Selangkah Lagi Menuju Perpisahan

Selamat datang, Maret!

Hola!

Februari telah usai, dan kini saatnya menjalani bulan Maret. Tahun lalu, nggak ada hal yang perlu ditakuti ketika Maret tiba. Tapi tahun ini, berbagai macam ketakutan dan kekhawatiran menghiasi bulan Maret. Waktu udah mepet banget, dan ujian akan segera tiba. Maret sepertinya akan seperti Februari, berjalan secepat kilat.  Di tulisanku sebelumnya, aku nulis:

“Nggak kerasa, Februari udah jalan 11 hari (dan tulisan ini masih belom juga selesai sejak pertama kali dibuat dari tanggal 3 kemaren), bukan baru jalan 11 hari. Kenapa udah jalan? Karena, tanpa terasa, hari demi hari berlalu, sampe akhirnya tibalah waktunya pelaksanaan UNBK. Heu.”


US,USBN, dan UNBK?!

Rangkaian hambatan RLC yang bersifat induktif ujian sudah menunggu tanggal di 15 Maret (US-USBN) dan 13 April (UNBK). Satu hal yang bikin kesel adalah, pelaksanaan USBN dan US yang dituker. Jadi, kemaren awal-awal jadwalnya dibagi itu, kita USBN dulu, baru US. Nah, dengan jadwal itu, rangkaian USBN sama US itu mulai tanggal 20. Etapi, entah dinas pendidikan kota itu mikir apaan, tercipta kesepakatan kalo US itu akan diadakan lebih dulu dari USBN. Alhasil, yang semula harusnya mulai tanggal 20 Maret, jadi maju ke tanggal 15 Maret.

Apa bedanya US sama USBN?

Jadi, USBN itu hasil keputusan menteri pendidikan yang baru, kalo ujian sekolahnya dibikin berstandar nasional, jadi yang buat soal dari daerah, trus ‘dititipin’ sekian persen soal dari pusat. Ada 6 mapel yang diujian di USBN, yaitu 3 mapel ciri khas program, dan Agama, Sejarah, sama PKN. Sementara kalo US itu, mapel-mapel yang nggak di-USBN-kan, termasuk Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, sama Matematika, ditambah mapel kaya Bahasa Jerman, Bahasa Jawa, dan teman-teman sebangsanya (mapel yang nggak masuk USBN).

Kembali ke ceritanya

Nah, sekarang waktunya udah bener-bener nggak ada, semua orang mulai panik karena banyak materi yang sebenernya belom siap, dan ini ngaruh banget ke mental aku. Aku yang biasanya sepulang sekolah masih bisa ngerjain tugas, sekarang akan langsung terkapar begitu sampe rumah. Rasanya bener-bener jenuh, capek, dan pengen cepet-cepet menyelesaikan ini. Rasanya, waktu aku SMP persiapan ujian nggak se-hectic ini. Mungkin juga karena kan ujian SMP itu bulan Mei, bukan April.

Sebenernya, ide awal tulisan ini adalah ketika ngobrol sama adek kelas. Mereka bilang kalo mereka bakal segera UTS, dan akan punya libur minimal seminggu karena kakak kelasnya ujian. Which is, artinya semakin dekat lagi menuju ujian nasional, dan artinya semakin dekat juga dengan yang namanya........perpisahan.

Tulisan kali ini, aku dedikasikan spesial buat temen-temen XII IPA 1. Hope you guys will like it.

***

Awalnya, nggak pernah menduga kalo XII IPA 1 bakal sekompak sekarang. Nggak pernah menduga kalo bakal sayang banget sama 31 cewek kuat dan hebat di kelas ini (harusnya 32, tapi absen 30-nya, Rosa, ada di Jepang). Dan sekarang, jujur, rasanya berat banget mau pisah dari mereka. Rasanya nggak rela meninggalkan semua memori itu di belakang.

Akhir-akhir ini aku ngerasa kalo suasana di kelas itu cair banget. Bercandaannya lebih lepas ketimbang dulu. Bahkan, kayaknya semua hal bisa aja dijadiin bahan bercanda. Kalo kemaren-kemaren kan kaya masih jaim, kaya masih ada yang ditahan. Tapi sekarang, rasanya bener-bener lepas. Bener-bener tambah sayang! Meskipun ‘kelompok-kelompok’ itu tetep ada dan nggak akan pernah bisa terhindari, tapi seenggaknya ada sekat yang menghilang di antara kita, dan mencairkan suasana.

