Kelas Dua Belas dan Cerita yang Belum Tersampaikan

Hai! Longtimenosee.

Di tulisan kali ini, tulisan yang aku buat di H-3 masuk sekolah dan jadi anak kelas 12, aku pengen curhat-curhat aja sih. Yap, bentar lagi masuk sekolah dan aku bakal jadi anak kelas 12. Perjuangan sesungguhnya. Ada ketakutan dalam hati kecil aku yang akhir-akhir ini cukup menghantui. Aku takut, semua target dan impian yang udah aku gantungkan setinggi-tingginya bakal ambyar. Aku takut, aku akan tiba-tiba down dan jenuh di tengah jalan, menghancurkan semua impian itu. Meskipun aku tau, jenuh akan datang, entah kapan dan bagaimana.


Dengan adanya ketakutan itu, aku punya target, aku harus bisa ngatasin rasa jenuh ketika dia datang nantinya. Masih banyak sih target yang aku pasang di kelas 12 ini. Gak boleh males, gak boleh bawa masalah pribadi ke sekolah, gak boleh nyerah ketika menghadapi suatu kesulitan, harus usaha, harus rajin belajar, harus ngontrol perasaan biar gak keseringan baper, harus bisa jadi orang yang positif, pegang kuat prinsip “If you cannot be positive at least be quite”, dan beberapa target lainnya.
Mungkin bisa dikatakan kalo target itu kebanyakan dan aku belom tentu bisa jalanin semuanya. Tapi aku percaya, dengan kekuatan pikiran, dan dengan keyakinan yang aku punya, aku pasti bisa jalanin semua target itu.

Target lainnya yang juga impian aku adalah masuk Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sanata Dharma. Nggak ada yang lain. Dari kecil udah pengen banget masuk sana, meskipun pas itu belom kenal yang namanya passion dan lain-lain. Pas SMP, sempet pengen kuliah komunikasi, tapi batal wkwkwk. Sekarang, di SMA, ketika aku mulai realistis tentang masa depan, aku yakin banget untuk ke PBI.

By the way, bicara soal passion (agak berat sih sebenernya bahas ginian), akhir-akhir ini dihantui pikiran ‘besok pas gede mau jadi apa’ (lagi). Mungkin buat yang ngikutin blogku sejak dulu, aku pernah nulis tentang ini (aku lupa tepatnya, tapi sekitar tahun 2014-2015). Aku sempet nulis kalo besok pas gede aku pengen jadi jurnalis, penyiar radio, sama penulis yang bisa keliling dunia. Ga jauh-jauh dari dunia media dan tulis-menulis.

Tapi setelah melewati waktu-waktu yang sulit, krisis jati diri, jenuh, rasa lelah dan lain sebagainya, aku sadar kalo jadi jurnalis itu ga gampang. Waktu itu emang sempet pengen banget kuliah di komunikasi UGM. Tapi, trus sadar kalo saingan masuk UGM itu se-Indonesia. Sekaligus, aku juga jadi sadar kalo sebenernya aku gak pengen-pengen banget masuk UGM.

Seiring berjalannya waktu, aku sadar kalo ternyata ada hal lain yang juga aku sukai, dan gaada salahnya menekuni itu. Bahasa Inggris. Yap, kepulangan Mama dari studi S3 nya mengingatkanku akan cita-cita masa kecilku: dosen bahasa Inggris. Sejak sadar kalo ternyata jauh di lubuk hatiku yang paling dalam aku pengen jadi dosen, aku mulai banyak-banyakin baca novel bahasa Inggris, cari-cari referensi berbahasa Inggris, rajin buka kamus, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Hal lain yang kemudian makin menguatkan tekadku adalah English Action Days 2016, sebuah kompetisi bahasa Inggris dengan 6 cabang perlombaan. Tahun ini, di tahun terakhir aku bisa berpartisipasi di EAD, aku ikut lomba yang aku pengenin banget: drama.

Tentang lomba itu emang belom sempat aku share di blog secara spesifik, karena setelah latihan untuk lomba, rutinitasku berganti dengan belajar untuk persiapan ujian kenaikan kelas. Di lomba itu, Tim Drama Stero mendapatkan peringkat kedua. Rasanya bahagia banget. Meskipun sebenernya ada sedikit rasa kecewa karena kita nggak dapet juara 1, tapi tak mengapa. Terbayar lunas latihan sampe gelap, sampe adzan maghrib, sampe di sekolah cuma tersisa kita (11 orang tim drama), Mister Arko sama Pak Yanto. Latihan ngaret-ngaret, angkat-angkat properti, saling komentar tentang acting, ganti skenario, penggabungan dan penghapusan scene, dan masih banyak lagi yang udah kami lewati bersama. Kebersamaan selama 3 minggu itu nggak bisa dilupain. I love you, Tim Preksu-ku {}

Udah 2 bulan berlalu setelah EAD 2016, masih kerasa banget rasa bangga dan bahagia bisa ngangkat piala pertamaku dalam 17 tahun.


***

*sigh*
Ternyata kalo udah cerita gini, aku emang gak bisa berhenti, ya. Banyaaaaaakkkkk banget kejadian yang belom sempet aku ceritain di sini. Karena suka gatau mau mulainya gimana, dan merasa kalo cerita-cerita itu terlalu personal untuk dibagi, jadi cuma ditulis di buku. Untuk ditulis di buku pun terkadang kesulitan karena terbawa perasaan.

Salah satu hal yang waktu itu cuma aku tulis di buku adalah cerita ketemu HiVi! buat pertama kalinya. Indescribable banget banget rasanya. Nggak pernah ada dalam bayanganku bakal disambut sedemikian rupa, yang bikin aku speechless dan histeris (dalam hati). Buat Papa aku, ini adalah pertemuan kedua. Pertemuan pertama Papa sama HiVi! itu pas Present Break—di hari yang sama dengan EAD.

Sore itu, 7 Mei 2016 aku baru sampe di rumah sekitar jam 7 malem. Alamat drama tampil urut kedua dari belakang -_- baru aja merebahkan badan di kasur, pintu kamar diketuk sama Papa, ditanyain mau ikut atau ngga ketemu Tulus sama HiVi! Hati udah jerit-jerit teriak pengen buanget ikutt. Tapi otak melarang, tubuh nggak mau bangun dari kasur. Sinyal dari tubuh udah minta istirahat banget. Tiga minggu latihan mulu di sekolah sampe sore, sampe rumah udah ga pake makan langsung mandi dan terkapar di kamar.

Besok paginya, seperti kebanyakan orang lainnya aku cek hape, nanyain temen-temen drama pada dateng jam berapa ke kampus. Trus tiba-tiba dari Instagram ada notif aku dimention temen SD-SMPku, Avin. Ternyata aku dimention di foto yang diupload sama kak Febri HiVi! aku kaget banget liat foto itu, karena di foto itu ada kak Febri, kak Ilham, kak Ezra sama Papa aku :’) terharuuuu sekaleeeee. Aku speechless :””

Dan itu juga hal yang bikin pertemuan pertama sama HiVi! jadi berkesan banget. They are really humble and kind, aku sampe speechless untuk yang kesekian kalinya. Best wishes buat kak Ezra, kak Febri, kak Ilham, dan kak Neida {}

***

Dan ternyata tulisan ini jadi panjang buangettt :”) tapi paling ngga apa yang ingin aku sampaikan bisa tersampaikan dengan baik. Catch me on the next post, ya :D

Cheers,
Vina Kanasya

Comments