Setahun yang lalu sih lagi sibuk sama UN

Yup. Setahun yang lalu aku lagi zuper zibuk (zaking zibuknya pake z) sama yang namanya persiapan Ujian Nasional SMP. Tahun ini? Aku lagi tidur-tiduran sambil mikirin ulangan harian tanggal 4567 Mei. Bok, tanggal 4 ulangan kimia, tanggal 5 ulangan geografi, tanggal 6 ulangan bahasa Indonesia, dan tanggal 7 ulangan pkn. Luar biasa zekaleee.
Di postingan kali ini aku pengen cerita soal tahun lalu. Persiapan UNku. Sekalian mau bagi tips(?) hahahaha ngga juga sih. Aku dulu pas udah mau UN itu biasa aja. Sempet sih panik karena beberapa kali tpm dapet jelek banget. Apalagi IPA. Jadi takut nggak bisa pas UNnya. Tapi, seiring berjalannya waktu, aku jadi sadar, kalo yang menciptakan ketakutan itu sugesti dari diri aku sendiri. Jadi, aku mulai coba buat santai sesantai-santainya. Mungkin bagi beberapa orang itu adalah hal gila, sebelum UN kok malah santai. Tapi itu caraku. Bahkan, pas UN itu aku hampir nggak buka buku blas lagi. Aku selesai UN di rumah gitu-gitu aja... Pas itu masih jaman-jamannya Cookie Run. Jadi pulang sekolah aku mainan cookie run. Nggak belajar, belajar paling cuma baca sekilas, baca-baca nggak dimasukin ke otak(?) mainan hape, dengerin radio, stalking, dll. Karena aku ngerasa, apa yang sudah aku persiapkan sebelumnya cukup. Nggak lebih, nggak kurang. Nggak perlu takut. Aku sudah berusaha, sudah berdoa juga. Apa yang perlu ditakutkan? Alhasil, aku bisa dapet nem di atas 36 yang berarti aku punya rerata 9. Nggak nyangka blas bisa dapet segitu. Aku percaya, itu adalah hasil usahaku dan kehendak Tuhan. Kalo Tuhan tidak berkehendak aku dapet segitu, ya nggak akan terjadi. Sampe hari ini aku masih percaya bahwa Tuhan dan Alam Semesta akan selalu mendukung apa yang kita putuskan. It's called universe conspiration. Bagaimana aku membuktikannya? Aku sering kok ulangan harian, bahkan uts ngga belajar untuk beberapa mapel tertentu. Dan, Tuhan berkarya. Kemaren uts eko aku dapet 82 hasil ngga belajar. "Untuk ukuran anak yang nggak belajar itu udah bagus," kata temenku. Aku setuju =")
Percaya ngga kalo semesta bakal dukung semua yang kamu putuskan, semua yang kamu inginkan? Aku percaya ☺
Vina Kanasya

Comments