2016: Pelangi dalam Kedipan Mata

“Tiga pertanyaan yang paling menghantui menjelang tahun 2017, yaitu ‘Udah siap jadi anak 18 tahun? Siap ujian? Udah siap kuliah?’. Hadeu.”

Heyooooooo semuanyaaaahhh

Uuuww lama nggak nulis ya :)))) kemaren pas liburan di Jember nggak bawa laptop, berulang kali mau coba nulis di hape tapi nggak dapet feelnya. Jadi selalu berujung dengan baca “Catatan Najwa”-nya Najwa Shihab, “Sepotong Senja untuk Pacarku”-nya Seno Gumira Ajidarma, atau “Tentang Kamu”-nya Tere Liye.

Nah, seperti di tahun-tahun sebelumnya, aku akan membuat rekapan kejadian apa saja di tahun ini. 2016 berjalan secepat kedipan mata. Luar biasa ketika banyak kejadian yang ‘rasanya baru kemaren deh’ ternyata sudah tertinggal jauh di belakang. 2016 juga jadi saat di mana banyak kisah lama yang telah kututup, lantas kupeluk sebagai pelajaran hidup. Aku tak melupakannya, aku hanya berdamai agar tak ada lagi luka saat diingat. Yang ada hanyalah senyum perdamaian.


Hal pertama yang pengen aku ceritain adalah hadiah ulang tahun dari sekolah yang luar biasa spektakuler dan menakjubkan bikin lelah, nggak cuma fisik tapi juga mental. Jadi, mulai pertengahan Januari 2016, anak kelas 11 sibuk banget nyiapin praktek kerja lapangan (PKL). Anak IPA, IPS, sama Bahasa punya kewajibannya sendiri-sendiri. Anak IPA diwajibkan bikin alat untuk ngukur kecepatan angin, ngukur kecepatan air, alat untuk ngukur kapilaritas tanah, dan....alat untuk ngukur tinggi pohon/tiang listrik. Pas PKL juga dapet informasi-informasi tentang bunga krisan yang jadi mata pencaharian orang-orang di Samigaluh, Gunung Kidul.

Aku pribadi jujur nggak terlalu seneng sama PKL. Ada crash sama temen satu kelompok, and it ruined my mood for the whole activity there. Dan dari sebelum pelaksanaan pun udah ada salah paham yang bikin kacau. Jadi cuma dijalani setengah hati. Dari awal juga sebenernya nggak terlalu excited buat PKL. Karena dari sebelum PKL udah diingetin bapak/ibu guru kalo bakal ada laporan, jadi aku nggak terlalu bisa enjoy jalaninnya. Habis PKL juga capek banget, soalnya semalem disana tidurnya cuma 4 jam. Alhasil, siang begitu sampe rumah aku langsung tidur dan baru bangun.........keesokan paginya buat sekolah. Hadeu, Vin.

Kenapa di depan aku bilang kalo PKL adalah hadiah ulang tahun dari sekolah? Karena......PKL itu dilaksanakan 2 hari setelah hari ulang tahunku. Pedih, miris, sedih :”) jadi ulang tahun yang cukup berbeda aja dari 16 ulang tahun sebelumnya gitu. Nah, Februari 2016 juga jadi momen pertama di mana aku ngerayain ulang tahun bareng temen-temen. Nggak banyak, cuma 5 orang, makan malam di sebuah restoran pizza. Sederhana, tapi membahagiakan.

Hal berikutnya yang berkesan adalah English Action Day 2016 yang diadakan PBI Universitas Sanata Dharma. Lombanya bulan Mei, dengan lama persiapan kurang lebih 3 minggu. Bersama sama 10 orang lainnya, berjuang nyiapin drama yang akan dilombakan. Dari lomba itu, Stero berhasil mendapatkan juara 2 (cerita lengkapnya bisa dibaca di tulisan berjudul “Satu Paket Kerinduan dengan Cinta”).



Taken by: Utari Milenia Putri

Juni 2016, aku dapet kesempatan ketemu HiVi! buat pertama kalinya di Dental Project FKG UGM 2016. Pertemuan sore itu di luar dugaanku. Dan aku masih baper banget kalo inget waktu itu bisa ngobrol sama mereka. Bahkan, sampe hari ini pun ternyata aku masih jatuh hati banget sama HiVi!. Apresiasi dan rasa sayang itu aku tuangkan dalam tulisan berjudul “Mengenal Lewat Karya adalah Sebuah Proses Jatuh Hati”.

