Kerinduan yang Menyusupi Ruang Hati

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Mungkin itu adalah peribahasa yang sesuai untuk kondisiku sekarang. Tulisan ini nggak akan jauh beda sama curhatku yang lainnya. Di tengah kesibukan kerja kelompok, tugas rumah, ulangan harian, materi yang tambah banyak, tambahan fisika jam 6.15 di hari Senin, dan tambahan kimia jam 8 pagi di hari Sabtu, aku masih berusaha menyempatkan diri buat nulis. Karena menulis adalah terapi jiwa.

Setidaknya, di tengah kesibukan anak kelas 12, aku udah tau besok mau kuliah apa. Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sanata Dharma. Formulir udah di tangan, kolom program studi udah disilang, tinggal tunggu legalisir rapot. Itu bikin aku lebih fokus untuk ngerjain apa-apa aja yang aku butuh.

Sebenernya, dulu sempet pengen banget kuliah komunikasi/HI di UGM. Tapi, berhubung kemampuan bahasa asing ga seberapa, dan ternyata emang nggak pengen-pengen banget masuk PTN, ya udah. Sempet dibilang sama salah satu guruku, kalo aku masuk PBI, itu berarti kan berarti aku nggak keluar dari zona nyamanku. Kalo dipikir-pikir, iya juga. Tapi, kita kan nggak pernah tau kemana angin membawa kita pergi; dan kemana kaki kita akan melangkah.

Entah ini berlebihan atau gimana, tapi aku udah mikir banget, besok mau jadi apa. Dosen Bahasa Inggris. Itu cita-cita masa kecilku. Dulu, jaman-jaman TK, kalo ditanya tentang cita-cita, kebanyakan anak akan menjawab dokter, polisi, guru, astronot, dll. Sementara aku dengan polosnya menjawab ‘jadi kaya Mama’. Jawaban itu bertahan sampe aku lulus SD. Di SMP, aku pengen jadi jurnalis sama penulis. Tapi, entah karena apa, aku mendadak jadi realistis. Keduanya bukan pekerjaan yang mudah digapai.

September 2015, Mamaku pulang dari studinya di salah satu negara bagian Amerika. Aku lantas teringat dengan cita-cita masa kecilku. Yang tadinya mau kuliah komunikasi atau HI, malah belok jauh jadi kuliah pendidikan. Itulah kenyataan yang terjadi.

Kesukaanku sama dunia bahasa juga tumbuh dari kebiasaan masa kecilku yang selalu dibacain cerita sebelum tidur. Pernah suatu kali ikut psikotest, dan hasilnya kemampuan verbaku cukup baik. Kemampuan verbaku juga terasah dengan rutinitas nulis buku harian yang sempet aku jalanin waktu masih SD. Sebulan dua bulan pertama masih rajin. Beberapa bulan berikutnya tau sendiri lah namanya anak kecil kaya apa................... Nullis di buku masih aku lakuin sampe sekarang. Cuma kalo sempet atau kalo lagi pengen banget. Biasanya, hal yang aku tulis di buku adalah hal-hal yang terlalu personal untuk dibagi di blog.

Semua kebiasaan-kebiasaan itu membentuk mindset dan rencana-rencanaku di masa depan.

***

Selain pengen berbagi tentang keyakinanku kuliah di PBI, di tulisan kali ini aku juga pengen membagikan beberapa ‘kehilangan’. Kesibukan kelas 12 bener-bener membunuh waktuku di rumah. Waktu yang dulu bisa dipake istirahat atau ‘me time’ sekarang digantikan oleh tugas sekolah. Pulang ke rumah biasa udah jam 4, tugas yang nggak sempet terselesaikan di sekolah, otomatis harus diselesein di rumah. Jadi, di rumah pun bakal berhadapan lagi sama laptop.

Banyak juga hal yang jadi terbengkalai. Novel-novel yang belinya udah beberapa bulan lalu bahkan belum kesentuh. Novel yang minjem di perpus, terpaksa diperpanjang. Meja belajar nggak pernah dipake buat belajar, karena selalu penuh sama charger laptop, kamus, dan berbagai barang lainnya. Makin hari makin penuh aja mejanya. Makin males juga buat diberesin.

Kamar (yang aslinya udah berantakan) jadi tambah berantakan karena buku pelajaran ada di mana-mana. Nyiapin buku pelajarannya pagi, jadi udah nggak sempet buat balikin buku ke tempat seharusnya. Kartu SPP yang suka ketelingsut nggak tau di buku apa, handout biologi yang bisa nyasar ke buku bahasa jerman, ulangan matematika yang tiba-tiba ada di buku bahasa inggris, dan kekacauan lain yang terus terjadi dan belom bisa terselesaikan.

Dibalik semua hal yang terbengkalai dan waktu ‘me time’ yang udah langka, ada kehilangan lain yang lebih menyakitkan. Jujur, semenjak bulan Agustus lalu, rasanya ada yang beda di rumah. Mama yang biasa jam 5 sore udah sampe rumah, sekarang baru bakal kedengeran suara motornya di atas jam 7 malem. Ada kerinduan yang menyusupi rongga hati, dan begitu menyakitkan kalo diinget. Kalo boleh bilang, aku kangen.

Selain itu, aku juga kehilangan semangat buat ngurusin majalah. Jujur nih, jujur banget. Karena aku nggak mau bohongin diriku sendiri. Ada hal-hal yang berubah dan bikin aku kurang enjoy lagi :”) bukan karena aku udah bukan pimpinan redaksi, bukan. Tapi seolah ada hal yang bikin aku tersesat di tempat yang udah aku kenal sejak lama. Aku kaya udah gak punya hati buat nulis. Ada hal-hal yang bikin aku tertekan banget intinya.

Jenuh. Mungkin itu satu kata yang bisa menggambarkan aku saat ini. Lagi jenuh-jenuhnya belajar, jenuh-jenuhnya ngafalin rumus, lagi pengen banget habisin waktu dengan melakukan hal-hal yang aku suka. Huft. Bahkan hari minggu 4 jam lagi udah habis. Berganti dengan hari Senin. Yang artinya, kembali ke rutinitas harian.

***

Aku bersyukur masih punya hobi yang bisa jadi terapi batin. Entah menulis atau membaca, setidaknya itu bakal meringankan pikiran sejenak. Contohnya tulisan ini. Meski dibuat saat memikirkan tambahan fisika besok pagi dan kuis vocab, setidaknya nulis bisa bikin pikiranku lebih tenang.



Cheers,

Vina Kanasya

Comments