Hari Guru, UN, dan Ulangan Setelah UAS

Howdyyyyy

Udah lama ya gak nulis di blog. Ternyata bulan November ini kegiatannya padet banget! Berhubung merupakan akhir dari semester 1, jadi semua tugas dan materi emang dipadetin sekarang. Bahkan, kalender yang dulu iseng tak buat penuuuh banget sama corat coret agenda kelas. Mulai dari kumpul tugas, presentasi, sampe ulangan yang bahkan direncanain sejak minggu pertama bulan November.

By the way, sudah pada baca berita online? Beberapa sumber seperti detikcom, liputan6, tribun, dll memberitakan hal yang sama mulai sore tadi. Hari ini, 25 November 2016, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang baru, Bapak Muhadjir Effendy, memutuskan kalo UN 2017 dihapuskan, tapi diganti jadi ujian akhir yang diorganisir sama tiap daerah, atau istilah lainnya ujian akhir sekolah didesentralisasi. Jadi, gaakan lagi tuh pengantaran soal UN ke daerah-daerah dengan kawalan polisi. Dan kata beliau, UN bakal ditiadakan sampe tingkat pendidikan di Indonesia udah sama rata. (Err, tapi, kapan ya? Semoga segera :D)

Etapi, ngomong-ngomong, misalnya tetep ada ujian akhir yang dari daerah, berarti sebenernya sama aja dong ya(?). Malah, bukannya nggak mungkin ujian itu bakal lebih susah ketimbang UN. Karena kan soal dibuat perdaerah, yang artinya melihat potensi anak-anak di daerah tersebut. Yha. Kalo Jogja yang kota pelajar mah..............aku kok jadi lebih milih UN ya. Maksudku, kalo emang UN mau dihapuskan, ya dihapuskan aja, nggak usah diganti sama ujian akhir oleh daerah. Mending sekalian kelulusan seorang pelajar bener-bener murni ditentuin sekolah.

Tapi sebuah keputusan selalu ada pro-kontranya, selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Kalo misal tetep ada ujian yang dikoordinasi sama daerah, hasil ujian itu pasti ujung-ujungnya akan jadi patokan pemetaan lagi dong (?) hmm ini analisaku aja sih. Tapi at least kalo UN beneran dihapuskan, berarti anggaran UN jadi bisa bisa dipake untuk membenahi pendidikan di Indonesia yang masih memprihatinkan. Karena setauku, dari berbagai macam informasi dan diskusi yang pernah aku dengar, anggaran negara buat UN itu gede banget. Semoga aja, dengan penghapusan UN yang digantikan dengan ujian akhir dari daerah, dana yang ada bisa dipake untuk membangun pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi :D

Ada satu kalimat beliau yang aku salut banget nih, “Karena pada saat ini UN berfungsi untuk pemetaan dan tidak menentukan kelulusan peserta didik.” That’s the point, Sir! Selama ini UN cuma dipake untuk memetakan kemampuan setiap sekolah, dan emang seharusnya nggak jadi syarat utama kelulusan. Well, meskipun sebenarnya selama beberapa tahun terakhir, UN emang bukan satu-satunya penentu kelulusan. Dari berita yang aku baca, memang sejak UN bukan lagi penentu kelulusan, banyak pihak yang mendesak supaya UN dihapuskan. Lagian, siapa sih yang nggak takut kalo misalnya hasil belajar kita selama 3 tahun, kelulusan kita itu cuma ditentukan di kertas, dalam jangka waktu 3-6 hari? Misalnya UN masih jadi syarat kelulusan, aku pasti juga ketakutan banget nih sekarang wkwkwk.

Lagian, kalo misal UN emang bukan lagi penentu kelulusan, untuk apa diadakan? Cuma buang-buang anggaran negara, dan membebani guru-guru di Indonesia, karena yang dikejar itu nilai, bukan kemampuan sesungguhnya. Orang-orang kebanyakan hanya melihat akhir, dan kurang menghagai proses dibaliknya. Eh ngomong-ngomong, selamat hari guru untuk para guru di Indonesia! (Nanti ditulis lebih panjang di bawah ya).

Nah, satu lagi nih alasan beliau yang aku suka banget. Kata Mendikbud kita, tujuan dilaksanakannya moratorium UN bertujuan mengembalikan evaluasi pembelajaran siswa menjadi hak dan wewenang guru, baik secara pribadi maupun kolektif. Ini nih, yang harus diperhatikan. Nilai itu kan nggak cuma angka, nggak cuma didapat dari sisi kognitif aja. Tapi juga ada nilai sikap, praktek, dan pernak-pernik penilaian yang lainnya.

