Ujian Praktek dan Waktu yang Tersisa

Biasanya, kalo habis ulang tahun, aku akan buat tulisan yang isinya ucapan temen-temen semua. Entah dari Twitter, IG, Facebook, atau dari mana pun itu. Tahun ini, berhubung udah ngerti ‘mana yang perlu mana yang nggak’, di tulisan kali ini aku pengen berbagi banyak cerita, mulai dari cerita tentang ulang tahun kemaren dan cerita-cerita lainnya seputar tentang ujian.

Well, kalo tahun lalu praktek kerja lapangan-semi live in yang jadi kado, tahun ini nggak kalah istimewanya. Kado 18 tahunku dari sekolah adalah: ujian praktek IPA. Tepat di tanggal 2 Februari 2017 lalu, ketika usiaku bertambah, sekolah sedang mengadakan ujian praktek khusus mata pelajaran IPA: Fisika, Kimia, dan Biologi.


Sebenernya sempet kesel, tapi akhirnya uprak IPA itu aku maknai sebagai kado dari sekolah. Mungkin karena sekolah sayang sama aku, sampe ngasih kado 2 tahun berturut-turut gitu wkwkwk. Dimaknai sebagai kado, biar bisa dijalani dengan hati. Seharusnya uprak dilaksanakan tanggal 9-10, bukan 2-3. Kalo kata temenku, “Sadis, Vin!”. Tapi aku pribadi bener-bener merasakan ujian kemaren adalah hadiah yang luar biasa. Hadiah dari Tuhan.

Di Stero ada 2 kelas IPA, yang satu isinya 32, yang satu isinya 34. Satu kelas dibagi jadi 3 kelompok besar yang isinya kurang lebih 11 anak. Trus, udah ada jadwalnya gitu. Kelompok 1A, isinya anak-anak absen 1-11 dari kelas IPA 1, kalo 1B berarti absen 1-11 dari kelas IPA 2, begitu seterusnya. Kalo anak 1A lagi ujian praktek kimia, anak 1B dikasih soal ujian tertulis. Sebagai anak 1A, aku dapet jadwal di hari pertama itu ujian praktek sama tertulis kimia, sama ujian praktek fisika. Dan di hari keduanya, ada ujian tertulis fisika sama ujian praktek-tertulis biologi.

Tiap mapel ada bahan ujiannya sendiri. Misalnya kimia, ada titrasi, laju reaksi, indikator asam basa, sama larutan elektrolit. Buat nentuin bakal dapet materi apa yang dipraktekkan, pake undian. Undiannya cuma beberapa menit sebelum praktek, jadi harus siap mental akan dapet apa aja. FYI, kalo kimia ada 4 materi dan biologi 6, lain halnya sama fisika. Nggak main-main, 11 materi! Artinya semua anak yang lagi praktek fisika akan dapet materi yang beda semua.

Jujur aja, beberapa hari, bahkan beberapa jam menjelang ujian praktek, aku malah glundungan di kasur, selimutan, dengerin lagu, baca buku, dan tidur. Intinya, aku sama sekali nggak nyiapin uprak. Mungkin males sama pasrah emang beda tipis. Jadi, ya gitu deh. Aku tau kok kalo dihari pertama uprak, aku dihadapkan pada 2 ujian praktek: kimia sama fisika. Tapi, sepertinya karena aku memang sudah memasrahkan diri, jadi, emang bener-bener pasrah.

Pagi-pagi tanggal 2 Februari, anak-anak kelas lagi pada ngafalin dasar teori sama rumus-rumus gitu. Sementara aku, antara pengen ngafalin, tapi nggak ada niat dan tekad. Sampe akhirnya, waktu menunjukkan pukul setengah delapan pagi. Ujian praktek akan segera dimulai. Pake jas lab, bawa alat tulis, jalan ke lab kimia. Sebenernya, dalam hati bingung juga kenapa aku nggak deg-degan. Dari 4 materi kimia yang diujikan, sebenernya aku paling bisa cuma bisa laju reaksi. Kalo indikator asam basa sama elektrolit itu cukup rumit, tapi nggak sesulit titrasi. Waktu ngambil undiannya, udah harap-harap cemas. Takut banget kalo nanti dapet titrasi (nurutku itu yang paling susah).

*selesai penjelasan tentang mekanisme ujiannya* *disuruh ambil nomor undian*

Saat ngambil nomor undian itulah aku bener-bener ngerasain kalo Tuhan selalu sayang sama umatNya, dan uprak kemaren sungguh merupakan hadiah dari Tuhan.

Udah ambil nomor undian nih, trus ku buka.

Nomor 11.

Aku langsung menghitung dengan cepat, menebak-nebak aku akan dapet materi apa. Dalam hati masih berharap banget jangan sampe dapet titrasi.