Nggak ngerti lagi, rasanya sayang banget sama kelas ini :”) sekarang di kelas udah nggak ada ‘aku’ atau ‘kamu’, tapi ‘kita’. Semua yang dilakukan itu buat kelas, seolah ego pribadi itu udah menghilang. Hampir semua urusan sekarang dikerjain buat kelas, bukan buat individu lagi. Satu orang punya soal, yang lain juga harus punya. Satu orang punya info penting, harus segera dikasih tau ke yang lain. Satu orang nyapa di grup kelas, yang lain nanggepin. Rasa sayang dan nggak mau kehilangan itu muncul dari hal-hal kecil, seperti respon di grup kelas, atau diskusi tentang hal-hal lainnya. As simple as that...

Banyak hal yang kami lakukan diwarnai penuh canda tawa. Misalnya, kemaren waktu ibadat renungan APP (terakhir di SMA). Selesai ibadat, temen-temen dari kelompok 1 muter lagu-lagu sekolah minggu, dan kita seru-seruan bareng. Nyanyi keras-keras, ketawa bareng-bareng. Pokoknya gokil, gemes, nggak bisa digambarkan dengan kata-kata. Ibadat kemaren Jumat jadi sangat menyenangkan. Di satu sisi, aku seneng banget kemaren, tapi.......... di sisi yang lain, rasanya nggak mau saat-saat kaya gitu terlewati begitu aja, begitu cepat. Aku juga sempet nulis:

“Berapa hari ini kalo lagi bercandaan di kelas, aku suka tiba-tiba diem gitu. Nggak pengen momen kaya gitu terlewati dengan cepat. Kalo kita lagi bercandaan, lagi ketawa bareng-bareng gitu, rasanya waktu cepet banget berlalunya. Beda kalo misalnya kita lagi nungguin bel istirahat atau bel pulang, rasanya tu kaya lamaaa banget. Sekarang kalo udah bel pulang, atau udah jam 4 selesai tambahan, aku jadi mikir: satu hari lagi terlewati. Tinggal berapa hari bisa kaya gini? *kemudian mewek*”

Sekarang rasanya semua jadi cepet banget. Bahkan pelajaran fisika yang biasanya bisa kerasa kaya berjam-jam, sekarang kaya cuma beberapa menit. Selama 2 jam pelajaran, cuma ada 7-10 soal latihan yang bisa terbahas. Gitu terus sampe Patung Liberty jalan-jalan ke Jogja berminggu-minggu. Alhasil, lebih banyak soal yang jadinya nggak kebahas. (hmm maafkan strikethrough-nya, in a good mood to use that.)

Beneran deh, aku nggak ngerti lagi. Sekarang rasanya sayaaaaanggggg bangetttt sama temen-temen XII IPA 1. Klop, kompak, asyique, gokil, pecah, menyenangkan, dan berbagai jenis kata sifat lain yang konotasinya positif.  Bakal kangen banget ramenya, rusuhnya, kompaknya, bercandaannya, ceplas-ceplosnya, konfliknya, gilanya, lucunya, semuanya!

Masih inget nggak, waktu kita nyiapin pameran yang awalnya nggak jelas, sampe mancing-mancing emosi itu? Justru waktu udah mepet itu, kita jadi niat banget mempersiapkan segalanya. Mulai dari yang mudah sampe susah. Mulai dari diskusi tanpa hasil, sampe dekorasi yang dikerjain super niat di H-1 acara. Ketika kita mendekorasi sampe kurang lebih jam 7 malem. Waktu sekolah udah bener-bener sepi, dan nggak ada orang lain lagi selain kita, yang masih ditungguin Pak Rahmat, Pak Mikael, Pak Ncus, dan abang satpam (di satu sisi, hal itu mengingatkan aku sama persiapan lomba drama, Mei 2016).

Waktu itu, kita menghabiskan lebih banyak waktu di sekolah dari pada anak-anak lain. Di mana ketika banyak anak kelas lain yang udah pada pulang, kita masih di sekolah, masih mikir gimana caranya mendirikan ‘istana’ Disney Zayn. Masih mikir gimana caranya supaya dekorasi kita bakal awet sampe besoknya. Ide-ide cemerlang  itu justru tercetus di menit-menit terakhir persiapan. Aku masih inget gimana kita mendekorasi itu di tengah hujan badai. Mulai dari langitnya cuma mendung, trus hujan angin yang deres BANGET, dan sampe  hujannya reda. Tetes air hujan yang jadi saksi bisu perjuangan kita....

Ada juga kesalahpahaman yang sempat terjadi dan bikin kita kesel banget. Salah paham sama anak kelas lain, bahkan sama penjual geprek. Huft. Sebenernya, kangen nggak sih?

