Penerimaan awal kebahagiaan

Alohaaaa. Lama gak nulis yaa. Ngomong-ngomong, selamat hari kemerdekaan untuk Indonesia tercinta! Sudah 71 tahun Indonesia merdeka.....mmm, yakin merdeka? Sebenernya kita masih dijajah lho. Dijajah kemalasan, kesombongan, ketidakjujuran, ketidakpedulian, dan lain-lain. Dan ada 1 lagi yang menjajah kita, membuat kita lupa sama tugas dan kewajiban kita. Apalagi sih kalo bukan gadget? Kemana-mana bawa hape, tiap menit cek hape, ke mana-mana chek in. Hadeuh. Kapan kita beneran merdeka kalo generasi mudanya jadi generasi nunduk gitu. Aku pun mengakui, kalo ngecek hape itu juga udah jadi suatu kebutuhan setiap saat buat aku.

Sebenernya kemaren senin pengen nulis, pengen cerita, tapi gasempet karena pulang sore, udah capek banget. Hari ini, berhubung cuma upacara dan pulangnya gasik, jadi menyempatkan diri buat ngisi blog.

Kemarin Senin, 15 Agustus 2016, aku menutup hari dengan senyum dan keyakinan bahwa Tuhan memang tidak pernah tidur. Jadi, ceritanya ue bangun kesiangan kan. Aku selesai makan udah jam setengah 7 lebih, sementara adekku masih belom makan. Akhirnya aku bilang ke Mama, aku mau berangkat sendiri pake ojek online yang warna ijo itu. Aku duduk di pos satpam. Udah order, tapi belom dapet driver. Udah jam 6:45. Sekolahku bel jam 6:55. Di satu sisi udah tau bakal telat, tapi di sisi lain entah kenapa rasanya masih tenang-tenang aja. Trus ada seorang tetangga yang lagi keluar rumah. Nanya kan sama aku, kok belom berangkat. Entah kenapa, aku ada 1 keyakinan di hati kalo Bapak ini mau nganterin aku ke sekolah. Tapi aku sama sekali nggak berekspektasi daripada ntar kecewa. Tiba-tiba si Bapak ngeluarin motornya dari garasi trus bilang, “Ayo Vin. Saya antar saja.”

Di satu sisi agak nggak enak sih harus ngerepotin si Bapak, tapi aku nggak ada pilihan lain. Ada kuis Bahasa Inggris dan pertemuan majalah hari itu, aku nggak bisa nggak masuk. Meski sempet ragu karena nggak mau ngerepotin, akhirnya aku terima juga tawaran si Bapak. Nggak ada kata lain yang bisa aku sampaikan ke si Bapak selain terima kasih. Aku sama si Bapak baru berangkat jam 7 kurang 10. Tapi aku masih tenang-tenang aja. Nggak ada perasaan sedih, marah, apalagi kecewa meski udah tau bakal telat.

Singkat cerita, akhirnya aku sampe di sekolah jam 7 lebih 5, itu lagi doa. Selesai doa, aku ngurus ijin masuk kelas. Aku ninggal tas di meja piket, jalan ke kelas. Aku bingung kenapa aku biasa aja, tenang, gak emosi. Jujur, aku ngerasa kalo itu adalah kebahagiaan. Kebahagiaan yang muncul dari penerimaan dengan lapang dada. Aku ikut pelajaran kimia dari luar.

Sorenya, setelah ekstra, aku cari kendaraan buat ke kampus Mama karena berencana cari buku. Daripada Mama harus ke Stero, trus balik lagi ke arah Gejayan, aku bilang biar aku aja yang ke kampus. Ojek online ijo itu ternyata lagi mogok (bahkan sampai ketika tulisan ini dibuat), aku terpaksa cari taksi. Hal berikutnya yang aku syukuri di situ adalah, harga taksinya pas sama uang yang lagi aku kantongin. Aku bener-bener bersyukur.

Sampe depan ruangannya Mama, aku udah janjian sama kak Sari. Dan ternyata di situ ada beberapa temennya kak Sari. Ada kak Caca sama kak Novan. Itu doang sih yang aku tau. Trus aku ngeluarin kaos pesenannya kak Sari. Setelah ngobrol dikit bareng kak Sari, kak Caca, sama kak Novan, aku pamit ke tempat Mama. Habis itu, aku sama Mama cari makan, baru pergi ke toko buku di ujung jalan Gejayan.

Sore itu, aku makin yakin kalo Tuhan memang tidak pernah tidur; Tuhan bekerja dengan amat sempurna. Buku yang aku cari, tinggal 1 di toko itu. Satu-satunya. Bisa bayangin bahagianya kaya apa? Rasanya bersyukur banget banget. Nggak ada kata lain selain bersyukur untuk hari itu.

***

Hari itu, aku belajar bahwa penerimaan adalah resep bahagia yang paling utama. Ketika kita bisa menerima kenyataan dan takdir yang memang sudah digariskan untuk kita dengan lapang dada, yakin aja kalo pasti ada kebahagiaan yang menanti. Karena sesungguhnya, kitalah yang menentukan, kita mau bahagia, atau nggak.

“Jangan-jangan nasihat orang tua itu benar: Bahagia adalah pilihan. Kitalah yang memilih mau bahagia atau tidak.” – Tere Liye


Happy Independence Day

Cheers,



Vina Kanasya

Comments