“Nomor 11 di mana, Pak?” tanyaku ke Pak Markus.

Pak Markus menunjuk meja yang ada di sebelah kanan beliau. Mataku tertuju ke meja yang ditunjuk Pak Markus. Di meja itu, cuma ada rak tabung reaksi dan sebuah baki berisi peralatannya. Saat itu aku langsung tau materi apa yang aku dapatkan. Laju reaksi!

Sumpah, masih nggak nyangka. Perasaannya campur aduk, antara bahagia, kaget, dan bersyukur banget. I got what I want, and it made my day! Aku tau harus melakukan apa aja, dan tau harus nulis apa di laporannya. Intinya, percobaan laju reaksi pagi itu berjalan lancar. Aku keluar dari lab kimia dengan senyum lebar banget.

Habis anak-anak 1A praktek, gantian anak-anak 1B yang praktek, gantian anak-anak 1A yang ngerjain soal sebagai ujian tertulis. Ngerjainnya boleh browsing, jadi nggak ada masalah sebenernya. Yang bikin agak males itu karena banyak banget yang harus ditulis, sampe 3 halaman folio sendiri coba.......

Ada jeda setengah jam sebelum ke jadwal ujian berikutnya: ujian praktek fisika. Itu bikin deg-degan banget, beneran! Bayangin, ada 11 materi yang harus dipelajari, dan nanti cuma ada 1 yang akan dikerjain, berdasarkan nomor undian yang diambil. Sedih nggak sih :”) kebalikan dari kimia, di mana aku cuma menghindari titrasi, kalo di fisika aku menghindari hampir semuanya, cuma berharap nomor undian yang aku dapet itu kalo nggak alat ukur, archimedes, atau materi lain yang paling nggak aku masih bisa dikit-dikit.

Seperti yang sudah aku tulis di depan tadi, aku hampir nggak nyiapin ujian praktek. Ya cuma baca sekilas-sekilas gitu, karena udah pasrah. Di fisika ini, aku lebih pasrah daripada kimia. Karena lebih banyak hal yang aku nggak tau :”) kalo ditanya rumus itu dari mana, kuadratnya dari maka, atau akarnya dari mana, mungkin akan ku jawab: emang udah dari sananya, mungkin emang takdirnya gitu. Kalo udah takdir mah bisa apa :”) *lah*

Waktu ngambil undian ujian praktek fisika.

Nomor 10.

Aku masih di luar lab fisika, masih belom dapet kepastian bakal ujian apa. Temen-temen mulai masuk ke lab. Aku langsung nyari meja nomor urut 10, dan masih berdoa dalam hati, jangan sampe dapet Biot-Savart, GLBB, Faraday, atau materi lain yang aku nggak bisa. Ya Tuhan, pengen banget dapet materi yang minimal aku bisa ngerangkainya deh, paling nggak nggak diem aja, begitu doaku dalam hati.

Akhirnya, aku menemukan meja nomor 10 (agak alay gitu nulisnya, ala-ala cerpen). Dari perlengkapan yang ada di meja, aku langsung tau materi apa yang aku dapatkan. Hukum Melde! Yang tujuannya ngitung kecepatan gelombang transversal. Alatnya ada power supply, ticker timer, katrol, tali, beban, kabel penghubung, sama penggaris.

Termasuk materi yang cukup mudah sebernya. Kenapa aku bisa bilang gitu? Soalnya Melde ini baru dipelajari pas semester 1 kemaren, dan udah pernah praktek juga. Setelah ngerjain soal tertulis, aku baru mulai ngerangkai. Melde ini hambatannya cuma satu, waktu ticker timernya nggak mau gerak. Itu udah deg-degan banget. Ini kalo sampe setengah jam masih nggak mau nyala gimana, batinku. Padahal ticker timer itu ‘jantung’nya percobaan ini.

Setelah menyia-nyiakan kurang lebih 10 menit buat ngotak-ngatik power supply, kabel, sama ticker timer yang tetep nggak mau nyala, akhirnya aku putusin buat minta tolong sama bapak laboran. Dan seperti yang sudah sangat sering terjadi: di tangan siswi, alat itu nggak mau nyala, tapi di tangan bapak laboran/bapak guru fisikanya, hanya dalam hitungan detik, alatnya mau nyala :))))

Setelah ticker timernya nyala, aku langsung ngambil data buat dianalisa. Sekedar informasi, percobaan Melde sama GLBB sepertinya merupakan percobaan paling berisik, karena cuma kita yang pake ticker timer :))) Lima belas menit kemudian, aku udah selesai ambil data. Angka-angkanya langsung aku pindah ke lembar jawab.