Taken by: Papa Singo


Juli 2016, apalagi kalo bukan tahun ajaran baru. Pisah dari temen-temen kelas XI IPA 1, sedih sih, soalnya justru malah jadi klop di akhir tahun ajaran. Aku naik ke kelas XII IPA 1. Pisah kelas dari Jo, sedih sebenernya, tapi bisa apa? Trus, di kelas yang baru ini, aku juga dipercaya temen-temen jadi wakil ketua kelas, sebenernya sama sekali nggak mau, tapi, ya mau gimana. Selama di kelas 12 juga jadi lebih banyak diemnya, lebih banyak bersyukur sama keadaan, ngurang-ngurangi ngeluh ternyata berhasil bahagia.

Agustus 2016 aku ikut DBL, jadi jurnalis bareng Ajeng. Pendaftarannya ribet banget. Berkasnya mulai dari formulir pendaftaran sampe ijazah asli (yang bikin Papa sama Mama ngomel-ngomel). Aku jadi writer, Ajeng jadi photographer. Sebagai writer, aku harus menjurikan 1 tulisan utama. Sebuah tulisan tentang kembar Jaqueline-Josefien aku kumpulkan buat penjurian. Beyond my expectations, tulisan itu berhasil membuatku membawa pulang gelar “Best Writer”. Hari itu aku bener-bener bersyukur, dan nggak ada kata lain selain terima kasih pada Tuhan, dan semua orang yang udah kasih dukungan. (Cerita lengkap tentang DBL bisa diliat di postingan berjudul “Basket, Best Writer, dan Perpisahan”).


Taken by: Clara Ajeng

Setelah DBL, hal berkesan berikutnya mungkin adalah saat di mana aku akhirnya menemukan passion dan impianku. Aku tahu persis apa yang aku inginkan, apa yang aku suka, dan kemana aku mau melangkah. Dengan keyakinan yang baru, aku cuma beli 1 formulir universitas, dan cuma milih 1 prodi: Pendidikan Bahasa Inggris. Yap, aku udah yakin, udah memantapkan hati buat kuliah pendidikan, mengikuti jejak Papa sama Mama. Bagiku, itu jadi salah satu hari yang membahagiakan, karena itu artinya, aku nggak bingung lagi ke mana harus melangkah.

Desember 2016, ada beberapa kejadian yang berkesan. Yang pertama, ketemu HiVi lagi, dan kali ini bisa punya kesempatan ngobrol yang lumayan banyak, terutama sama kak Ezra dan kak Febri. Pertemuan itu bener-bener nggak tergambarkan #forevergrateful. Setelah ketemu HiVi di Jogja tanggal 4 Desember, seminggu kemudian, aku sama Papa pergi ke Surabaya buat menghadiri pertunangannya kakak sepupu aku. Dan, pas aku sama Papa ke Surabaya itu, HiVi juga ke Surabaya! Alhasil, aku sama Papa iseng bikin surprise kecil buat mereka. (Baca: “Malam Minggu di Sudut Kota Surabaya”). Setelah itu, besok siangnya aku sama Papa pergi ke tunangannya Cece Nonik. It was a happy day!


Surabaya, 11 Desember 2016. (Dok. Pribadi)

Yogyakarta, 4 Desember 2016 (Diambil oleh: Papa Singo)
Setelah surprise di Surabaya dan liburan di Jember, momen membahagiakan lainnya di bulan Desember adalah ketika UAS selesai, pengumuman jalur prestasi Sanata Dharma keluar: diterima di Pend. Bahasa Inggris, dan hasil rapot semester 1 keluar: cukup memuaskan.

Desember 2016 juga jadi momen kumpul keluarga. Kemaren sempet liburan 10 hari di Jember, ketemu saudara-saudara dari pihak Papa. Trus, hari-hari ini keluarga dari pihak Mama juga lagi pada ngumpul di Jogja.