Selama ini orang Indonesia kebanyakan emang cuma terpaku sama angka ataupun huruf yang menunjukkan nilai seseorang. Kadang, kita nggak melihat kemampuan lain yang dimiliki orang itu, misalnya olah raga, seni, dan hal-hal lain yang sifatnya non-akademik. Jadi banyak orang yang hanya menilai dari angka yang ada. Padahal, siapa yang tahu kalo misal pas ulangan, orang yang bersangkutan lagi sakit trus nggak konsen, atau nggak dong sama sekali, dan terlalu malu untuk bertanya? Who knows kan?

Aku sebagai seorang pelajar SMA kelas 3, sejujurnya nggak bermasalah sama UN. Karena selama ini, 2x ikut UN dalam hidupku, rasanya biasa aja, beneran. Nggak deg-degan, malah santai aja. Karena buat aku, kalo mau UN emang harusnya kita santai. Misalnya nih ya, waktu UN SMP, 4 hari kan tuh, nah selama pelaksanaan itu aku blas nggak pegang buku pelajaran. Jadi dari hari Senin-Rabu, kerjaanku malah cuma tidur, makan, baca novel, atau main game. Karena bagiku, nggak ada yang perlu dikhawatirkan. Toh, udah ada latihan ujian yang bahkan soalnya lebih susah, kan? Prinsipku satu: udah persiapan berbulan-bulan, buat apa takut? Maksudku, apa yang udah kita persiapin, dan segala proses yang sudah terjadi itu nggak akan mengkhianati hasil, kok.

Balik ke topik awal tulisan ini yes.

Besok Senin, 28 November 2016, aku dan teman-teman kelas 12 akan menghadapi ujian akhir semester terakhir di Stero. Aku menyebutnya, hari pertama UAS terakhir. Karena setelah ini, kelas 12 nggak ada agenda UTS 2 ataupun UKK. Takut? Ya ada dikit-dikit, tapi nggak sampe yang histeris trus nggak mau masuk sekolah. Takutnya itu lebih ke hal-hal yang nggak penting, misalnya, takut bersin-bersin selama UAS, dan begitu UAS kelar, bersin-bersinnya juga kelar. Serius. Selama ujian demi ujian aku lewati, kalo diperhatiin, selama 2 jam ngerjain soal, aku pasti bersin-bersin nggak karuan, hidung gatel banget wkwkwk. Tapi ntar habis UAS, aku berhenti bersin-bersin juga.

Hal lain yang ditakutin selain bersin-bersin-aneh itu, aku juga takut tiba-tiba fisiknya drop pas uas belom kelar. Biasanya ini kejadian kalo aku belajar sampe malem banget. Jadi kurang tidur, dan alhasil, kondisi fisik besoknya pasti drop banget.

Bicara soal hari guru, hari ini adalah Hari Guru terakhir yang aku alami sebagai pelajar. Karena tahun depan, titel yang aku sandang bukan lagi ‘anak SMA’, tapi ‘mahasiswa’. Dan, di hari guru yang seharusnya kita libur karena gurunya upacara, hari ini aku sama temen-temen kelas XII IPA 1 dan 2 justru masuk buat tambahan pelajaran fisika. Dan bagiku, itulah makna hari guru sebenarnya. Di mana seorang guru, yang seharusnya ikut upacara, dan barangkali temu kangen sama guru-guru yang lain(?), malah ke sekolah buat ngasih kita tambahan pelajaran, berhubung udah nggak ada waktu dan Senin udah UAS.

Selama ini nggak pernah membayangkan atmosfer belajar fisika akan se-menyenangkan itu. Tadinya, kita sekelas udah ngira kalo hari ini akan ulangan, karena emang agenda awalnya itu dijelasin materi baru, trus langsung ulangan. Udah siap banget tuh cuma dapet nilai 5-6 aja udah bersyukur, 7 apalagi, karena angka 8 hampir nggak mungkin #ok #yha. TERNYATA, KITA GAJADI ULANGAN! Gilaaaaaa itu senengnya gakbisa dideskripsiin. Udah siapin mental banget ngeliat angka kurang dari 7 di kertas ulangan, eh ternyata nggak jadi ulangan. Tapi sayangnya, kata ‘nggak jadi’ itu kurang tepat. Yang tepat adalah ulangannya diundur. Ok. Siap. Kapan, Vin? Habis UAS. Iya, H A B I S U A S. Tapi paling nggak kan, sudah belajar karena UAS Fisika itu di hari Rabu. Duet sama Bahasa Jerman dia. Mantab.