Tapi trus tiba-tiba, aku inget kalo aku nggak tau massa tali yang kupake. Massa itu dipake di rumus. Berhubung di lab nggak ada bapak gurunya, aku mengambil kesempatan dalam kesempitan untuk jalan ke tempat temenku yang dapet materi gerak melingkar, Risa. Di tempat Risa ada timbangan, dan aku butuh untuk tau massa talinya. Nggak sampe satu menit, aku udah balik ke tempat duduk, dan mulai ngitung hal-hal yang perlu dihitung.

Lima menit berikutnya, aku udah nggak tau lagi apa yang harus aku tulis, karena aku udah selesai nganalisa data, sama menjawab beberapa pertanyaan di bawahnya. Alhasil.....aku bengong. Sampe sekitar 10 menit kemudian, bapak guru fisika masuk ke lab. Sebelum mulai uprak, beliau udah bilang kalo nanti akan ada tanya jawab sebagai ujian lisan. Ngeliat aku yang udah bengong dan nganggur, kayaknya beliau langsung tau kalo aku udah selesai. Jadi, nggak ada alasan lain bagi beliau buat nggak nguji aku.

Beliau narik kursi, dan duduk di seberang mejaku. Beberapa pertanyaan dilontarkan beliau, dan aku berusaha menjawab sesuai dengan apa yang aku tau. Dua pertanyaan terjawab. Sampe tiba-tiba beliau tanya sama aku:

“Dari percobaanmu ini, bisa nggak dicari frekuensinya? Lalu, apa ada hubungan antara massa tali yang digunakan dengan frekuensi yang tercipta?”

Anjay. Tadinya mau jawab “hubungannya baik-baik saja” tapi itu bukan saatnya bercanda. Aku langsung muter otak, berusaha mengingat rumus frekuensi, dan mengaitkannya sama massa tali. Sebuah jawaban mengalir begitu aja, dan beliau cuma menganggukkan kepala.

“Udah, itu aja. Kalo mau keluar boleh,” ujar beliau.
“Makasih, Pak.”

Habis itu, aku ngebongkar rangkaian yang tadi aku buat, dan ninggalin lembar soal di meja. Keluar dari lab itu rasanya legaaaa bangetttt. Ujian praktek hari itu akhirnya kelaaaarrr.

***

3 Februari 2017, ujian praktek hari kedua

Hanya tinggal 1 ujian praktek dan 2 ujian tulis yang harus dilewati. Jam pertama di hari kedua, anak-anak 1A dapet jatah ujian tertulis fisika, nanti di jam keduanya baru praktek biologi. Ujian praktek biologi ini tingkat kesulitannya ada ditengah-tengah antara fisika sama kimia. Yang bikin susah itu sebenernya soal tertulis yang harus dikerjain sebagai bagian dari laporan praktikum. Sisanya, tentang gimana sabarnya aja menemukan apa yang harus dicari pake mikroskop.

Di biologi ini ada 6 materi yang diujikan. Yang 5 pengamatan dengan mikroskop, yang satunya uji kandungan makanan. Di antara semua itu, yang paling gampang nurutku uji kandungan makanan. Soalnya nggak usah ribet-ribet ngiris bawang, atau nyariin jamur tempe untuk dijadiin preparat. Meskipun kalo uji kandungan makanan itu harus rela tangannya kotor gegara ngulek pisang, tempe, roti, sama mentega. At least nggak perlu keahlian khusus buat melakukan itu, ketimbang ngiris bawang dan nggambar hasil pengamatan preparat. Ditambah lagi aku sama sekali nggak punya bakat gambar.

Nggak tau kenapa, dari 3 mapel IPA, paling susah sayang sama biologi. Hafalan sama gambarnya banyak banget. Meskipun semua LKS praktek biologi dilengkapi dengan dasar teori, tetep ada pertanyaan yang mengandalkan ingatan, seperti: sebutkan 4 kelas jamur beserta perbedaannya. Hal kaya gitu kan ngerjainnya nggak bisa dinalar, nggak bisa pake hati...... hal itulah yang bikin aku berharap banget bakal dapet uji kandungan makanan, soalnya cuma itu yang nggak pake gambar, dan nggak ada pertanyaan aneh-anehnya.

Singkat cerita, waktunya ambil undian praktek biologi. Takut banget kalo sampe dapet jamur tempe atau jaringan tumbuhan atau sel bawang merah atau materi lain yang pake mikroskop. Aku nggak siap untuk dapet materi itu. Aku nggak belajar sama sekali, nggak ada nama-nama kelas jamur di otak.

Undian sudah ditangan.

Di kertas berukuran 6 x 2.5 cm itu terbaca:

Uji kandungan makanan.

Aku diem, trus senyum lebar banget. Another gift from God. Sumpah rasanya seneng banget nggak karuan. Dari ujian di hari pertama, sampe di hari kedua aku dikasih kemudahan sama Tuhan. Bisa dapet materi uprak kimia, fisika, sama biologi yang aku pengenin itu adalah hadiah yang luar biasa. Siapa sih yang nggak bersyukur bisa dapet kemudahan seperti itu?