***

Secara garis besar, itu semua adalah hal-hal yang berkesan dan masih terngiang selama 2016 ini. Masih banyak sebenernya hal-hal lain yang terjadi di 2016, cuma, ingatan jangka pendek ini membatasi aku mengingat semuanya. Nggak cuma peristiwa yang udah aku uraikan di atas, tapi lebih dari itu, aku dapet banyak pengalaman baru; bertemu orang baru; mencoba sesuatu yang lain; berusaha keluar dari zona nyaman; punya kesempatan ngembangin bakat dan passion aku; dan masih banyak yang aku dapatkan. Sekarang, aku pengen nulis tentang orang-orang (yang baru kenal, maupun yang jadi deket) yang menghiasi 2016 ini.

Kak Sari. Aku kenal kak Sari pertama kali itu pas EAD 2015, dan kita ketemu lagi (sebenernya nggak bisa dibilang ketemu sih, soalnya cuma liat-liatan) pas Play Performance 2015 yang bertajuk LOL. Ada sepenggal kisah dibalik perkenalanku sama kak Sari, dan itu adalah satu dari sekian banyak kisah yang telah kututup di 2016 ini. Kak Sari adalah alumni Stero 2013, dan sekarang ia adalah mahasiswa PBI. Aku dan kak Sari sama-sama suka nulis, dan sama-sama suka baca. Ia adalah seorang teman diskusi yang menyenangkan. Selayaknya sahabat lama, kami sering berbagi kisah satu sama lain. Terus kaya gini ya, kak :3

Taken by: Clara Ajeng

Bu Siwi. Bu Siwi ini guru BK di Stero. Aku jadi deket banget sama beliau karena waktu itu lagi galau banget, dan udah nggak tau harus cerita ke siapa. Sejak itu, aku jadi lumayan sering cerita- cerita sama Bu Siwi, sering ngerusuhin Bu Siwi di BK, sering sharing-sharing juga sama Bu Siwi. Bu Siwi juga tau semua mimpi-mimpiku, semua rencana hidupku. Bu Siwi juga tahu kalo aku luarnya aja kuat, dalemnya mah rapuh :”)

Frau Endah. Frau Endah adalah guru Bahasa Jerman di Stero. Dari awal masuk Stero, aku udah suka banget sama Frau. Frau selalu memotivasi anak-anak, dan selalu membagikan semangat positif kemanapun beliau pergi. Frau asyik banget diajak ngobrol, dan Frau juga yakinin aku kalo aku pasti bisa menguasai Bahasa Jerman. Frau yang bilang kalo suatu hari nanti aku harus keluar dari zona nyamanku. Frau Endah juga yang dulu wawancara Papa aku sebelum masuk Stero. Frau yang yakinin aku kalo aku bisa dapet NEM di atas 36 untuk meraih beasiswa Tarakanita. Masih inget waktu itu Frau bilang, “Saya yakin Alfonsa bisa dapat NEM di atas 36. Bisa ya, Alfonsa?”. Dan itu jadi kenyataan, aku dapet nem 36 sekian, dan berhasil dapet beasiswa Tarakanita :”)

Pak Kartono. Kenal beliau karena ikut Bengkel Bahasa yang diadain sama Balai Bahasa Yogyakarta. Beliau adalah guru Bahasa Indonesia di De Britto dan dosen di Pendidikan Bahasa dan Sastra Sanata Dharma. Tulisan dan buku beliau udah banyaaaakkk bangettt. Aku sering baca tulisan beliau di Kompasiana. Beliau adalah orang yang sangat menginspirasi aku untuk terus menulis; jangan berhenti. Satu hal yang ingin aku contoh dari beliau adalah, kelak aku akan keliling dunia, karena tulisanku. Terima kasih, Pak!

Joaene Augustine. Sebenernya nggak bisa dibilang baru kenal, tapi juga ngga bisa dibilang udah kenal lama, nahlo. Hahaha. Aku kenal Joaene sejak Desember tahun lalu karena sebuah kisah yang telah berlalu. Di 2016 ini, aku sama dia makin deket. Beberapa kali dilewatin dengan jujur-jujuran satu sama lain, yang berujung dengan nangis, trus ketawa lagi. Dia ini mah “Orang yang Sering Aku Tinggal Tidur”. Sama dia apa aja bisa dibahas, dari urusan sekolah, sampe urusan perasaanku yang sering bikin dia kesel. Sampe saat ini, Jo adalah salah satu dari yang terbaik, sahabat yang beneran sahabat. Meskipun sering ngambek, sering badmood, tapi ku tetap sayang kamu kok #eh. Sedih juga besok dia kuliahnya nggak di Jogja.


