanan kalian
Baris paling atas: Dhiemas, Andre (Mas Gibran), Bram, Galih, Evan, Isidore
Baris kedua: Jyesta, Natasha, Rebecca, Nikola, Fayz, Noviantika, Alvia, Celine, Irine
Baris ketiga: Vina, Rinta, Esther, Tari, Rere, Olga
Baris keempat: Desi, Monic, Adven, Ajeng


Kami segenap keluarga besar A cilik PBI 2017 [keluarga besar tapi kecil? ((: ] mengucapkan selamat berlibur dan sampai bertemu di semester genap <3



Meet my new family, ciliktenan.

Kenapa namanya ciliktenan?

Itu nama akun Instagram kelas kita yang dipake buat ngupload tugas speaking, yang buat ketua kelas kita, Adven. Di foto terakhir dia yang lagi jongkok di paling depan :)))) by the way, ciliktenan awalnya cuma perkumpulan orang-orang yang nggak saling kenal, tapi sekarang kami udah bertransformasi menjadi sebuah keluarga.

Satu kelas harusnya ber-28. Tapi satu orang nggak dateng sejak KRS dan BRS. Yang satunya, temen kita, berhenti di tengah jalan. Menyisakan kami ber-26. Jadilah kami. Dari 26 orang, cowoknya cuma 7. Buat aku yang baru keluar dari Stero, rasanya jadi sama aja :)))) wkwkwk. 

Di tulisan ini sekalian mau billang makasih buat temen-temen ciliktenan.

Terima kasih buat satu semesternya, canda tawanya, ngumpul-ngumpulnya, infonya satu sama lain, pokoknya semuanya. Seneng banget punya kalian semua. Satu semester udah lewat, dan kita akan lewatin 7 semester lainnya bareng-bareng ya. Sampe nanti kita semua dapet gelar S.Pd. Aku tau nulis gampang, tapi ini harapanku buat kita semua. Semoga apa yang tertulis di sini bakal terwujud jadi kenyataan. Kata pepatah Latin, scripta manent, verba volant—yang terucap akan hilang, yang tertulis akan abadi. That’s why I write.

Pokoknya jangan ada yang pindah kelas. Titik. Makasih ketawanya tiap kelas speaking, guyonannya tiap tutor pronunciation bareng Kak Dhia, pokoknya semua. Aku juga tau ini baru semester satu, tapi makasih banget pokoknya udah mewarnai semester satuku dengan luar biasa keren :)))) makasih sudah kompak menyayangi lab MM 1 satu sama lain. Makasih, Dhiemas, Bram, Andre (Mas Gibran), Fayz, Jyesta, Frisca, Ajeng, Rinta, Alvia, Irine, Evan, Olga, Noviantika, Rebecca, Monic, Rere, Nikola, Celine, Desi, Tasha, Esther, Galih, Tari, Adven, dan Isidore.

Sekalian mau bilang terima kasih untuk satu orang lagi. Terima kasih untuk kak Dhia, tutor kesayangan 001-012. Terima kasih banyak sudah sabar menghadapi kami anak-anak yang cerewet. Sudah sabar mendampingi kami belajar pronunciation satu semester kemaren, terima kasih sharing-sharingnya di sela tutor. Layfa kak <3

Teruntuk untuk Fayz, Frisca, Ajeng, dan Rinta yang selalu ada di kala senang dan susah, selalu mendekat kala dunia menjauh. Terima kasih udah semangatin aku waktu aku gagal, terima kasih udah jadi temen ngobrol waktu jeda kuliah, terima kasih udah jadi temen cerita Vina, temen makan Vina, temen ke workstation, temen cenglu, dll. Terima kasih udah nemenin Vina di banyak kesempatan. Thank you <3

***

Kayaknya itu dulu deh yaaa

Biasa di akhir tahun, aku akan bikin kilas balik setahun ke belakang. Semoga terwujud :)))



Cheers,

Vina Kanasya

Yogyakarta, 21 Desember 2017
20:54

-btw, seperti biasa, bikin tulisan tanggal berapa, kelarnya tanggal berapa, baru di post tanggal berapa. Jadi mohon dimaafkan perbedaan bahasanya ya :))))-

Comments