Ngikutin kata hati atau nurutin gengsi?

Sebelum aku lanjut lagi, dan sebelum lupa, mau ngucapin selamat tahun baru 2017 dulu buat semuanyaaa :3 semoga tahun ini bisa lebih produktif lagi, dan semakin bisa menjalani hidup dengan baik biar bisa jadi orang yang berguna bagi sesama (dan maafkan juga baru ngucapin sekarang, padahal Januari udah hampir habis).

Dari minggu kedua sekolah udah stress banget. Pengennya tidur mulu, jadi begitu bangun, rasanya pengen cepet-cepet sekolah trus pulang biar bisa tidur lagi. Bangun-mandi-sekolah-tambahan-pulang-kerja tugas-tidur-repeat. Setidaknya itulah siklus akhir-akhir ini. Baca buku sama nulisnya terpaksa dikesampingkan dulu. Padahal, nulis sama baca udah jadi kebutuhan dan terapi jiwa buat aku. Untuk saat ini, ujian praktek jadi prioritas utama.


Semua rutinitas sekolah udah mulai sejak tanggal 3 Januari. Bahkan, sejak minggu pertama pun semuanya udah hectic banget, dan jadi tambah hectic di hari-hari ini. Semua guru sibuk ngejar waktu untuk ujian praktek. Urusan ujian nasional juga masih simpang siur, dan belom ada informasi resmi dari dinas pendidikan tentang pelaksanaan USBN (ujian sekolah berstandar nasional) sama UN yang cuma 4 mata pelajaran. Bahkan, sampe detik ini juga belom ada jadwal resmi latihan ujian dari dinas kota. Padahal, jadwal UN udah ditentuin: 10-13 April 2017.

Empat mata pelajaran? Iya, cuma ada 4 mapel, bukan 6. Tiga mapel wajib dan satu mapel pilihan. Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan satu mata pelajaran pilihan dari ciri khas program. Misalnya kalo IPA, harus milih antara kimia, biologi, atau fisika. Kalo IPS, geografi, sosiologi, atau ekonomi. Kalo Bahasa, antara Bahasa Jerman, Antropologi, atau Sastra Indonesia. Kewajiban memilih satu mapel itu bikin aku bingung, tapi juga sekaligus jadi ide awal tulisan ini.

Sebagai anak IPA, aku harus milih antara kimia, fisika, atau biologi buat mata pelajaran yang akan diUNBK-kan [Ujian Nasional Berstandar Komputer(?)]. Begitu baca berita tentang itu, aku udah bertekad buat milih kimia. Realistis aja, dari 3 mapel itu, yang nilainya paling bagus ya kimia. Fisika sama biologi itu entah kenapa jadi tekanan batin banget :”) Tapi, entah kesambet apa, waktu disuruh milih itu, aku milih fisika. Iya, fisika, mapel yang paling aku hindari. Mapel yang paling bikin was-was karena selalu ada aja kejutannya. Nggak tau kenapa, hari itu, aku tiba-tiba milih fisika.

Mungkin itu karena otak sama hati udah nggak sinkron. Atau karena ada ego yang ingin dipuaskan. Atau mungkin juga karena itu hari Jumat, dan lagi pelajaran fisika. Nggak tau juga sih. Tapi, beberapa waktu kemudian, aku memikirkan lagi pilihan itu. Itu emang pilihan hatiku, atau cuma karena aku mau nurutin gengsi? Atau karena aku pengen coba keluar dari zona nyamanku? Waktu itu nggak milih kimia soalnya anak kelas yg milih kimia udah setengah sendiri. Jadi apa ya, kaya mikir kan ‘wah ini tar kalo tambahan pasti rame’; ‘wah ini saingannya banyak’; ‘wah fisika dikit, jadi kalo tambahan nggak ribet’; dan pikiran-pikiran lainnya yang sekarang kusadari cuma ego sesaat.

Seminggu setelah hari Jumat pas milih mapel UN itu, aku masih aja kepikiran tentang hal itu, dan malah jadi galau. Kenapa kemaren bisa milih fisika, ya? Padahal jelas-jelas paling takut sama mapel itu. Kemaren mikirnya ‘mau coba keluar dari zona nyaman’ kaya yang waktu itu dibilang Frau Endah. Tapi, kayaknya bukan sekarang waktu yang tepat. Kalo milih fisika, trus ternyata di tengah jalan nggak kuat kan rugi sendiri. Kalo besok NEM UN anjlok, jadi nggak bisa banggain orang tua dong.

