Bertemu Najwa Shihab: Hasil Nekat dan Pemicu Semangat Baru

Cerita ini berawal dari aksi nekat pergi ke acara “Moco Sik” di Jogja Expo Center (JEC) waktu lagi ujian. Bukan ‘waktu lagi ujian’ secara harafiah, maksudnya pergi, padahal besoknya masih latihan ujian. Acara “Moco Sik” adalah festival buku dan musik yang udah diadain dari tanggal 12-14 Februari. Ada beberapa talkshow dan music show sebagai bagian dari rangkaian acara itu. Salah satunya, talkshow dengan tema “Buku dan Generasi Millenial”. Narasumbernya Najwa Shihab dan FX. Rudy Gunawan.

Sebenernya udah tau acara ini sejak hari Kamis. Dikirimi Papa screen shot dari akun matanajwa di IG. Pengen banget dateng, tapi inget kalo hari Selasa-nya ada latihan ujian. Antara mau dateng apa enggak. Najwa Shihab jarang banget jarang ke Jogja. Sebenernya pernah waktu itu Najwa dateng ke Jogja pas Mata Najwa On Stage di GOR UNY, beberapa tahun lalu. Aku dateng, tapi nggak ada kesempatan untuk ketemu. Kali ini, Najwa Shihab ke Jogja lagi, dan aku berharap banget bisa ketemu. She is one of my idol!


Jadi, tanggal 13-14 Februari, sekolah lagi ngadain latihan ujian intern. Tanggal 13 itu jadwalnya Bahasa Indonesia sama Matematika, dan 14nya Bahasa Inggris sama 1 mata pelajaran pilihan (ujian nasionalnya udah pasti 4 mapel uji). Sekarang ini lagi bosen-bosennya belajar. Bosen latihan soal, dan bosen diingetin kalo USBN sama UNBK itu di depan mata.

Rasa jenuh itu bikin aku ngerasa gamasalah buat pergi ke JEC. Senin sepulang sekolah, aku, Papa, sama Vivi pergi ke JEC. Di banner yang terpasang, jadwal talkshow-nya itu jam 3 sore. Tapi, waktu sampe sana jam 3 lebih 15 menit, belom ada tanda-tanda acara akan mulai. Udah nunggu hampir 1 jam, acara masih belom mulai juga, dan mulai mikir, ‘harusnya tadi aku bawa buku kimia’.

Acaranya ngaret, dan baru mulai jam 4. Sebenernya, nggak banyak hal yang aku inget, karena konsentrasi udah kepecah, udah capek nunggu juga. Tujuan utama dateng ke acara itu sebenernya lebih karena pengen ikutan book signing “Catatan Najwa”. Awalnya bayangin kalo acara itu mulai jam 3, kan paling nggak selesai jam 5/6, trus setelah book signing, aku bisa pulang.

Sementara aku sama Vivi masih duduk, nonton acaranya, Papa ngeluyur, nggak ngerti ke mana. Sampe akhirnya, sekitar jam 5 kurang seperempat, Papa ngajakin aku sama Vivi jalan ke pintu keluar, menuju backstage. Papa mau minta tanda tangannya Glenn Fredly, yang sore itu jadi moderator. Nunggu kurang lebih 30 menit, akhirnya Glenn keluar juga dari gedung, buru-buru mau langsung balik hotel. Tapi, Puji Tuhan, Papa berhasil dapet tanda tangannya Glenn.

Setelah ketemu (yang sebenernya nggak bisa dikatakan ‘ketemu’ juga sih) Glenn, tujuan selanjutnya adalah, mau minta tanda tangannya Najwa Shihab di buku “Catatan Najwa” punyaku.

Nunggu, nunggu, tiba-tiba udah jam 6 sore. Ngeliatin jam terus, kok rasanya lama banget. Rasanya kaya udah nunggu 20 menit, eh ternyata baru 5 menit. Kan nyesek. Nyabar-nyabarin diri terus, menghibur diri, ‘nggak lama lagi kok’, dan penghiburan lainnya. Trus, nggak berapa lama kemudian, petugas keamanan yang ada di situ tiba-tiba tambah banyak. Kayaknya Najwa bentar lagi keluar deh, batinku. Lagian, mobilnya udah sejak tadi dipanasin sama bapak supir.

