Malam Minggu di Sudut Kota Surabaya

"Belum pernah sebahagia dan sebersyukur ini. Rasanya belum pernah kebahagiaan saya ada di level ini."

Itu kalimat yang pertama kali terbesit untuk membuka tulisan kali ini. Gimana nggak, di malam minggu yang tadinya aku pikir aku bakal nangis, galau, baper, trus badmood karena banyak hal, mendadak berubah dalam 2 jam sebelum hari Sabtu berganti menjadi Minggu.

Lagi-lagi, aku pengen membagikan kisah ini dari akarnya. Cerita ini bermula dari sebuah rencana pergi ke Surabaya pada tanggal 10 Desember 2016, untuk dateng ke acara pertunangan kakak sepupuku. Terdengar membahagiakan, di satu sisi atas kabar gembira dari kakak sepupuku, dan di sisi lain karena itu artinya aku bisa lari sejenak dari kepenatan dan kejenuhan sekolah.

Kebahagiaan itu mendadak bertambah seperti bilangan 4, 9, 16, 25, 36, 49, 64, 81, 100, dan seterusnya: yang dapat dengan sempurna diakar dan menghasilkan senyum terkembang saat ulangan matematika. Ya, rencana pergi ke Surabaya mendadak berubah menjadi lebih sempurna dan membahagiakan ketika tau tepat tanggal 10 Desember, akan ada HiVi yang manggung di Surabaya.


Tapi, kebahagiaan selalu satu paket dengan kekecewaan, yang entah akan datang mendahului, atau terlambat.

Jadi ceritanya, hari Senin, 5 Desember 2016, di hari keenam UAS, pas lagi bengong nunggu bel gara-gara ngerjain soal seni budaya 30 menit selesai (padahal udah dilama-lamain, baca soalnya berulang kali, mbunderi jawabannya pelan-pelan, tep aja berujung nunggu 1 jam), tiba-tiba aku mikirin rencana ke Surabaya.

"Besok hari terakhir UAS, trus tanggal 7 libur, tanggal 8 foto kelas, trus tanggal 9 malem berangkat ke Surabaya, mudahan Sabtu bisa ketemu HiVi. Etapi, foto angkatan ngomong-ngomong kapan ya? Wait, coba kuinget-inget. Kalo ga salah sih sekitar tanggal 10. *inget-inget* anjay kayaknya tanggal 10 deh. Kan gamungkin tanggal 17. Kalo tanggal 10, berarti gakbisa ketemu HiVi dong. Anjay. *berusaha ngeliat kalender yang jauh dari tempat aku duduk, udah gitu ketutupan bendera pula, dan berujung diliatin pengawas ujian*. Eh anjay, bener tanggal 10. Aih, gagal ketemu dong :( misalnya naik bis tanggal 10 siang, sampe surabaya malem, aduh emang ada ya bis siang. Keknya gaada deh. Yah padahal pengen banget ketemu HiVi. Kapan lagi coba bisa ketemu."

Kira-kira begitulah perdebatan antara hati dan kepala waktu nunggu bel kelar ujian. Pas itu rasanya nyesek banget, gelo (nyesel), trus kesel juga. Jadi tambah nggak sabar mau pulang, trus ngasih tau Papa kalo gakbisa berangkat tanggal 9 malem. Begitu aku ngasih tau Papa siangnya, Papa cuma bilang, “Untung nggak jadi beli tiket tanggal 9.” Aku udah galau banget itu, gagal ketemu HiVi, padahal udah kangen.

Tanggal 6 tiba-tiba di whatsapp Papa, dibilangin kalo ada kereta jam 11, 4, atau 4.30 buat ke Surabaya tanggal  10. Waktu itu posisinya belom tau kira-kira foto angkatan kelar jam berapa, jadi untuk amannya, Papa beli tiket jam 4, sampe Surabaya jam 8 malem. Sebenernya pengen banget beli tiket yang jam 11, biar sampe surabaya jam 3 sore, tapi apa daya, daripada nggak ikut foto angkatan.

THEN SUDDENLY, hari Jumat tiba-tiba dapet kabar kalo hari Sabtu nggak jadi foto angkatan karena jaket angkatannya belom jadi. YA LORD ITU KESELNYA KAYA APA :((( udah keburu beli tiket yang jam 4 sore, eh tau gini nggak jadi foto angkatan. Hmm yasudah, mungkin emang bukan jalannya. Tapi, bukan ini kekecewaan yang pertama.