Pikiran-pikiran semacam itu yang akhirnya membulatkan tekadku untuk ganti mapel. Jadi, hari Senin setelah memikirkan dengan matang segala pertimbangan yang ada, akhirnya aku nemuin bapak wakil kepsek bidang kurikulum.

“Pak, masih bisa ganti mapel pilihan UN nggak?”
“Kamu kelas apa?”
“XII IPA 1, Pak. Absen 4.”
“Mau ganti apa?” (si Bapak tanya, kayaknya sampe bosen nanyain itu karena mungkin banyak anak yang minta ganti mapel).
“Kimia, Pak. Makasih.”

***

Akhirnya, aku ‘balik ke jalan yang benar’, kalo kata temenku. Waktu itu kan dia tanya, “Milih apa, Vin?” trus aku jawab kalo aku milih fisika. Dia kaget banget.

“Kupikir kamu milih kimia.”
“Iyanih, nggak tau kenapa kemaren bisa milih fisika. Tapi aku kemungkinan besar mau ganti kimia. Bunuh diri namanya kalo tetep milih fisika,” ujarku.

Bunuh diri? Iya. Dari kelas 1, nilai di rapot yang paling mepet itu ya fisika sama geografi (pas kelas 10). Nggak tau juga apa yang bikin aku kurang enjoy sama fisika. Masih bingung aku kesambet apaan waktu itu milih fisika (meskipun akhirnya ganti kimia). Paling nggak, karena bingung itu, aku malah jadi nulis lagi.

Jadi, sebenernya kamu pilih mana, Vin? Ngikutin kata hati atau nurutin gengsi?

Pertanyaan itu menghantui banget waktu aku milih fisika. Apa sebenernya aku milih fisika cuma biar keliatan ‘wah’, karena yang milih fisika nggak banyak? Atau biar keliatan keren, dan ada gengsinya? Atau aku milih fisika emang karena itu pilihan hatiku? Kalo itu emang pilihanku, kenapa aku malah jadi gelisah, takut, dan kepikiran terus? Kayaknya, aku cuma ngikutin gengsi doang deh. Buktinya, aku malah jadi galau. Aku harusnya tau batas kemampuanku.

Pertanyaan itu juga berlaku untuk langkah yang selanjutnya selepas masa putih abu-abu. Apalagi kalo bukan masa kuliah. Desember 2016 kemaren udah diterima di Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sanata Dharma lewat jalur prestasi. Dan, emang udah yakin banget mau ke situ. Awal Januari 2017 juga udah ngurus pembayaran, dan bulan Mei nanti tinggal daftar ulang.

Ada siswi-siswi yang ‘udah punya kursi’ di PTS, ada juga yang akan memperjuangkan kursinya di PTN. Mereka adalah para pejuang SNMPTN dan SBMPTN. Banyak temen-temen yang sepertinya bakal berjuang untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri. Membanggakan orang tua, pasti jadi salah satu tujuan mereka. Tapi, entah juga kalo misalnya ada yang mau masuk negeri karena gengsi. Hmm.

gengsi /geng·si/ n kehormatan dan pengaruh; harga diri; martabat

Aku cuma pengen berpendapat seperti yang sudah sering aku lakukan. Pengalaman dari tahun lalu, ada aja yang iseng (dalam artian sebenarnya), ikut SNM, padahal sebenernya nggak minat masuk negeri. Mungkin cuma karena ingin tahu kemampuannya, dan apakah bisa lolos SNM atau nggak. Hal itu bakal mengurangi peluang temen-temen yang emang beneran niat ke negeri.

Kalo udah bicara SNM, Bu Siwi selalu menegaskan, “Yang verifikasi nilai yang emang beneran niat ke negeri aja. Kalo niatnya cuma coba-coba, mending nggak usah verifikasi.” Hari-hari ini, Bu Siwi lagi sibuk banget ngurusin berkas untuk SNM. Nantinya, Bu Siwi akan kasih pin buat verifikasi. Pin itu bakal dikasih ke mereka yang emang berniat ke negeri. Dan buat anak-anak yang nggak berminat, nggak usah ambil pin.