Di situ nggak cuma aku yang pengen minta tanda tangan sama foto. Ada seorang mahasiswi dan seorang ibu yang juga mau minta tanda tangan. Waktu masih nunggu itu, mbaknya bilang sama aku, “Kita bikin antrian aja biar nggak rusuh.” Habis itu, aku yang udah berdiri paling deket barikade otomatis jadi di barisan paling depan, dan mbaknya berdiri di belakangku, diikutin si ibu. Orang-orang lain yang kayaknya cuma mau minta foto ikutan antri.

Dugaanku bener. Dari dalem gedung ada rombongan keluar. Petugas keamanan yang tadi santai, tiba-tiba jadi galak, menghalau orang-orang yang mau minta tanda tangan sama minta foto ke Kak Najwa. Aku yang udah berdiri deket barikade, terpaksa mundur karena diminta petugasnya. Bapak-bapak satpamnya jadi sangar gitu, makin lama malah jadi mendorong antrian yang udah kebentuk, nggak ngasih kesempatan buat minta tanda tangan :(

Antriannya tambah mundur, dan entah udah berapa kali aku nginjek kaki mbak-mbak mahasiswi di belakangku. Aku hampir jatoh karena mundurnya nggak liat-liat. Dan tiba-tiba, dari rombongan itu ada yang bilang:

“Udah biarin aja, Pak. Biarin. Nggak apa-apa.”

Itu kayaknya salah satu dari tim manajemen-nya Kak Najwa. Setelah dibilang gitu, bapak-bapak satpamnya baru kasih akses. Tapi barisannya jadi nggak karuan, karena semua orang jadi pada maju takut nggak dapet kesempatan foto. Aku yang sebenernya masih ada di barisan depan langsung maju, sambil tanya, “Mau minta tanda tangan boleh?” Jujur, bingung mau manggil Kak Najwa apa. Mbak, Tante, Bu, Kak(?) Bahkan sampai ketika tulisan ini dibuat, masih bingung mau manggil Najwa Shihab dengan sebutan apa (seandainya bisa ketemu lagi). Akhirnya aku putuskan untuk menyebut ‘kak’ Najwa. Pertanyaanku tadi berbalas, ‘kak’ Najwa tanya:

“Boleh dong. Buat siapa ini?”

“Vina, V-I-N-A,” aku mengeja namaku.

“Terima kasih, ya.”

“Saya suka nonton Mata Najwa sejak masih SMP.”

“Oh ya? Terima kasih. Sekarang kuliah di mana?”

“Saya masih SMA kelas 3.”

“SMA? Wow, terima kasih banyak.”

“Boleh minta foto?”

“Boleh.”

Setelah difotoin papa, aku secara sadar mundur dari keramaian, ngasih kesempatan untuk mahasiswi di belakangku sama ibu-ibu di belakangnya lagi.

Foto oleh: Papa

“Vina, aku pinjem dulu ya spidolnya,” kata Kak Najwa.

Tiba-tiba Kak Najwa bilang gitu ke aku. Aku diem aja, tapi dalam hati udah teriak-teriak seneng banget. Wkwkwk. Rasanya, semua rangkaian kejadian itu terjadi begitu cepat. Setelah beberapa waktu kemudian, Papa minta tolong aku ngefotoin Papa sama Kak Najwa, bareng sama Vivi juga. Dan setelah itu, Kak Najwa udah ada di mobil, dan mobil itu melengang pergi.

Selama jalan ke parkiran, aku nggak bisa berhenti senyum. Bahagia banget.

***

Sebagai seorang remaja, aku ngerasa bangga dengan hobi baca dan nulisku. Membaca dan menulis bagiku adalah satu kesatuan. Meskipun untuk saat ini, kesibukan mempersiapkan USBN dan UNBK jadi prioritas utama, aku masih berusaha meluangkan waktu untuk hobiku. Sekedar baca koran, baca headline, atau kalo merasa udah jenuh banget, ya nekat baca novel atau buku lain, meskipun tugasnya numpuk. Kalo nulis, suka susah bagi waktunya. Tapi kalo punya tulisan dan dibiarin terbengkalai, bisa sampe berhari-hari kemudian baru dilanjutin. Kaya tulisan ini, yang sebenernya udah mulai aku ketik sepulang dari ketemu Kak Najwa.