***

Stasiun Kereta Api Tugu Yogyakarta, 10 Desember 2016

Aku sama Papa sampe stasiun kurang lebih jam 3:15, dan tiba-tiba ada pengumuman kalo kereta yang bakal aku naikin baru bakal nyampe Jogja jam setengah 6 sore. OMG :( aku langsung berhitung dengan waktu dan kemungkinan utuk ketemu HiVi. Misalnya kereta baru berangkat jam segitu, paling nggak bakal baru bakal sampe Surabaya jam setengah 10 malem. Waaaa sedih banget itu :”) nyesek se nyesek-nyeseknya :””

Singkat cerita, sekitar jam 5 aku sama Papa balik ke stasiun setelah ‘membunuh waktu’ dengan nongkrong di tempat lain. Keretanya baru masuk stasiun pukul 17:20, dan berangkat tepat pukul 17:30. Aku masih menghitung segala kemungkinan terburuk, karena aku pengen banget ketemu HiVi.

***

Sekitar jam setengah 10 malem, di mana kalo perhitunganku bener, harusnya kan udah sampe di Stasiun Gubeng, tapi ternyata belom :”) jam segitu aku mantengin storynya HiVi terus di IG, dan jadi tambah galau. Bener-bener berharap, ketika sampe di Grand City nanti, HiVi masih disitu. Sekitar jam 10 kurang 10, kereta baru masuk ke stasiun. Sepanjang sisa perjalanan aku udah galau, diem aja, cemberut, hopeless gitu. Begitu kereta berhenti dengan sempurna, aku sama Papa turun, trus keluar lewat pintu Gubeng Lama, nyebrang sambil nungguin temennya Papa. Sebenernya sempet dibilang Papa, kalo tempat HiVi manggung itu cuma seperlemparan batu dari Gubeng Lama.

Aku udah lupa sih mukaku kaya apa, tapi bener-bener sedih banget waktu itu. Dan begitu mobil temennya Papa (yang aku panggil Suk Suk Alin) terparkir di Grand City, aku langsung turun dari mobil. Jalan dari basement, menuju lokasi pameran otomotifnya. Tempatnya udah sepi banget, mallnya juga udah gelap. Tapi, Papa langsung ngajak masuk ke tempat panggungnya HiVi. Dan begitu sampe di lapangan tempat panggungnya, di barikade masih ada segerombolan orang. Aku sama Papa agak lari-lari ke situ, dan dari jauh, ada sosok yang aku kenal. Begitu aku sampe di barikade, aku langsung teriak sekeras mungkin.

“Kak Ezra! Kak Ilham!”

Tapi kak Ezra sama kak Ilham nggak noleh, mungkin karena di situ masih rame, masih banyak Hifriends yang terus manggilin mereka. Dan kayaknya kak Ezra sama kak Ilham lagi bikin video testimoni gitu. Papa juga berusaha manggil kak Ezra sama kak Ilham. Sampe akhirnya...

“Eh, kok kamu ada di sini Vin?” – kak Ezra

“Lhoh, kamu ngapain di sini? Bukannya harusnya di Jogja ya?” – kak Ilham

Akhirnya kak Ezra sama kak Ilham noleh ke aku sama Papa. Diajak masuk melewati barikade. Di situ juga ada Mas Rio, managernya HiVi yang ikutan kaget liat aku sama Papa. Kak Neida juga cukup terkejut gitu. Dan pas masuk di tenda warna putih, ada kak Febri yang nggak kalah kagetnya. Surprise!

“Hai, kamu di sini?” – kak Neida

“Lhoh, Om Singo di sini? Astaga, makasih banyak lho, Om.” – kak Febri

Yang tadinya udah hopeless banget nggak bisa ketemu, ternyata masih dikasih jalan sama Tuhan untuk mengobati rasa rindu ketemu HiVi di Surabaya, bikin kejutan buat mereka. Waktu di tenda itu, aku bilang ke kak Febri kalo banyak banget temenku yang nitip salam untuk kak Febri. Cuma sempet ngobrol sebentar karena area itu mau diclear. Akhirnya malah diajak makan sama kak Febri, dan setelah serangkaian rencana di sampaikan, aku, Papa, sama Suk Suk Alin menuju ke hotel tempat HiVi nginep.

***

Sumpah, nggak pernah ada dalam bayanganku bisa bikin kejutan sedemikian rupa. Di hotel, duduk di salah satu tempat sambil nungguin yang lain. Nah, waktu itu, aku minta tulisan ke kak Febri buat temen aku, Ega sama Tami. Sebenernya masih pengen minta satu lagi buat Evangelyn, tapi aku ‘nggak enak’ kalo minta kebanyakan [next time ya, Ngel :”)]. Di situ ngobrol buanyak banget sama kak Ezra sama kak Febri. Sempet nanya ke kak Ezra:

“Kaget, kak?”

“Lhoh ini di mana ya? Di Surabaya atau di Jogja. Aku langsung ‘ini di mana ini ya?’ aku langsung gitu, sumpah! Jadi pas liat he? Surabaya kan bener? Asli.”

Trus tiba-tiba, aku pengen nanya hal lain sama kak Ezra.