Jadwal UAS paling mematikan kayaknya itu, sama matematika berpasangan sama sejarah. Tapi lebih membunuh fisika-jerman. Gila aja, harus ngafalin rumus, sama personal pronomen yang akkusativ. Mana kemaren habis remed jerman materi itu pula wkwkwk. Dan diceramahin gurunya karena setengah dari kelas salahnya berjamaah, alias karena kita ngerjainnya barengan. Dan beliau bilang, “Proses tidak akan pernah mengkhianati hasil.”

Aku bener-bener bersyukur bisa kenal banyak guru hebat selama aku sekolah. Dari SD, SMP, sampe sekarang SMA, pasti ada, minimal 1 guru yang aku inget terus. Pasti ada aja guru yang bener-bener kusayang, guru yang bener-bener deket juga. Kalo sekarang di SMA, sayang banget sama Frau Endah. Guru favorit di SMA, guru yang selalu memotivasi dan sabar banget ngadepin anak-anak. Setelah Frau Endah, sayang juga sama Bu Yohana, Pak Markus, Bu Wiwik (meskipun beliau cuma ngajar aku nggak nyampe 1 semester), dan beberapa guru kesayangan lainnya.

***

Btw lagi, bulan November ini aku belom ada tulisan lagi. Padahal, punya janji sama diri sendiri untuk punya tulisan minimal 2 tiap bulan di blog ini. Kemaren ada sih, bikin cerpen, buat memenuhi tugas Bahasa Indonesia. Cerpen yang bikin aku harus lembur dari jam 8 malem sampe jam 2 pagi, dan jam 5 udah harus bangun. Panjangnya 7 lembar wkwkwk. Sebenernya, kalo nggak dibatasin 3000 kata, mungkin cerpen itu bakal jadi berlembar-lembar lagi wkwk. Lembur itu baru terbayar kemaren malem, tidur jam 7, minta tolong Papa bangunin jam 9, eh malah tidurnya bablas dan baru bangun tadi pagi jam 6.

Eh iya, kemaren Senin, ada kejadian yang sampe sekarang masih bikin senyum-senyum sendiri tiap diinget. Jadi ceritanya, aku iseng buka hape sebelum berangkat sekolah. Biasanya, aku nggak pernah buka hape kalo pas siap-siap sekolah. Kecuali lagi pengen denger musik pas otw, atau buka hape pas siang pulang sekolah. Nah Senin tu nggak tau kenapa kok pengen banget buka hape pagi-pagi. Ya padahal udah jam 6 gitu. Tiba-tiba ada notif masuk dari official accoutnya kak Ezra Mandira. Isinya “Good morning! Have a nice daaay! Jangan lupa senyum hari ini.” Nah, aku pikir itu broadcast-an, trus kubalas kan, karena jujur, aku langsung senyum pas baca message itu. Kubalas kan, “Haii kak Ezraaaa. Langsung senyum baca broadcast ini :)))”

Tiba-tiba nih, message ku langsung keluar tanda read, dibales ternyata. Singkat cerita, ditanya sama kak Ezra, “Emangnya broadcast?” aku bingung banget tuh :)))) kupikir broadcast kan. Trus aku tanya, emangnya bukan, dan intinya, pagi itu aku cuma bisa senyum-senyum geli aja wkwkwk. Nah, bener-bener sebelum aku matiin hape, ada notif baru. “Semangaaaat ya vin”. Anjaay aku langsung senyum lebar bangettt huahahaha lupa kapan terakhir kali ada yang semangatin aku gitu pagi pagi ahahaha. Thank you, kak Ezra! Ditunggu tanggal 4 Desember di Jogja *tetep ya Vin wkwkwk*

Sebenernya, masih banyaaaaakkk lagi kejadian selama bulan November ini. Tapi, daripada harinya keburu ganti, dan aku juga harus segera meluncur ke alam mimpi karena besok pagi ada tambahan kimia, mungkin itu dulu ceritaku. Dan by the way, udah kehabisan judul, otak lelah mikir judul wkwkwk.

Tunggu tulisanku yang lainnya, ya :D


Cheers,

Vina Kanasya

Comments