Dok. Pribadi


Yoke Silvia sama Monica Cherlyn. Sepaket ini mah. Lupa sih gimana awalnya kita bisa deket gitu. Pokoknya sekelas di kelas 10, tapi kepisah di kelas 11-12. Yoke baru aja legal, gais :))) ini juga salah dua dari yang terbaik di SMA. Semoga Yoke bakal kuliah di farmasi USD. Amin. Sering aku buat ngambek, sering aku minta nemenin ini-itu. Sering aku mintain tolong bantu kerjain, minta ajarin. Banyak lah pokoknya. Kalo Cherlyn, udah pasti banget dia di Akper. Kalo besok aku masuk rs, kamu yang obatin ya cher :3

Narwastu Jati. Ini kenalnya udah lama, tapi entah kenapa rasanya baru di 2016 ini jadi tambah deket. Wastu ini partner nulis, partner baca, partner baper, partner fangirling abang imut, dan mantan partner ngurus majalah tahun ajaran lalu. Oiya, pas ada tugas bikin cerpen kemaren, Wastu pake kisahku buat jadi cerpennya dia. Banyak deh kalo tentang Wastu, tapi aku belom pernah foto sama Wastu :(

Utari Milenia Putri. Dia ini koordinator supporternya Stero pas DBL kemaren. Lupa juga gimana awalnya bisa deket sama Tami. Oh, mungkin karena dia sering minta tolong aku fotoin dia wkwkw. Gak deng. Canda. Mulai deket sama Tami kayaknya sejak aku jadi jurnalis DBL, soalnya beberapa kali bantu Tami ‘nyelundupin’ kamera kalo Stero tanding. Seneng kenal dia, orangnya baik, gampang deket sama orang lain, apa adanya, gemesin huahaha. Tami juga yang waktu itu videoin drama EAD kita :))) Kemaren sih habis mintain tanda tangan dari HiVi! buat dia. Btw belom pernah foto sama Tami juga :(

Alma Aprilla. Kayaknya ini satu-satunya temen yang beneran ‘temen’ deh kalo di kelas :”) kenal udah sejak SMP, tapi cuma setahun sekelas. Di SMA sekelasnya pas kelas 10 sama 12. Akhir-akhir ini jadi tambah deket sama dia, sering cerita-cerita bareng, sering japok bareng (kalo sekelompok). Doa terbaikku buat kamu ya, Ma. Pokoknya kalo ada masalah kudu cerita!

Gaudentia Resika. Res, aku sebenernya lupa awal mula kita kenal wkwkwk. Mugkin karena foto lomba makan kerupuk itu, ya? Resika ini salah satu adek kelas yang paling suka aku gangguin, suka aku bikin baper. Dia juga partner baperku huahaha. Suka cerita-cerita bareng, katanya sih, dia bakal kehilangan kalo aku lulus :))) kita sering foto......pake kameranya Lala tapi. Wkwkwk. Mantan calon kandidat ketua osis nih. Lucu anaknya, gokil juga. Bakal kangen :(

Avelyana. Kenal dia gara-gara Joaene. Janji mau makan bareng dari 2016 sampe hari ini masih belom terwujud. Dia ini susah banget atuh difoto :( dan ternyata dia adalah adek kelasku di SMP sodara-sodara, tapi ku tak mengetahuinya :”)) Ave ini anak basket sama futsal, tapi yang pasti dia juga anak orangtuanya :))



(Duh banyak nih adek kelas 10 yang akrab. Wkwk). Di kelas 10 masih ada Lala yang kameranya sering buat aku sama Resika foto, Lia yang ultahnya selisih 2 hari sama aku, Bertin yang kemaren nggak seruangan ujian, trus masih ada anak-anak jurnalistik juga. Hadeu. Ternyata 2016 ku berwarna, ya :”)



Sekar Jemparing. Ketua osis yang seleranya mirip-mirip nih sama aku. Sejak saat itu langit senja tak lagi sama ya, Jem? :)) ayo digol in dong itu prokermu :( I count on you ya :3 ayo bawa Stero lebih jauh lagi bareng Diva. Diva Swastika. Wakilnya Jemparing yang suka minta aku fotoin gituu. Deket juga sama dia.