Aku juga seneng banget punya banyak temen yang sama-sama suka baca. Meskipun bacaannya beda, tapi mereka bisa diajak diskusi macem-macem. Bahkan, bisa saling ngasih rekomendasi. Diskusi itu bisa berlangsung di mana aja, bahkan sama siapa aja. Termasuk sama petugas perpus. Bu Peni, petugas perpus di sekolah, sering banget aku ajak ngobrol. Bahkan, saking seringnya aku ajak ngobrol, beliau sampe hafal nomor induk aku :)))) meskipun kalo dibandingin sama anak lain, aku nggak se-sering mereka kalo pinjem buku.

Bu Peni juga yang waktu itu ngerekomendasiin “Catatan Najwa”. Jadi, pas ambil rapot di bulan Desember kemaren, Bu Peni ngasih izin anak-anak buat pinjem buku dan dibawa selama libur, dengan syarat pas masuk langsung kembali. Aku termasuk yang ‘langganan’ pinjem selama libur. Pagi itu, ada banyak buku baru dipajang di perpus. Termasuk “Catatan Najwa”. Aku buru-buru ambil, takut keduluan :)))) waktu bukunya didata, Bu Peni bilang, “Catatan Najwa bagus lho, Vin.” Buku itu aku bawa selama libur, meski sebenernya belom selesai baca, karena libur diajakin pergi mulu. Waktu masuk, aku bilang jujur ke Bu Peni kalo aku belom selesai baca, eh beliau malah tanya:

“Mau diperpanjang nggak?”

“Lhoh, Bu, ini kan saya sudah bawa selama libur. Harusnya hari ini kan kembali.”

“Udah, nggak apa-apa. Nggak ada yang minjem juga kok.”

Alhasil, aku perpanjang lagi seminggu, baru aku balikin seminggu kemudian. She is the best librarian I’ve ever met! Itu asal mula aku jatuh cinta sama buku “Catatan Najwa”. Setelah ngembaliin, aku bertekad buat beli untuk koleksi pribadi.

Anyway, sampai ketika tulisan ini dibuat, udah sekitar 3 minggu buku “Catatan Najwa” nggak keliatan di perpus. Kayaknya lagi ada yang minjem.

***


Kesempatan untuk ketemu, minta tanda tangan, dan minta foto sama Kak Najwa sore itu jadi salah satu pemicu aku untuk terus menulis. Mengingat dulu waktu SMP punya mimpi pengen jadi jurnalis, Najwa Shihab adalah salah satu idola dan panutanku. Imian untuk menjadi jurnalis itu masih ada, tapi untuk saat ini, lebih pengen jadi dosen Bahasa Inggris. Tapi masih pengen jadi jurnalis juga. Huahahaha nahloh, gimana itu. Semoga tetep bisa mewujudkan keduanya. Mungkin menulis belum tentu bisa jadi profesiku di kemudian hari, tapi menulis akan tetap jadi hobiku.

Aku yakin, dengan menulis, akan ada banyak kesempatan dan pengalaman lain yang aku dapat. Prinsip utama ketika aku menulis cerita adalah sebuah pepatah Latin:

“Scripta manet, verba volant.” – yang terucap akan hilang, yang tertulis akan abadi.

Aku tau pepatah itu dari membaca. Kalo aku nggak baca bukunya Dee yang “Inteligensi Embun Pagi”, aku nggak akan tau ada pepatah itu. Aku nulis apapun yang aku mau, karena itu adalah terapi jiwa dan sarana mengekspresikan diri. Aku membaca, karena membaca adalah jendela dunia. Klise, memang, tapi itu fakta. Sekarang, membaca bisa di mana aja, bahkan dalam genggaman tangan sekalipun.

Pertemuan sore itu, bikin aku jadi makin semangat untuk meraih impian-impian yang telah kugantungkan setinggi langit. Pertemuan sore itu, jadi pemacu semangat baru buat aku. Pertemuan dengan Kak Najwa sore itu, jadi motivasi untuk aku terus baca dan terus menulis <3

Tulisan ini malah bengkak, jadi panjang banget. Anggap saja kalau dalam bulan ini aku nggak bisa memenuhi target 3 tulisan dalam sebulan, paling nggak udah punya satu tulisan yang lumayan panjang. Tunggu ceritaku selanjutnya, ya. Mungkin tentang ujian dan bagaimana simulasi UNBK hari-hari ini.

Cheers,

Vina Kanasya

-yang lagi sibuk nyiapin ujian demi masa depan lebih cerah-

Comments