Aku termasuk siswi yang nggak akan ngambil pin untuk verifikasi. Karena aku dari awal udah yakin banget mau ke PBI USD. Aku nggak pengen ke PTN. Karena aku ngikutin hati, bukan nurutin gengsi. Hatiku udah sejak lama ada di PBI. Passionku di situ, dan aku nggak akan mengorbankan passionku untuk gengsi.

Sebenernya, dulu pernah punya mimpi masuk komunikasi UGM. Tapi itu dulu banget, waktu masih SMP. Pengen aja gitu, kayaknya keren (((kayaknya))). Emang keren kali, Vin. Waktu itu masih belom tau kalo saingan masuk UGM itu se-Indonesia. Waktu itu belom tau kalo masuk UGM itu susah. Waktu itu belom tau kalo aku sebenernya nggak pengen masuk UGM. Waktu itu belom tau kalo passion dan hati sebenernya nggak di situ. Dan baru sadar minat yang sesungguhnya waktu Mama balik dari studinya di luar negeri.

***

Sekarang, di umur yang hampir 18 tahun, aku udah tau ke mana mau melangkah. Aku udah yakin dengan segala sesuatu yang akan aku lakukan kedepannya. Semacam udah tau apa-apa aja yang mau aku lakuin. Udah ngerancang masa depan gitu. Dan itu juga yang meyakinkan aku untuk nggak daftar PTN. Kalo ada yang ngikutin blog ku sejak lama, aku pernah nulis tentang ‘keluar dari zona nyaman’.

Tulisan itu gegara dikasih wejangan sama Frau Endah, guru Bahasa Jerman di Stero, sekaligus guru favoritku. Beliau bilang, suatu hari nanti, aku harus keluar dari zona nyamanku. Supaya aku bisa membiasakan diri dengan semua tekanan yang nggak pernah aku rasakan selama aku mengenyam pendidikan di lembaga swasta.

Balik ke topik soal gengsi. Aku cuma kadang nggak habis pikir sama orang-orang yang mengorbankan passion mereka demi gengsi. Buat apa ngelakuin sesuatu yang udah jelas-jelas kita nggak suka cuma untuk membuat orang lain terkesan? Nggak guna. Malah ngerugiin diri sendiri.

Hmm entahlah. Tulisan ini udah 10 hari stuck di laptop dan belom juga selesai. Belom sempet buat dipublish di blog juga. Tapi masih ada banyak banget hal yang pengen aku 
curhatin gitu.

Anyway, mau curhat juga tentang rasa jenuh yang sedang merajalela.

Hari-hari ini kerjaannya cuma tidur mulu. Males banget mau ngapa-ngapain. Rasanya kasur jadi tempat ternyaman dan paling dirindukan akhir-akhir ini. Bahkan udah hampir seminggu ini uprak agama sama bahasa inggris terbengkalai. Nggak ada niatan untuk bikin speech, padahal besok senin udah mulai uprak, dan bukan nggak mungkin aku bakal maju. Properti aja belom tau mau dibikin gimana.

Beberapa hari terakhir bener-bener rasanya lagi capek, capeeekkk bangett. Jenuh juga. Dan ngerasa digantungin lantaran latihan UN dari dinas belom juga terjadwal. Ah nggak tau lah. Lelah banget, nggak cuma fisik, tapi juga mental. Mau nulis juga rasanya ngantuk banget. Aku butuh liburan yang bener-bener liburan. *glundungan di kasur*.

Daaannn tulisan ini pun ternyata jadi random banget. Daripada temen-temen bingung baca tulisanku, mending aku udahin aja. I’ll see you soon! ;)


Cheers,

Vina Kanasya



P.s: tulisan ini sebenernya udah lamaaa banget aku buatnya. Mungkin sekitar 10 hari yang lalu waktu aku bener-bener lagi sibuk sama ujian praktek. Sampe hari ini, masih ada beberapa mata pelajaran yang upraknya belom terlaksana. Ini juga merupakan tulisan pertama di 2017, aku berharap, semoga sebelum Januari berganti jadi Februari, aku masih bisa bikin 1 tulisan lagi. hugs!

Comments