Keluar dari Zona Nyaman

I’m back!
Sudah jalan 2 minggu sejak hari pertama masuk. Aku masuk kelas XII IPA 1. Jelas aja sih masuk IPA 1, nama depan pake A gini :)) kalo boleh bilang dari hati yang paling dalam sih, jujur aku kecewaaaa banget ga sekelas sama Joaene :((( jujur rasanya sedih, kecewa, marah, tapi kan keputusan sekolah udah final. Dan aku gak boleh terlalu lama sedih, nanti pasti ngaruh ke semua nilai dan prestasi di sekolah. Presensinya IPA 1 – IPA 2 secara administratif emang sama, 34. Tapi secara fisik, sebenernya IPA 1 isinya cuma 32—bukan 34. Tapi ya sudahlah. Nggak ada gunanya protes dan lain-lain.


FYI, DBL udah mulai dan ini adalah partisipasiku yang pertama dan terakhir di DBL. Yap, tahun lalu waktu ada DBL aku gak nonton. Bukan karena nggak mau, tapi karena kondisi yang nggak memungkinkan. Jadi agak nyesel sih sebenernya karena tahun lalu nggak nonton blas, jadi gak tau dan gak bisa ngerasain euforianya DBL. Entah kenapa buat aku hambar aja. Aku nggak akan bahas DBL kok di tulisan kali ini. Kenapa? Karena DBL belom punya cerita. Sesimpel itu aja sih. Tapi entahlah kalo di tulisan yang akan datang aku akan bahas tentang DBL.

Beberapa hari terakhir ini lagi banyak banget hal yang mondar-mandir di otak, kepikiran mulu. Akhir-akhir ini sadar ‘kok aku makin individualis banget ya?’ soalnya, jujur aja komposisi di kelas makin mendukung aku buat jadi individualis dan ‘hidup soliter’. Ngerjain apa-apa sendiri, kalo ada tugas kelompok juga pasrah dapet kelompoknya sama siapa. Intinya, udah biasa ngerjain semua hal sendiri. Pulang sekolah – ke perpus – baca referensi, baca novel, ngerjain book report, dengerin lagu – baca ulang catetan kalo niat – ngerjain PR – di whatsapp Papa/Mama kalo udah di depan – keluar perpus – pulang. That is a never ending cycle of my school life nowadays. Aku jadi ambisius banget, meksipun semua kusimpen sendiri, rasanya aku udah berubah jadi orang lain.

Rasanya ini bukan Vina yang dulu paling ogah belajar – sampe rumah langsung terkapar di kamar, mager – catetan ga pernah kesentuh – PR gapernah ngerjain – etc. I’m turning into someone that is very ambitious. Anehnya, aku ngerasa nyaman sama kondisi ini. Entah apa ini ada hubungannya dengan aku yang semakin hari semakin realistis, kalo kelas 12 itu bukan saatnya main-main lagi, atau ada hal lain. Meskipun aku nggak ngejar PTN, tapi aku tetep punya target dapet nilai yang memuaskan pas UN nanti. Pengen mempersiapkan segalanya dari sekarang.

Selain mapel UN, aku juga fokus di Bahasa Jerman. Rasanya semangat banget buat belajar bahasa yang satu ini. Sejak sadar kalo kemampuan Bahasa Inggris aja ga cukup buat jadi pemenang di kompetisi saat ini. Jadi pengen banget menguasai Bahasa Jerman—mengingat pernah belajar dan kapok buat belajar bahasa Mandarin. Nggak lagi-lagi. Seriusan.

Effort yang aku lakukan sejauh ini belom serius banget sebenernya. Cuma baca-baca catetan, latihan-latihannya di teliti lagi. Rencananya sih mau les privat, tapi sampe hari ini belom menghubungi gurunya lagi. Blas nggak mau les di bimbel. Nurutku, les di tempat bimbingan belajar kaya gitu cuma bikin otak tambah capek dan panas. Nurutku doang sih. Bisa bayangin gimana capeknya otak kalo pagi dari jam 7 sampe jam 2 udah kerja keras di sekolah, masih dilanjut les lagi dari jam 3 atau 4 sampai—entahlah. Ada yang jam 6 sore, ada yang lebih. Itu 2-3 jam ngapain? Sekolah lagi? Kasian otaknya lhoh :( tapi kalo yang les memang mereka yang kapasitas dan kemampuan otaknya ‘nyandak’ ya gapapa juga sih. Asal trus nggak stress aja di tengah jalan. Sebenernya, les itu sugesti bukan sih? Kalo emang sugestinya ‘aku baru bisanya kalo udah les’, ya itu yang bakal kejadian. Kalo dari awal sudah percaya sama kemampuan diri sendiri, pasti bisa kok.