Jaqueline-Josefien. KEMBAR :3 karena nulis tentang mereka, aku jadi Best Writer :”) yaampun sampe 366/366 aku masih gabisa bedain kalian kalo kalian jalan sendiri :( maafkan daku :( seneng banget bisa kenal mereka, meski aku banyak dosa, masih gabisa bedain kalian.



Inez, Uly, Gaby, Reni, dll, pokoknya anak-anak majalah kelas 11. Kuserahkan majalah ke kalian ya, buktiin kalo majalah Stero itu nggak kalah sama yang lain. Me lav ya :3

Mas Mer. Kalo gaada Mas Mer, mungkin urusan DBL bakal lama kelarnya. Dia ini coach basketnya Stero. Yang bantu ngurusin pendaftaran DBL, ngejar berkas ini itu. Ujung-ujungnya jadi temen ceritaku juga. Banyak berbagi juga sama Mas Mer.

Bu Peni. HUAHAHAHA entah kenapa pengen nulis nama beliau di sini. Bu Peni ini petugas perpus. Kalo telat balikin buku sehari, nggak usah bayar denda. Trus Bu Peni juga sering kasih rekomendasi buku gitu. Sebenernya dulu lebih deket sama Bu Sam, tapi sejak beliau pensiun, semua urusan pinjam-meminjam buku jadi sama Bu Peni. Bu Peni juga hafal nomor induk sama kebiasaan aku, kebiasaan perpanjang buku trus balikinnya sering telat sehari :)) trus Bu Peni juga sering ngomentarin buku yang aku pinjem, terakhir aku pinjem ulang “Sepotong Senja Untuk Pacarku”-nya Seno Gumira Ajidarma dengan alasan belom selesai, beliau bilang, “Biasanya kamu kan kalo bukunya tipis cepet, Vin.” Kemaren juga pas mau minjem “Catatan Najwa” sebelum libur, dibilang, “Bagus lho itu ‘Catatan Najwa’.” Trus, pernah juga dikomentarin Bu Peni waktu aku pinjem “Athirah”, “Kok kamu tahu Vin kalo ada buku baru?”. Besok kalo udah lulus, pasti bakal kangen :”)

Dhimas Agung. Udah deket sama dia sejak kelas 9, jadi tambah deket karena banyak hal. Satu dari yang terbaik di masa SMP. Ngga ngerti lagi harus nulis tentang dia gimana. Baik banget orangnya :”)

Kak Ezra Mandira. (boleh ya kak aku tulis di sini?). Kak Ezra ini gitarisnya HiVi. Jujur, sama sekali nggak nyangka bisa kenal sama kak Ezra, sampe jadi kaya temen gitu kalo ketemu :”) baru 3x ketemu, semoga masih akan ada kesempatan ketemu yang akan datang di 2017 ya, kak. Dalam ingatanku, cuma kak Ezra yang pernah nanya ‘Vina? Vina Panduwinata?’ ke aku. Kak Ezra juga yang bikin aku semangat belajar Bahasa Jerman di sekolah. Bercandaannya kak Ezra sering bikin aku senyum-senyum gajelas kalo diinget pas lagi badmood :”) kak Ezra juga motivasiku buat ngeraih mimpi-mimpiku. Seneng banget bisa kenal kak Ezra yang selera humornya sebelas dua belas sama aku.