“Kak Ezra aku mau nanya.”
“Apa yang mau ditanyakan?”
“Lagu ‘Lihatlah Dunia’ itu ada kak Ezra nyanyi 1 kalimat ya?”
“Tebak yang mana.”
“Iya kan?”
“Tebak.”
“Aku lupa liriknya.”
“Tapi tau kan?”
*mikir* “Dan jika kau pernah bertanya... iya nggak?”
“Aku lupa liriknya apa ya *ketawa*”
“Kenapa cuma 1 kalimat? Kenapa nggak 1 bait?”
“Kelamaan. *ketawa*”

(ketika lagi bikin nulis pun aku nggak berhenti senyum-senyum inget kejadian itu, beneran). Terus, setelah nunggu agak lama gitu, aku memberanikan diri buat minta tanda tangan di album “Pop Hari Ini” ke kak Ilham yang sedari tadi sibuk di lobby. Dan menanyakan pertanyaan yang tadi aku ajuin ke kak Ezra.

“Kak Ilham, boleh minta tanda tangan?”
“Boleh dong.”
“Kaget nggak?”
“Kaget, tadi aku liat lhoh, di atas panggung nggak ngeliat kok tiba-tiba ada, harusnya di Jogja.”
“Sekaget apa, kak?”
“Kaget lah, kan harusnya ketemunya di Jogja biasanya, ini lagi turun panggung tau-tau lhoh, si Om ada di sini.”


Taken by: Papa

Setelah minta tanda tangan dan foto sasma kak Ilham, aku memberanikan diri buat ngomong juga sama kak Neida, minta tanda tangan sama foto ‘di Surabaya’. Sempet juga ngobrol sebentar sama kak Nei.

“Kak Nei, boleh minta tanda tangan? Buat temen aku.”
“Beda namanya.”
“Iya kak, buat 2 orang.”
“Nggak, aku beda nulis namanya. Tadi nama panggilan, ini nama panjang.”
“Nggak apa-apa, kak.”
“Perasaan baru kemaren foto bareng.”
“Iya kak, seminggu yang lalu.”
“Tempatnya beda,” kata Papa.
“Boleh-boleh boleh. Gimana uasnya?”
“Udah ada yang keluar sih kak nilainya, remed. Satu angkatan pula.”
“Nggak papa kalo remednya satu angkatan. Tapi yang lainnya oke kan?”
“Puji Tuhan kak.”

Taken by: Papa

Setelah itu, minta foto juga. Ini nih, habis minta foto sama kak Neida, aku minta foto sama kak Ezra, dan ada kejadian yang..............

“Zra, mau minta foto. Fotonya di Surabaya,” kata Papaku
“Biar keliatan Surabaya gimana?” *ketawa*
*foto*
“Cukup Surabaya nggak, Om?”
*liat hasil foto*
“Yah, mantul kacamatanya.”
“Tapi kalo aku lepas kacamata sipit, kak :)))”
“Kita belo-beloin aja,” kata kak Ezra

Taken by: Papa

Setelah itu, aku minta foto sama kak Febri juga (sebenernya ini Papa yang mau sih wkwkwk). Aku lagi duduk di tempat sebelumnya, dan tiba-tiba dipanggil sama kak Febri, diajakin foto bareng Hifriends Surabaya yang ada di situ.

Taken by: Papa

“Vin, foto yuk. Ini Hifriends dari Jogja nih.”

Asli, bentukanku di foto buluk banget! Wkwkwk. Tapi, nggak apa. Itu momen yang cukup langka juga. Singkatnya, setelah foto sama temen-temen Hifriends Surabaya, kak Febri ngajakin makan. Setelah dikasih tau gitu tempatnya di mana, aku, Papa, sama Suk Suk Alin menuju daerah yang namanya Pucang.

Captured from @sayhivi's snapgram on Instagram

Sebelum pergi dari hotel, aku ngeliat kak Ezra juga lagi jalan sama beberapa Hifriends, dan nggak ikut naik mobil. Suk Suk Alin menepikan mobil, Papa manggil kak Ezra, dan nanya, nggak ikut makan? Dijawab sama kak Ezra, kalo mau cari makan yang deket-deket aja. Trus aku cuma nimbrung aja, “See you soon, kak Ezra!”. “Sampe ketemu lagi ya, Vin!”

***

Sampe di daerah yang dimaksud, dan setelah markir mobil, aku, Papa, sama Suk Suk Alin nyari tempat kak Febri. Setelah ketemu, kita join di situ. Ada sekitar 7 orang Hifriends, ada kak Kevin juga, fotografernya HiVi. Banyak momen yang nggak bisa aku lupain waktu makan itu. Momen-momen itu bener-bener nggak bisa dideskripsiin, aku nggak tau harus cerita gimana. Buat aku, dini hari itu amat sangat luar biasa. Aku speechless, bahagia banget.