PTS vs. PTN

Nggak tau kenapa, aku gapernah tertarik buat sekolah ke negeri. Dari TK sampe SMA sekolah di swasta mulu. Bahkan, buat kuliah besok udah yakin mau ke Sanata Dharma. Selain nggak tertarik, sadar kalo buat kuliah di negeri itu gak gampang. Saingannya se-Indonesia. Ga keterima seleksi nilai, ikut seleksi bersama. Seleksi bersama gak lulus, ikut ujian mandiri. Buat apa mengorbankan uang, waktu, tenaga dan pikiran untuk mendapatkan 1 kursi di PTN sementara aku nggak pengen-pengen banget?

Minggu lalu, kalo gak salah hari Kamis di minggu pertama masuk sekolah, aku ngobrol sama Frau Endah di perpustakaan pas istirahat. Frau Endah itu guru Bahasa Jerman, salah satu guru favorit aku. Guru yang memotivasi aku banget untuk rajin belajar Bahasa Jerman. Frau membuka percakapan siang itu dengan bertanya aku masuk kelas apa. Setelah aku jawab IPA 1, aku bilang kalo kelasku di minggu pertama ini nggak dapet pelajaran Bahasa Jerman. “Ah masa sih Vin?” “Iya, Frau. Minggu ini IPA 1 belom dapet Jerman.” Frau Endah kemudian ngecek jadwalnya, dan mengiyakan pernyataanku.

Singkat cerita, aku bilang sama Frau Endah kalo aku tiba-tiba tertarik banget untuk belajar Bahasa Jerman secara intensif dan berencana les di Pusat Studi Jerman UGM. Tapi trus dibilang sama Frau Endah kalo di sana mahal. Frau menyarankan aku untuk belajar sendiri aja dari internet. Trus aku juga cerita kalo aku sama sekali nggak berminat ke PTN, dan udah yakin buat ke Sanata Dharma. Di luar dugaanku, Frau bilang, “Tapi terkadang perlu lho Vin untuk keluar dari zona nyaman kamu. Kalo kamu masuk Sadhar berarti itu masih zona nyaman kamu, kan? Supaya bisa lebih siap untuk menghadapi dunia kerja. Bergaul dengan orang-orang yang punya pemikiran beda sama kamu, supaya kamu terbiasa menghadapi tekanan itu nantinya.” Aku terdiam, menyadari kalo apa yang dibilang Frau Endah itu bener banget.

Aku gak bisa selamanya berada di zona nyaman dan amanku. Akhirnya aku cuma bilang sama Frau, “Iya ya Frau, aku gak bisa selamanya cuma diam di zona nyaman. Tapi untuk S1nya, udah yakin banget ke PBI. Nanti kalo bisa semoga S2nya bisa di negeri, atau kalo diberi jalan mau ke luar negeri.”

Bel tanda istirahat bunyi, aku pamit sama Frau Endah.

***

Percakapan singkat bareng Frau Endah siang itu membawaku tenggelam dalam pikiranku beberapa hari ini. Aku gak bisa selamanya berada di zona nyaman dan amanku. Benang ini menjadi semakin rumit tatkala pelajaran bimbingan konseling juga membahas tentang perguruan tinggi. Bu Siwi, guru BK kelas 12 sangat menekankan, kalo nggak mau ke negeri, nggak usah ngambil pin SNMPTN buat verifikasi nilai. “Berilah kesempatan untuk mereka yang beneran mau ke negeri,” kata Bu Siwi.

Di satu sisi, aku cuek bebek soal ribet dan susahnya masuk PTN. Tapi di sisi lainnya, terkadang ada rasa penasaran tentang dunia perkuliahan di PTN. Tapi, apapun jalan Tuhan, kemanapun angin membawaku pergi, dan kemanapun kaki ini melangkah, aku percaya kalo itu adalah yang terbaik.


Cheers,
Vina Kanasya

Comments