I have no more time

Bukannya nggak punya semangat nasionalisme. Tapi sakit hati ini udah luar biasa perih. Mungkin setiap anak remaja emang akan mengalami fase ini: di mana rasanya segala yang kita inginkan dikekang dan dilarang. Di mana apa yang menjadi impian kita bisa pupus begitu saja ketika orang tua cuek (ataupun bilang 'tidak'). And that is what I feel right now.

Aku capek banget. Udah hampir setahun kaya gini. Aku harus korbanin (hampir) semua waktu istirahat aku buat tugas sekolah dan tugas rumah. Bahkan di malam-malam tertentu aku kerap nangis sampai jatuh tertidur. Bahkan, di beberapa kesempatan, aku mengusahakan untuk stay di sekolah lebih lama. Kenapa? Karena aku pikir lebih baik di sekolah nganggur / ngerjain tugas bareng temen-temen daripada harus di rumah ngerjain hal-hal yang cuma bikin capek. Capek hati. Capek otak juga. Sampe rumah udah jadi males banget buat ngerjain PR atau belajar kalo ada ulangan. Gimana nggak, sampe rumah semua urusan kaya manggil aku. Cuci piring, nyapu, beberes rumah, manasin lauk, masak nasi, nyuci baju, nyetrika, bahkan mberesin koran yang UDAH TIAP MINGGU KUBERESIN TAPI TEP AJA BERANTAKAN LAGI. Nyesek banget tuh lho rasanya. Dituntut untuk rapi, tapi giliran aku yg nuntut untuk rapi malah diabaikan gitu aja. Orang-orang yang kucurhatin bilangnya sabar aja. Kalo aku curhat tentang penyebab sakit hatiku, mereka cuma bilang namanya juga anak kecil. Yha ini hati e Mb, Mas. Bukan baja. Kalo tiap hari disakitin ntar lama-lama hati saya jadi matirasa. Nggak bisa bahagia lagi, nggak bisa sedih lagi. Semua berasa datar-datar aja. Karena udah biasa dengan segala rasa sakit.

Aku kerap membayangkan, apa yang akan terjadi kalo aku kabur dari rumah. Hidup di jalan, hidup bebas. Terkadang aku juga iri sama anak-anak yang bisa bebas kemanapun mereka mau. Yang bisa hang out sama temen-temennya. Aku? Mau kerja kelompok sampe sore aja kudu mikir dua kali sama akibatnya.

Yaampun, apa aku nggak boleh bahagia? Karena setiap ada kebahagiaan, belom juga genap 1 × 24 jam perasaan bahagia itu hinggap, ntar juga udah hilang lagi. Kaya gula yang larut dalam air. Perasaan bahagia itu nggak bisa ada pada diriku minimal 24 jam. Misalnya kemarin Jumat. Wih, gila, siang itu bahagianya luar biasa. Eh, sampe rumah musnah sudah rasa bahagia itu. Hilang. Tak bersisa. Baper banget liat temen-temen pada chek in di path di tempat nongkrong rame-rame. Aku kapan bisa kaya gitu?

Sometimes, aku pengeeennn banget bisa hang out seharian sama temen-temen. Tapi, apadaya? Ngerjain tugas aja harus berlomba sama waktu biar tugasnya bisa selesai duluan sebelum dijemput.

Aku nggak bisa kaya gini terus.

Comments