Hari itu, aku sadar akan makna kebersamaan dan pengorbanan yang sejati. Hari itu, aku juga tahu, kalo pameran (yang pertama dan terakhir itu) akan jadi salah satu memori terindah bersama kalian.



Tadinya aku pikir pameran itu sebelum drama PKT, ternyata malah seminggu setelah drama. Well, here’s the story about the drama, that was held a week right before the expo. I supposed to write about this before the expo, but, nevermind. Here we go.

Jadi, waktu itu dikasih tugas PKT sama Pak Icok, wali kelas XII IPA 1. Tugasnya itu, cuma satu kalimat sih. Tapi ngerjainnya butuh waktu lama. Tugasnya itu, disuruh buat drama, tentang rasa syukur. Dan di sini terjadi kesalahpahaman. Kelas-kelas lain itu, ngerjain dramanya satu kelas. Tapi kelas kita malah jadi dibagi 3 kelompok sama Pak Icok. Awalnya memang ngira 3 kelompok ini bakal tampil di depan kelas. Kenyataannya, kita akan tampil di depan angkatan.

Pokoknya, singkat cerita, waktu itu jam PKT, satu angkatan disuruh ke aula, ternyata buat nonton penampilan drama itu. Ganti-gantian dari kelas IPS. Dan waktu itu, kayaknya kelas kita yang paling nggak siap. Tapi, untungnya kelasku jadi kelas yang terakhir maju.

Awalnya lagi, ketika tau kalo itu perwakilan kelas, kita malah mikir kalo yang akan tampil itu kelompok 1 dari kelasku. Tapi, ada instruksi dari Pak Icok, supaya tampilnya sekelas. Alhasil, kita sekelas maju drama, tapi pake jalan cerita punya kelompok 1. FYI guys, kita cuma latihan SEKALI. Padahal, ngeliat kelas kita ada di urutan terakhir, seharusnya kita punya waktu latihan lebih banyak dari kelas lain.

Di hari H penampilan, semua terjadi begitu cepat. Rasanya 2 jam pelajaran itu bener-bener punya XII IPA 1. Meskipun sebenernya ada beberapa kali crash, salah masuk, dan hal-hal lain yang berantakan, tapi puas banget rasanya. Bisa tampil sekelas, dan menghibur banyak orang. Selesai tampil, kita ngumpul buat foto bareng. Sayangnya, kurang 1 personil :”)

“If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together.” – African Proverb

Difoto oleh: @kefazebua

Kenangan lainnya adalah Carollus Day! sebagai Carollus Day terakhir, kita pengen seru-seruan total, ikut lomba, yang penting serunya. Entah akan menang atau kalah. Waktu lomba vocal group, di mana ketentuannya itu yang maju kurang lebih 10 orang, kita malah maju sekelas, menyanyikan lagu Santo Carollus. Harusnya nyanyi 2 bait aja, tapi kita nyanyi 3 bait.

P.s: nggak ada akunya karena.....aku yang motret

***

Aku sebenernya selalu bingung, kemana arah tulisan yang aku buat. Selama ini, semua hal yang mau aku tulis selalu mengalir dengan sendirinya. Sama seperti tulisan ini. Nggak tau kalo tulisan ini akan jadi seperti yang teman-teman baca sekarang. Dan ketika sampai di paragraf ini, aku baru tau muara tulisan ini.

Tulisan ini adalah salah satu wujud ungkapan syukur dan terima kasihku buat teman-teman XII IPA 1.

Terima kasih untuk semua suka duka sampai ketika tulisan ini dibuat, Nike. Aku tau ini masih bulan Maret, dan pengumuman kelulusan kita itu bulan Mei. Aku tau kalo besok itu TPHBS tapi aku malah buat tulisan ini, karena kalo nggak ditulis, ganjel rasanya. Aku akan sangat merindukan kalian, 31 cewek hebat nan unik, juga spesial kaya nasi goreng. Terima kasih untuk kesempatan bertumbuh dan berdinamika bersama kalian selama kurang lebih 7 bulan ini (dan akan segera menjadi 8 lebih sedikit). Terima kasih untuk semua pembelajaran yang telah kalian berikan. I’ll see you at the top.


With love,

Vina Kanasya

Yogyakarta, 5 Maret 2017
20:08

Comments

  1. Leh uga mana kok gak ada aku jd carlo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya mau aku kasih foto itu, tapi takut kamu marah ngel wkwk

      Delete
  2. Mutiara dari mataku bercucuran bacanya

    ReplyDelete
  3. Syedihh������, Vina kalau nulis jangan pake hati atau perasaan yah, Sedih tau bacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalo nulis pake tangan sama laptop kok Dah :))

      Delete

Post a Comment