Fotografer Amatir

amatir/ama·tir/ n kegiatan yang dilakukan atas dasar kesenangan dan bukan untuk memperoleh nafkah

Ide ini udah lama banget nyangkut di otak, tapi belom ada waktu yang pas untuk nulis. Jadi baru sekarang jadi tulisan.

Sebenernya aku baru tau arti kata amatir belom lama. Tepatnya waktu tes potensi akademik minggu lalu, pas tes verba ke-3 kalo nggak salah. Disitu ada 50 kata dan 50 definisi, dan kita harus nyocokin itu. Jadi karena itu baru tau kalo amatir artinya kegiatan yang dilakukan atas dasar kesenangan. Tapi kalo menganggap diri sebagai fotografer amatir udah agak lama sih. Waktu itu ngiranya, amatiran artinya melakukan cuma asal melakukan aja, tapi nggak punya keahlian khusus. Dan definisi tentang amatir baru terbenahi pas ikut tes potensi akademik minggu lalu.

Entah kenapa, akhir-akhir ini aku menyebut diriku sebagai seorang fotografer amatir. Sebenernya udah lama tertarik fotografi, tapi baru akhir-akhir pengen belajar serius. Aku beberapa kali diminta memotret teman yang memang minta dipotret, tapi sejujurnya aku lebih suka meng-candid temen-temen. Sampe akhirnya, sekitar pertengahan bulan Agustus lalu, ketika OSIS di sekolahku mengadakan lomba-lomba peringatan hari kemerdekaan Indonesia, di situ aku menemukan sesuatu.

Hari itu, aku dapet kesempatan minjem lensanya temenku, 55-250, yang memungkinkan aku motret dari jauh. Aku dapet beberapa foto yang nggak disadari sama orangnya. Ada beberapa teman yang aku dapat potretnya, sebut saja seperti Resika, Dinda, Ola, Tami, Hanin, dan lain-lain. Beberapa ada hasilnya bagus, tapi lebih banyak lagi nggak. Aku juga sempet ngobrol sama kak Kefas (di saat semua anak lain manggilnya ‘mas’, ‘mister’, atau bahkan ‘pak’, aku manggilnya pake sebutan ‘kak’), mahasiswa PBI yang lagi praktek ngajar di Stero. Dari obrolan singkat itu, aku menyadari kalau aku suka fotografi dan aku menikmatinya. Terlebih kalo motret orang yang lagi nggak sadar. Human interest, batinku.

Mendadak, rasanya pengen nabung buat beli kamera sendiri. DSLR yang selama ini aku pake itu minjem dari Papa. Canon Eos Rebel T3, atau nama lainnya 1100D. Udah sejak 2011. Foldernya udah nyampe 112 kalo aku ga salah inget. Udah banyaaaakkkk banget momen yang diabadikan pake kamera itu. Shutter countnya udah kepake banyak. Itu yang selalu buat aku mikir 2x kalo mau minjem. Dan memotivasi aku buat nabung, pengen punya kamera sendiri.

Kesadaran kalo aku suka motret diawali ketika aku sama Ajeng sering ikut latihan basket. Latihan buat Ajeng yang jadi fotografer untuk lomba jurnalis DBL 2016. Ajeng fotografernya, tapi aku juga antusias buat motret #nahlo. Di sinilah aku sadar, kalo sejatinya aku juga suka motret, meski masih lebih suka nulis #yha. Hal yang paling aku suka kalo pas motret basket itu, kadang bisa dapet ekspresi wajah yang spektakuler, bikin ngikik geli, entah aku, entah si objek wkwkwk.

Memotret itu kata kerja aktif, berarti ada subjek yang melakukan. Sementara bentuk pasifnya kan dipotret, atau ada objek yang dikenai aktivitas (eh bener ga sih penjelasannya). Bicara soal memotret dan dipotret, jujur sih, aku seneng dua-duanya. Tapi, bentukanku lebih sering kucel nan berantakan. Jadi lebih memilih untuk memotret. Tapi giliran bentukanku rapi nan rupawan, yang motret yang.............mmm, nggak ada. Karena kebiasaanku yang lebih sering jadi subjek yang melakukan aktivitas, aku jadi jarang punya foto :”) trauma seringkali di foto bentukanku tak terdeskripsikan. Suka nyesel sih kenapa ga minta foto, tapi kadang lebih nyesel lagi kalo minta foto dan hasil fotonya nggak sesuai ekspektasiku. Hmmm. Jadi lebih memilih untuk dibelakang layar aja, jadi tukang potretnya.

Aku kadang berandai-andai punya partner buat diajak foto-foto, yang bisa timbal balik. Aku motret dia bagus, dia juga motret aku bagus. Tapi semua kayaknya ketinggian gitu. Sejauh ini, aku belom menemukan partner foto-foto setelah Ajeng. Susah emang ya cari partner yang bener-bener partner. Yang bisa sama-sama menguntungkan, bukan yang satu untung yang satu nggak. *huft*. Selama ini punyanya partner buat diajak baper, partner majalah, partner ngobrol yang macem-macem. Ngobrolin tulisan (ada Kak Sari sama Wastu. Kalo Wastu sih juga jadi partner fangirling sama Mas Mas imut pemain keyboardnya Maliq & D’essentials yha); tjurhat-tjurhat (ada Mama, Papa, Joaene); sampe partner ngobrol yang asyique banget di multiple chat bareng kak Sari sama kak Viko, dan orang-orang lain yang kuanggap partner. Kalo ngomongin fotografi sih akhir-akhir ini sering ngobrolnya sama kak Alfa wqwqwq.

Aku memotret, menangkap momen, sehingga momen itu menjadi abadi dalam sebuah potret. Rasanya seneng banget kalo foto yang aku hasilkan, diapresiasi sama orang yang ada di foto itu. Misalnya dijadiin foto profil, atau diunggah di akun sosial medianya. Sejauh ini, motret adalah kegiatan yang aku lakukan atas dasar kesenangan. Entahlah jika suatu hari nanti kegiatan ini bisa jadi kerjaan.

Ujung-ujungnya, tulisan ini jadi tulisan randomku yang kesekian. Anyway, welcome, September!



Cheers,

Vina Kanasya

Comments