Kak Febrian Nindyo. (boleh ya kak aku tulis di sin?). Kak Febri juga gitarisnya HiVi. Nggak nyangka juga bisa kenal sama kak Febri. Bisa ngobrol banyak juga waktu kemaren makan di Surabaya. Gak karuan senengnya :”) semoga masih ada kesempatan lain buat ketemu, dan berdiskusi banyak hal lainnya sama kak Febri. Kak Febri dari pertama kali ketemu udah semangatin aku, kasih wejangan-wejangan. Aku masih inget banget, waktu ketemu yang habis manggung di Dental Project, kak Febri bilang sama aku, “Yang nurut sama Papa, ya. Umur-umur se kamu itu umur yang udah bisa sendiri cuma sebenernya belom bisa. Jadi lagi ngeyel. Nggakpapa. Karena aku seumuran kamu juga kaya gitu.” Sejak saat itu langit senja tak lagi sama aku tau kalo kak Febri beda banget dari musisi-musisi lain yang pernah aku temui :”)



Kak Neida & Kak Ilham. Meskipun nggak sedekat sama kak Ezra ataupun kak Febri, kak Neida sama kak Ilham juga baik bangettt. Ketemu sama mereka itu menyenangkan banget, bikin pengen ketemu terus :”) Goodluck pokoknya buat HiVi, ditunggu album keduanya :D




Kak Fath. Aku kenal kak Fath waktu ketemu HiVi tanggal 4 Desember di Crystal Lotus. Nggak nyangka banget ternyata aku sama kak Fath bakal berlari di ‘lapangan’ yang sama. Kita sama-sama berjuang kuliah pendidikan Bahasa Inggris, meskipun di universitas yang berbeda :3 (dan meskipun aku baru masuk tahun depan #yha). Aku sama kak Fath juga sama-sama sayang banget sama HiVi. Kalo udah chatting sama kak Fath, pasti bahasannya ngga akan jauh-jauh dari 4 orang itu :”) dan ternyata, seleraku sama kak Fath juga sama bangett! Seneng banget kenal kak Fath. Nyambung banget kalo diajak ngobrol, chatting sama kak Fath kalo lagi bahas HiVi pasti bakal berujung dengan aku yang terlalu baper wkwkwk. I’m so happy to know her :3



***

Emang dah, kalo udah nulis, apalagi udah ngalir, di word tau-tau udah 7 halaman aja, sementara masih ada beberapa paragraf yang belom tersampaikan.

2016 sebentar lagi akan berakhir. Aku pribadi nggak masang target yang terlalu tinggi di 2017. Targetku di 2017 antara lain, lulus ujian (yang sampe sekarang masih belom jelas sistemnya akan kaya apa) dengan nilai memuaskan, bisa bikin bangga Mama dan Papa, bisa ngembangin lagi passion aku ketika nanti kuliah di Sadhar, semakin memantapkan hati untuk melangkah, terus membangun hubungan baik kepada sesama dan Tuhan, dan jadi orang yang berguna.

Kalo target diri sendiri, ya kaya banyak-banyak bersyukur, banyak-banyak baca sama nulis lagi, kurang-kurangin ngeluh, kurang-kurangin mager, harus lebih produktif, lebih rapi, lebih ramah, dan yang terpenting, bisa jadi diri sendiri di mana pun aku berada.

Ada tiga pertanyaan yang paling menghantui menjelang tahun 2017, yaitu ‘Udah siap jadi anak 18 tahun? Siap ujian? Udah siap kuliah?’. Hadeu. Apapun yang akan aku hadapi di 2017, aku harus selalu siap, karena bersamaNya, nggak ada yang nggak mungkin.

Turning 18, Vin? How do you celebrate it? Sebenernya, sejak tahun lalu, ulang tahun bukan lagi sesuatu yang harus dirayakan dengan meriah. Bagiku, ulang tahun artinya kita justru harus introspeksi diri, atas apa-apa saja yang belum tercapai di usia sebelumnya, yang artinya harus segera dicapai di usia yang baru nanti. Well, apapun itu, aku siap menghadapi 2017.

Last but not least, harapan utama yang lain adalah kebahagiaan untuk Papa, Mama, Vivi, dan semua keluarga besarku, di manapun mereka berada. Warmest hugs!


Cheers,

Vina Kanasya



P.s: kenapa judulnya “2016: Pelangi dalam Kedipan Mata”? ‘Pelangi’, ini terpengaruh banget sama single barunya HiVi yang rilis 8 Juni 2016 lalu untuk memperkenalkan kak Neida. ‘Pelangi’ adalah sebuah filosofi mengenai sesuatu yang indahnya sesaat. ‘Kedipan mata’ yang memiliki arti sesuatu yang sangat cepat. Itulah 2016 bagiku, indah dan cepat, layaknya pelangi dalam kedipan mata.

Comments