It made me feel so blessed.

***

Selesai uprak IPA, seenggaknya bisa bernafas sedikit lega, satu rintangan telah terlewati. Meskipun habis itu, jadwal try out, TBHBS, USBN, US, dan UNBK sudah berjajar rapi di kalender bulan Februari, Maret, dan April.

Bicara tentang ujian, kalender akademik yang baru kemaren keluar bersama dengan jadwal-jadwal latihan ujian. Nggak kerasa, Februari udah jalan 11 hari (dan tulisan ini masih belom juga selesai sejak pertama kali dibuat dari tanggal 3 kemaren), bukan baru jalan 11 hari. Kenapa udah jalan? Karena, tanpa terasa, hari demi hari berlalu, sampe akhirnya tibalah waktunya pelaksanaan UNBK. Heu.

Di kalender akademik yang barusan direvisi, pelaksaan UNBK itu tanggal 10-13 April. Padahal, tanggal 13 April itu harusnya udah libur paskah. Makanya di kalender akademik ada keterangan: 13 April kelas XII masih UN. Jleb nggak sih? Habis UN, bakal libur, trus tanggal 2 Mei 2017 masuk sekolah, pengumuman kelulusan. Tanggal 10nya perpisahan. Dan tanggal 13nya wisuda! How the time flies so fast.

Kalo inget-inget jaman SMP, 3 tahun yang lalu, rasanya persiapan ujian nasional nggak semepet ini. Rasanya materi ujian juga nggak sesulit ini, dan beban yang harus ditanggung nggak seberat ini. Dari dulu, saat terbaik bersama temen-temen sekelas justru terjadi di tahun terakhir kami bersama. Gimana nggak berat, makin ke sini, kita malah tambah kompak, tambah akrab satu sama lain, dan tambah sayang! Rasanya jadi nggak pengen cepet-cepet lulus, karena masih pengen habisin waktu sama mereka.

Berapa hari ini kalo lagi bercandaan di kelas, aku suka tiba-tiba diem gitu. Nggak pengen momen kaya gitu terlewati dengan cepat. Kalo kita lagi bercandaan, lagi ketawa bareng-bareng gitu, rasanya waktu cepet banget berlalunya. Beda kalo misalnya kita lagi nungguin bel istirahat atau bel pulang, rasanya tu kaya lamaaa banget. Sekarang kalo udah bel pulang, atau udah jam 4 selesai tambahan, aku jadi mikir: satu hari lagi terlewati. Tinggal berapa hari bisa kaya gini? *kemudian mewek*

Terkadang, pengen banget rasanya ngulang waktu. Karena baru sekarang sadar, betapa berartinya waktu-waktu yang telah terlewati dan nggak akan terulang lagi.

“Bukankah itu merupakan kesalahan yang selalu terulang oleh setiap manusia? Menyia-nyiakan waktu dan kesempatan, meski tau di akhir nanti semua itu akan dirindukan.” – vin

Kalimat itu barusan aja terlintas di otak. Sebenernya dari tadi udah pengen menyudahi tulisan ini, sebelum jadi tambah panjang lagi curhatnya. Tapi setelah dipikir-pikir, masih ada beberapa kegundahan yang pengen aku tulis di sini.

“Dear my friend, you’re the joy in my life
Your smile has brighten up my day
Dear my friend, you got me through the lonely times
You’re lighten up my way.” – HiVi!, Dear Friend

Kalo udah terbawa perasaan gini, lagunya HiVi! yang “Dear Friend” ini enak banget didengerin. Nggak keitung udah berapa kali muter lagu ini. Adem dan nenangin banget. Liriknya sederhana, tapi sangat bermakna. Aku beneran ngerasain makna dari lagu itu. Lagu “Dear Friend” juga selalu berhasil bikin aku ngerasa bersyukur banget punya banyak temen yang luar biasa. Terutama temen-temen di kelas XII IPA, yang makin hari makin kompak buat menghadapi ujian. I love you, guys! Ich liebe dich <3

Selain mereka, masih ada sahabat-sahabat, yang sekarang udah kaya keluarga banget buat aku. Aku senengg banget bisa kenal mereka. Nggak bisa disebutin satu-satu, daripada ada yang kelupaan. Aku akan buat tulisan yang khusus buat mereka, dan semoga nggak akan ada yang kelupaan, karena semuanya spesial banget buat aku.

Masih banyak sebenernya hal-hal yang pengen aku sampaikan, tapi, dari pada tulisan ini makin panjang dan makin nggak jelas, mungkin akan aku lanjutin di tulisan berikutnya. See ya!


Cheers,

Vina Kanasya

Comments