Aku cuma keinget aja, beberapa jam yang lalu, di kereta, aku galau, cemberut, sedih, kesel, nyesel, dan berbagai perasaan lainnya. Tapi semua itu berubah, berbalik 180° dalam beberapa jam saja. Di momen itu, aku juga dapet banyak banget pengalaman dan sudut pandang yang baru. Aku sepanjang makan lebih banyak  diemnya, memperhatikan dengan seksama dan menggenggam memori yang unforgettable itu.

Taken by: Papa

Taken by: Kak Kevin Syah
Nggak pernah bayangin sebelumya bisa ada di situ, makan di lesehan pinggir jalan bareng kak Febri, kak Kevin, Papa, Suk Suk Alin, dan Hifriends Surabaya dengan berhias tawa bahagia. Di situ, kita nggak cuma makan, tapik kita juga saling berbagi banyaaak banget. Beberapa yang aku masih inget adalah ketika kak Febri nanyain ke temen-temen Hifriends dan aku yang ada di situ, “Apa bedanya speak sama talk?” setelah semua dari kita mencoba menjawab, ternyata nggak ada yang bener. Kak Febri kemudian ngasih contoh untuk menjelaskan ke kita, apa bedanya speak sama talk.

“Kalo bedanya listen sama hear apa, kak?” tanyaku
“Wah nggak tau. Kamu tau?”
“Nggak, makanya aku tanya.”

Dan percakapan itu lantas mengundang tawa dari Hifriends yang ada di situ.

Ini akan jadi salah satu memori yang indah. Semua cerita yang amat membekas di hati sebisa mungkin aku tulis, entah akan dipublikasikan di blog atau nggak, karena kata pepatah Latin:

“Scripta manet, verba volant.” – yang terucap akan hilang, yang tertulis akan abadi.

***

Lagi-lagi, aku ngerasain yang namanya Tuhan itu nggak pernah tidur, dan Tuhan memang selalu punya rencana yang indah banget buat mereka yang percaya. Untuk ke sekian kalinya, aku merasakan itu. Kejadian serupa yang sampe hari ini masih bikin aku terus bersyukur adalah kejadian yang aku ceritakan di postingan sebelum ini.

Sebelumnya lagi, aku pernah juga cerita gimana aku yang udah gelisah nggak bisa pergi ke sekolah pagi itu karena ojek online ijo lagi mogok, tiba-tiba Tuhan bantu aku lewat seorang tetangga yang bersedia nganterin aku ke sekolah. Dan meski telat, aku tetep dengan senyum, jalan di koridor menuju kelas. Nggak sampe di situ, sorenya waktu aku cari buku biologi sama Mama, buku yang aku cari bener-bener tinggal 1 di toko buku itu. Di situ aku tahu, kalo Tuhan nggak pernah tidur, dan Ia selalu ada untuk kita.

Sama kaya kejadian di tanggal 10-11 Desember 2016 itu. Yang tadinya udah hopeless, sedih, galau, tiba-tiba berubah dalam hitungan jam, bahkan menit. I thank God for everything that happened in my life.

***

“Terkadang, memahami hidup adalah dengan bersyukur atas segala lika-liku di dalamnya.” – vin

Sebenernya, nggak sampe disitu aja hal yang bikin bahagia. Kemaren malem, pas baru aja bangun setelah ‘hibernasi’ habis perjalanan, aku motretin tanda tangannya HiVi yang sengaja aku minta untuk Ega dan Tami. Jadi, kemarennya waktu lagi di hotel itu, aku minta tulisan ke kak Febri untuk mereka berdua.

Tulisannya kak Febri itu aku foto, trus aku share ke Ega sama Tami. Dan, mereka bahagia banget dengan itu. Kebahagiaanku berlipat ganda ketika aku bisa bikin orang lain bahagia. Jujur, ngeliat Ega sama Tami, aku jadi tau makna bahagia yang sesungguhnya. Bahagia itu, bahagia kita, dibagiin ke orang lain.

“An endless happiness occurs when you always spread your happiness to other people.” – vin

Nggak ada kata lain selain terima kasih untuk Tuhan yang selalu punya kejutan di setiap rencananya. Makasih buat Papa, Suk Suk Alin, makasih juga buat teman-teman Hifriends Surabaya, dan pastinya makasih kak Ezra, kak Febri, kak Ilham, dan kak Neida. See you soon!
P.s: Kalo ketemu lagi, albumnya udah harus jadi ya, kak :))


Cheers,
Vina Kanasya

-hampir sama kaya tulisan sebelumnya, aku butuh waktu kurang lebih 2 hari nulis ini. Jadi, mohon dimaafkan perbedaan gaya bahasa di tulisan ini-


Comments